window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Waspadai Siklon Tropis Paddy, Ini Tips Mengemudi Aman dan Nyaman Saat Badai

Enda · 1 Des, 2021 09:00

Siklon tropis paddy

Tips mengemudi aman disaat terjadinya siklon tropis paddy

Siklon tropis paddy merupakan angin kencang yang disertai dengan hujan deras. Badai berkekuatan besar dengan radius rata-rata mencapai 150-200 km ini terpantau di Samudera Hindia bagian selatan Jawa Tengah. Dampak lain dari siklon ini juga berpotensi menimbulkan bencana lain.

“Cuaca buruk dapat terjadi kapan saja, termasuk ketika Anda mengemudi mobil di jalan. Langkah terbaik adalah melalui persiapan kondisi diri dan kendaraan supaya tidak mengalami masalah,” ujar Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

Agar selalu merasa aman dan nyaman mengendarai mobil di tengah risiko badai, berikut tips ringan dari Auto2000 yang bisa kalian terapkan dalam berkendara.

Baca juga: Mobil FWD Susah Nanjak Kata Siapa? Coba Perhatikan 5 Hal Ini

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Kurangi Kecepatan Mobil

Siklon tropis paddy

Kurangi kecepatan mobil

Ketika melalui kawasan yang sedang turun hujan, segera kurangi kecepatan mobil sekitar menjadi 20-30 km/jam. Terlebih jika hujan yang disertai angin kencang menyulitkan pandangan mengemudi.

2. Tetap Fokus dan Waspada Saat Mengemudi

Jangan mengalihkan perhatian seperti bermain ponsel dan fokus hanya pada mengemudi mobil. Hati-hati dalam manuver sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Baca juga: Modifikasi Toyota Innova Reborn, Tampil Nyentrik Pakai Body Kit Buatan Surabaya

3. Selalu Pantau Kondisi Cuaca Aktual

Siklon tropis paddy

Pantau kondisi cuaca

Di era digitalisasi, kalian bisa memantau perkembangan cuaca melalui smartphone. Bila ada potensi hujan lebat atau angin kencang, lebih baik tunda perjalanan. Kalau tetap harus berkendara, atur waktu yang paling aman, seperti tunggu hingga angin kencang reda.

Manfaatkan peta digital untuk memilih rute yang paling aman dari potensi macet. Pantau pula kanal social media akun resmi polisi yang sering memberikan info terkini lalu lintas dan cuaca.

4. Selalu Jaga Jarak Aman dalam Berkendara

Jaga jarak dalam berkendara wajib dilakukan untuk mengantisipasi jika pengguna jalan lain melakukan pengereman kendaraan secara mendadak.

5. Fitur Mobil Bekerja Secara Baik

Siklon tropis paddy

Cek juga kondisi tekanan ban mobil

Selain tekanan angin, ban dan rem, fitur atau perangkat lain yang tak luput dari diperhatian adalah wiper, lampu, AC, hingga aki mobil.

6. Hindari Pohon atau Obyek Besar Tumbang

Jika melihat pohon goyang dan akan tumbang akibat angin kencang, perhatikan arah jatuh dari obyek tersebut. Bila jatuhnya tidak mengarah ke mobil atau jalur jalan yang dilalui, cukup angkat kaki dari pedal gas sembari waspada kondisi sekeliling mobil.

Apabila jatuhnya pohon ke arah mobil atau ke jalur yang hendak dilewati, lakukan pengurangan laju dengan melakukan pengereman, sesuaikan daya pengereman dengan situasi di lapangan. Kalau aman dan jika memang dibutuhkan, segera lakukan manuver menghindar ke arah berlawanan. Tapi jangan terlalu agresif karena biasanya kondisi jalan licin, dan sekali lagi pastikan kondisi jalan aman.

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Aquaplaning di Jalan Tol Saat Hujan, Ini Cara Menghindarinya!

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil