Peluncuran Honda PCX 160 2021 Tinggal Menunggu Waktu, Bagaimana Nasib PCX 150 2021?

Ary · 8 Jan, 2021 14:30

Setelah Jepang, Honda PCX 160 2021 meluncur di Thailand. Seperti pula informasi dari negeri Sakura, skutik itu hadir dalam tiga varian sekaligus. Mulai dari PCX 160 bermesin bakar tipe Standar dan ABS serta PCX e:HEV, berbekal padu padan mesin konvensional dan motor listrik. Seluruh unit pun dipastikan rilis di negara lain, termasuk Indonesia yang tinggal menunggu waktu saja. 

PT Astra Honda Motor (AHM) diprediksi ikut meniagakannya. Bahkan, diduga kuat pihak pemegang merek bakal melakukan prosesi peluncuran di kuartal pertama tahun ini. Jika demikian adanya, maka kian sesak saja opsi khalayak di kategori skutik kelas menengah.

Di samping itu, di etalase mereka saat ini ada Honda PCX 150, PCX Hybrid dan Honda ADV 150 2021. Lantas bagaimana nasib produk eksis tersebut? 

Peluncuran Honda PCX 160 2021 Tinggal Menunggu Waktu, Bagaimana Nasib PCX 150 2021? 01

Honda PCX 160 2021 baru saja meluncur di Thailand.

Probabilitas Honda PCX 160 Diproduksi Lokal

Khusus PCX 150 2021 misalnya, memang terlalu dini jika beranggapan bakal mengalami diskontinyu. Toh, sampai saat ini dialah salah satu opsi yang dipasang AHM untuk berkompetisi melawan Yamaha NMax. Sayang, skutik sayap kepak tampil sekedarnya. Sementara si kompetitor, terus melanjutkan pengembangan lewat peluncuran All New Yamaha Nmax Connected 2021. 

Di sisi sang lawan sendiri, Yamaha NMax model lama masih tetap menjadi penghias katalog produk. Besar kemungkinan pula Honda PCX bermesin 150 cc tetap ada, meski Honda PCX 160 2021 datang. Namun belajar dari pengalaman, rasanya tak mungkin AHM memboyongnya dari fasilitas produksi AP Honda Thailand. Penetapan harga jualnya ke depan, pasti bakal ikut menentukan pemasaran PCX 160. 

Peluncuran Honda PCX 160 2021 Tinggal Menunggu Waktu, Bagaimana Nasib PCX 150 2021? 01

Harga Honda PCX 160 2021 lebih bersahabat jika diproduksi di Indonesia.

Akan lebih bijak jika AHM lah yang memproduksinya secara mandiri. Probabilitas persaingan Honda PCX 160 versi lokal tentu lebih besar (harga bersahabat) ketimbang mengimpor. Toh, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun masih tetap memproduksi NMax model lama, walau kemungkinan kuantitasnya tak sebanyak All new NMax 2021. 

Honda PCX 150 2021 Kena Diskon Besar

Sembari menunggu munculnya PCX 160 2021, AHM terus melanjutkan penjualan PCX 150. Bahkan dibuat lebih menggoda dengan program pembelian menarik. Sebagai contoh suguhan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) di pembuka tahun. Melalui promo awal tahun yang kami pantau di situs resminya (Wahana Honda), Honda PCX 150 2021 kena diskon mencapai Rp 1,2 juta. Diberikan ke dalam pengurangan uang muka jika Anda membeli Honda PCX 150 kredit. 

Peluncuran Honda PCX 160 2021 Tinggal Menunggu Waktu, Bagaimana Nasib PCX 150 2021? 02

Diskon Honda PCX 150 2021 sebanyak Rp 1,2 juta.

Lumayan besar, belum lagi penambahan keuntungan berupa potongan nominal angsuran berjumlah mencapai Rp 1,750 juta. Namun, benefit ini berlaku khusus jika Anda membeli Honda PCX 150 ABS 2021 dan berlaku hingga 31 Januari 2021. Khusus wilayah Jakarta dan Tangerang, skutik itu dijual dengan harga Rp 34,223 juta.

Kepemilikan terhadap PCX berpelengkap rem sensor di roda depan jua dimudahkan dengan keberagaman tenor angsuran. Sebagai contoh dari Honda Cengkareng. Diler di bawah naungan WMS ini menyediakan lama cicilan dari 11, 17, 23, 27, 29, 33 hingga 35 bulan. Berikut Skema angsuran Honda PCX 150 ABS 2021:

Uang Muka (DP)

11 Bulan

17 Bulan

23 Bulan

27 Bulan

29 Bulan

33 Bulan

35 Bulan

3,900,000

3,332

2,354

1,897

1,713

1,635

1,521

1,468

4,100,000

3,310

2,339

1,885

1,702

1,625

1,511

1,459

4,300,000

3,289

2,324

1,873

1,692

1,615

1,502

1,450

4,500,000

3,268

2,309

1,861

1,681

1,605

1,493

1,441

4,700,000

3,246

2,294

1,850

1,670

1,595

1,483

1,432

4,900,000

3,225

2,279

1,838

1,660

1,585

1,474

1,423

5,100,000

3,204

2,264

1,826

1,649

1,574

1,465

1,414

5,300,000

3,182

2,249

1,814

1,638

1,564

1,455

1,405

5,500,000

3,161

2,234

1,802

1,628

1,554

1,446

1,396

5,700,000

3,140

2,220

1,790

1,617

1,544

1,437

1,386

5,900,000

3,118

2,205

1,778

1,607

1,534

1,427

1,377

6,100,000

3,097

2,190

1,766

1,596

1,524

1,418

1,368

6,300,000

3,076

2,175

1,754

1,585

1,513

1,408

1,359

6,500,000

3,054

2,160

1,742

1,575

1,503

1,399

1,350

6,700,000

3,033

2,145

1,731

1,564

1,493

1,390

1,341

Seberapa Layak Honda PCX 150 2021 Dibeli:

1. PCX 150 memiliki desain khas maxi scooter dengan bentuk muka bulky dan sarat gurat tegas. Penyajian demikian pun dapat terlihat di sekujur tubuh. Agresif, namun tetap terkesan elegan dan modern dengan penerangan LED dan panel instrumen full digital. 

2. Memiliki posisi setang yang lebih dekat ke tubuh pengendara. Selain itu, kombinasi jok dan pijakan kaki luas juga mendukung pengendaraan yang rileks. 

3. Akomodasi untuk membawa barang bawaan lebih banyak disediakan lewat ketersediaan ruang bagasi 28,8 liter. Tangki bahan bakar PCX 150 2021 termasuk paling besar, berkapasitas 8 liter. Lebih banyak ketimbang All New NMax 2021 yang hanya 7,1 liter. 

Tunda Niatan Membeli Honda PXC 150 2021: 

1. Ditilik dari harga jualnya, Honda PCX 150 2021 masih lebih mahal daripada Yamaha NMax. Bahkan ketika dibandingkan dengan banderol varian berfitur pengereman ABS. All New NMax Connected/ABS 2021 masih dipatok Rp 33,750 juta (harga dari Yamaha Indonesia). 

Peluncuran Honda PCX 160 2021 Tinggal Menunggu Waktu, Bagaimana Nasib PCX 150 2021? 03

Honda PCX 150 ABS 2021 masih menggunakan ABS satu chanel.

2. Skutik ini lebih mahal, sementara dari sisi fitur kalah dari All New NMax. Pasalnya, skutik garpu tala sudah mendapat pengayaan berupa konektivitas gawai.

3. Performa Honda PCX 150 belum sanggup meladeni ketangguhan NMax. Muntahan ouput Yamaha NMax bukan saja lebih unggul berkat kubikasi lebih besar. Capaian lebih besar juga dicatat karena konfigurasi mesin empat katup. Sedangkan Honda PCX masih dua katup. 

4. Pada tipe paling atas (Honda PCX 150 ABS 2021), sudah tersedia sistem anti selip. Tapi sensor itu hanyalah terdapat di roda depan. Sementara berkaca dari NMax palig atas, fitur tersebut tersedia di kedua roda. Lalu untuk stabilitas ditunjang oleh suspensi ganda belakang tabung (subtank). Sebaliknya pada PCX 150 ABS hanya berupa pegas 'telanjang'. 

Peluncuran Honda PCX 160 2021 Tinggal Menunggu Waktu, Bagaimana Nasib PCX 150 2021? 04

Saat ini Yamaha NMax 2021 masih unggul dari Honda PCX 150.

Keuntungan Memiliki Honda PCX

Terlepas dari kekurangannya, Honda PCX 150 tetap bisa memberikan keuntungan terhadap pemilik. Kita pun telah lama tahu bahwa sepeda motor Honda terkenal irit. PCX 150 memiliki capaian konsumsi bahan bakar 50,7 km/liter. Dan sudah tentu pula dengan harga jual kembali si skutik. Dari pantauan kami khususnya wilayah Jakarta dan sekitarnya, banderol Honda PCX 150 bekas terbilang tinggi. Unit produksi 2018 saja masih ada dikisaran Rp 24 jutaan. Sementara untuk Honda PCX 150 2019 adalah Rp 26 jutaan. 

Kesimpulan

Andai kata ingin menjualnya kembali, artinya Anda masih lumayan diuntungkan bukan? Harusnya tak kepalang besar menambah uang kalau berniat membeli Honda PCX 160 2021. Sampai saat ini memang belum ada bocoran harga jualnya di Indonesia. Kalau melihat dari kurs uang mata Thailand (Baht), skutik itu dijual mulai dari Rp 39 jutaan. Terkait produksinya tadi, besar kemungkinan masih bersahabat. 

Anda bakal mendapatkan Honda PCX dengan performa lebih mumpuni ketimbang PCX 150. Secara spesifikasi, Honda PCX 160 lebih baik daripada PCX 150. Paling kentara adalah soal performa di mana PCX 160 sanggup melontarkan tenaga sebesar 16 Hp di putaran 8.500 rpm dan torsi 15 Nm dicapai sejak 6.500 rpm. Output tersebut ditranslasikan ke CVT dari mesin SOHC 157 cc yang sudah empat katup. Dikarenakan produk global, terang torehannya bakal sama dengan Honda PCX 160 versi Indonesia.  

Perbandingan Honda PCX 160 2021 dan Honda PCX 150 2021

Spesifikasi

Honda PCX 160 2021

Honda PCX 150 2021

Jenis Mesin

SOHC 4-katup eSP

SOHC eSP 2-katup

Kubikasi

156,93 cc

149,3 cc

Sistem pengabutan bensin

PGM-Fi

PGM-Fi

Bore x stroke

60 x 55,5 mm

57,3 x 57,9 mm

Rasio Kompresi

12:1

10,6:1

Tenaga Maksimal

16 Hp @8.000 rpm

14,4 Hp @8.500 rpm

Torsi Maksimal

15 Nm @6.500 rpm

13,2 Nm @6.500 rpm

Transmisi

Otomatis

Otomatis

Rangka

Duplex Steel Cradle

Double Cradle

Dimensi

1.935 x 742 x 1.108 mm

1.923 x 745 x 1.107 mm

Tinggi Jok

764 mm

764 mm

Jarak Poros Roda

1.313 mm

1.313 mm

Jarak Terendah ke Tanah

134 mm

137 mm

Berat

131 kg

131 kg (CBS), 132 kg (ABS)

Kapasitas Tangki Bensin

8,1 liter

8 liter

Suspensi Depan

Teleskopik

Teleskopik

Suspensi Belakang

Swing Unit

Swing Unit

Roda Depan

110-70-14

100-80/14

Roda Belakang

130/70-13

120/70-14

Rem Depan

Disc Brake ABS (tipe ABS)

Disc Brake ABS (tipe ABS)

Rem Belakang

Diswc Brake

Disc Brake

 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

Komentar