Antara Honda ADV 150 atau Yamaha Nmax 155 Bekas, Harga Setara Mau Pilih Mana?

Harga skutik bongsor seperti Honda ADV 150 2022 dan Yamaha Nmax 155 2022 makin tinggi. Untuk model yang pertama kali disebutkan banderolnya kini mencapai Rp 35 jutaan untuk tipe standar dan Rp 38 jutaan yang pakai ABS. 

Pilih Honda ADV 150 atau Yamaha Nmax 155 bekas?

Demikian halnya Yamaha Nmax 155, dulu masih bisa didapatkan di Rp 29 jutaan. Namun kini versi standarnya sudah di atas Rp 30 juta. Serta beberapa varian di atasnya mencapai Rp 31 dan Rp 34 jutaan. 

Bagi yang mendambakan keduanya tapi terbatas kemampuan finansial, membelinya dalam versi bekas jadi solusi terbaik. Apalagi keduanya sudah sama-sama dijual Rp 27 jutaan. Dengan dana tersebut, kalian bisa dapatkan Honda ADV 150 lansiran 2019 dan Yamaha Nmax generasi terbaru yang diproduksi tahun 2020, dua-duanya pun tipe tertinggi. 

Nah dari dua model tersebut, mana yang layak dipilih? Berikut ini redaksi Autofun bantu pertimbangannya dari sisi fitur, akomodasi, dan spesifikasinya. Yuk disimak.

Baca juga: Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen?

Yamaha Nmax 155 generasi kedua.

Tenaga Yamaha Nmax 155 Lebih Besar 

Pertama dari perbandingan mesinnya. Sebenarnya sudah terbaca siapa yang unggul, sebab keduanya punya kapasitas mesin berbeda. Di atas kertas Yamaha Nmax unggul karena kubikasi mesinnya lebih besar mencapai 155 cc. Dari data spesifikasi bisa menyemburkan tenaga 15,3 PS pada 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm. 

Sementara Honda ADV 150 pakai mesin yang isi silindernya lebih kecil, 149 cc yang sebenarnya beda tenaganya tak terpaut besar, yakni 14,5 PS di 8.500 rpm dan torsi maksimumnya 13,8 Nm di putaran 6.500 rpm. 

Beda tenaga 0,5 dk tentu akan sulit menentukan siapa yang kemampuan larinya lebih baik. Sebab performa motor balik lagi ke beberapa variabel seperti bobot pengendara, tekanan ban ideal, serta kualitas bahan bakar. Namun demikian ini bisa dijadikan referensi, motor mana yang tenaganya lebih besar. 

Honda ADV 150 memiliki karakter skutik petualang.

Akomodasi Honda ADV 150 Juaranya

Kemudian beralih ke akomodasi penyimpanan di bawah joknya. Tapi kali ini beda pemenangnya. Dari data teknis Honda ADV 150 punya kapasitas bagasi 28 liter. Dengan ruangan yang lega ini tentunya bisa menyimpan helm fullface, ditambah beberapa barang lain dalam sekali penyimpanan seperti jaket, sarung tangan, atau sarung tangan. 

Bagasi Honda ADV 150 juga memiliki model bertingkat pada bagian belakang. Di tempat itu bisa tambah tas kecil serta barang yang dimensinya tak terlalu besar. 

Ruang penyimpanan Yamaha Nmax 155 bukannya kecil. Dia juga terbilang lapang karena kapasitas bagasi Yamaha Nmax volumenya 23 liter, lebih kecil 5 liter dari Honda ADV 150. Bagasi Yamaha Nmax 155 juga mampu menyimpan helm fullface maupun openface, tapi caranya terbalik. Tapi sayangnya tak dapat menambah barang lagi, paling maksimal bisa selipkan untuk menyimpan sarung tangan.

Perbandingan kapasitas bagasi Yamaha Nmax 155 dan Honda ADv 150.

Fitur Unggulan Honda ADV 150 dan Yamaha Nmax 155

Beralih ke fitur, keduanya punya fitur yang masing-masing bisa diunggulkan. Contohnya Honda ADV 150 memiliki pengaturan windscreen secara manual, jadi bisa diatur lebih rendah atau tinggi sesuai kebutuhan. Lalu karena modelnya sebagai skutik petualang, ADV 150 menggunakan ban dual purpose 110/80 ring 14 inci pada bagian depan, serta 130/70 ring 13 inci untuk belakang. Tak lupa sudah dilengkapi cakram model wavy agar performa pengereman lebih maksimal. 

Windscreen Yamaha Nmax 155 modelnya fix alias tak bisa diatur tinggi rendahnya. Namun sebagai gantinya Yamaha membenamkan fitur yang tak dimiliki ADV 150, yakni peranti koneksi Y-Connect. Smartphone penggunanya bisa terhubung ke motor melalui aplikasi, jadi bisa dengan mudah mengetahui kondisi secara real time motornya, mulai dari konsumsi BBM, kapan harus ganti oli, kondisi aki tanpa perlu cek ke bengkel. 

Yamaha Nmax 155 2021 punya fitur Y-Connect.

Desain Yamaha Nmax 155 juga bukan untuk hidup di dua alam, makanya pakai ban reguler dan cakram biasa baik depan dan belakangnya. Oh iya mengenai ukuran ban, Yamaha Nmax pakai profil 110/80 untuk depan dan 130/70 yang belakang, semuanya menyelimuti velg berukuran 13 inci. 

Hanya saja Nmax 155 tetap memiliki diferensiasi lain, berupa penyematan fitur anti-lock braking system (ABS) dual channel, sementara ADV 150 masih satu channel

Jok Yamaha Nmax 155 Lebih Ramah

Sebab secara dimensi, Yamaha Nmax 155 memiliki tinggi jok 765 mm yang sudah barang tentu memudahkan kebanyakan pengendara di Indonesia. Meskipun tidak tinggi, tapi perlu ingat desain joknya lebar. Makanya posisi kaki akan membuka dan membuat kemampuan pijak ke permukaan jalan berkurang, sehingga tak jarang banyak pengguna Nmax yang jinjit. 

Sedangkan Honda ADV 150 tinggi joknya 795 mm. Untuk mengendarainya idealnya harus pengendara berpostur tinggi. Tapi bukan syarat yang mutlak, meski pengendaranya tak terlalu tinggi, posisi jok Honda ADV 150 bisa menambah kepercayaan saat mengendarainya. Serta meningkatkan gengsi karena mampu mengendalikan motor yang berdimensi jangkung. 

Baca juga: Punya Rp 17 Juta, Pilih Honda BeAT Baru atau Yamaha Nmax Bekas?

Honda ADV 150 bekas harganya Rp 27 jutaan.

Kesamaan Honda ADV 150 dan Yamaha Nmax 155

Nah dari perbedaan tadi, rupanya baik Honda ADV 150 dan Yamaha Nmax 155 memiliki beberapa persamaan. Misalnya sama-sama punya jok lebar untuk menopang tulang ekor lebih baik, laci penyimpanan dengan penutup, serta dua posisi kaki bisa menekuk atau selonjoran. 

Masih ada lagi kesamaannya, yaitu memiliki layar panel instrumen full digital, mengadopsi kunci keyless, pakai suspensi belakang dengan tabung, fitur idling stop, lampu utama LED, serta tak ketinggalan fasilitas pengecasan smartphone. Hanya saja untuk Nmax 155 butuh adaptor tambahan ya. 

Kesimpulan

Masih bingung memilih antara Honda ADV 150 atau Yamaha Nmax 155? Sebenarnya balik lagi ke kebutuhan. Apabila kebutuhannya tidak neko-neko, sebatas skutik bergengsi untuk keperluan komuter, bisa diandalkan saat libur untuk bepergian jauh, serta tenaganya maksimal, maka Yamaha Nmax 155 pilihannya.

Mengingat dapur pacunya dijejali teknologi Variable Valve Actuation (VVA), yang berfungsi mendistribusikan tenaga melimpah di setiap putaran mesin. Makanya tarikan rendah sampai tinggi akan terasa padat berisi.

Sedangkan Honda ADV 150 juga cocok manakala mengincar motor kekinian yang bisa jalan di aspal serta off-road kecil-kecilan. Bagasinya yang luas juga memungkinkan bawa barang banyak guna menunjang aktivitas rutin. Tangki Honda ADV 150 yang bisa menenggak 8 liter juga menjanjikan jarak tempuh yang lebih jauh daripada Yamaha Nmax 155 yang cuma 7,1 liter.

Baca juga: Ini Sebab Yamaha Nmax 155 2021 Lebih Mudah Dikendarai Dibandingkan Model Lamanya

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 150
Lihat