window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Istimewanya Kado Perpisahan Toprak Razgatlioglu dari Yamaha

Harry · 5 Jun, 2023 17:00

Istimewanya Kado Perpisahan Toprak Razgatlioglu dari Yamaha 01

Toprak dan tim Pata Yamaha.
  • Tahun 2023 terakhir bersama Yamaha.
  • Juara WSBK 2021 pakai Yamaha.
  • Musim depan pindah ke BMW Motorrad.

Toprak Razgatlioglu, juara dunia World Superbike (WSBK) tahun 2021 lalu memutuskan hengkang dari tim Pata Yamaha mulai musim depan. Pria asal Turki tersebut akan membesut kuda pacu BMW Motorrad.

Hal ini pun telah dikonfirmasi langsung baik oleh Toprak begitu juga dengan Pata Yamaha. Praktis tahun 2022 ini menjadi tahun terakhir berjuang bersama Yamaha YZF-R1.

Sebagai kado perpisahan, tim Pata Yamaha pun memberikan kado istimewa disela-sela balap WSBK seri Emilia Romagna akhir pekan kemarin.

Kado tersebut berupa motor Yamaha YZF-R1 yang mengantarkannya menjadi juara dunia WSBK pada tahun 2021 lalu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Toprak Razgatlioglu Cabut dari Yamaha Demi Gabung BMW Motorrad

"Perayaan penuh emosi di sini di Misano ketika kami mempersembahkan Toprak sebuah hadiah berupa motor juara 2021."

"Begitu banyak kenangan indah bersama dan akan terus terjadi sampai musim ini berakhir," tulis akun Instagram @yamaharacingcomoofficial.

Sepintas pada sosok motor yang diberikan tak ada yang berubah, livery yang terpasang masih sama dengan unit yang dipakai saat meraih juara dunia WSBK 2021 lalu.

 

Kecuali pada knalpotnya, silincer Akrapovic yang dipakai diberi sentuhkan kelir emas pada end cap atau bagian ujung knalpotnya. Toprak pun sempat berpose dengan menunjuk ujung knalpot tersebut.

Alasan Toprak Razgatlioglu Tinggalkan Yamaha

Toprak Razgatlioglu, pembalap World Superbike (WSBK) mengumumkan dirinya cabut dari tim Pata Yamaha akhir musim 2023.

Padahal, saat ini dirinya cukup kompetitif bersama Yamaha dengan menduduki posisi kedua klasemen sementara.

Pasca pengumuman tersebut, juara dunia 2021 ini menyatakan bergabung dengan tim BMW Motorrad Worldsbk.

Istimewanya Kado Perpisahan Toprak Razgatlioglu dari Yamaha 01

Sebelum penyerahan kado perpisahan.

Hal ini dikabarkan lewat akun Instagram resmi Rokit BMW Motorrad Worldsbk Team pada Senin (22/5/2023).

Spekulasi mengenai bursa transfer pembalap WSBK, yang kemungkinan mempengaruhi line MotoGP pun beredar.

Sebab sebelumnya Toprak sempat menguji motor MotoGP, Yamaha YZR-M1. Sehingga kabar kepindahannya ke MotoGP dipastikan lenyap.

Selain itu, posisinya berpeluang diisi oleh Franco Morbidelli yang tahun ini kembali gagal mengangkat pamor tim Monster Yamaha di MotoGP.

Istimewanya Kado Perpisahan Toprak Razgatlioglu dari Yamaha 02

Toprak Razgatlioglu juara dunia di Indonesia.

Kini komposisi Rokit BMW Motorrad Worldsbk Team yang dipertanyakan, karena saat ini diisi oleh Scott Redding dan Michael van Der Mark. 

Tentu salah satunya akan tergusur. Scott Redding yang masuk menggantikan Tom Sykes tahun lalu kurang dapat berbuat banyak. 

Salah satu alasan kepindahan Toprak ke BMW Motorrad adalah tawaran kontrak gaji dari Yamaha yang dinilai kecil.

Baca juga : WSBK Mandalika 2023 Terasa Spesial, Ada Bendera Merah Putih di Motor Toprak Razgatlioglu!

Hal ini disebut tak sesuai dengan performanya yang jadi juara dunia 2021 dan runner up tahun lalu.

Seperti disebutkan oleh manajernya, Kenan Sofuoglu beberapa waktu lalu, dilansir dari Speedweek, Toprak menolak kesepakatan perpanjangan kontrak karena dirasa kurang sesuai.
 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });