window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen?

Harry · 12 Jul, 2021 18:00

Tak bisa dibantah jika Yamaha Nmax 155 2021 yang bermain di segmen skutik premium 150 cc, mampu menarik perhatian publik kala dikenalkan tahun 2015. Padahal saat itu sudah ada Honda PCX 150 dengan status CBU Thailand.

Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen? 01

Yamaha Nmax 155 2021 jawaban dari model sebelumnya.

Diawali dengan varian ABS (Anti-lock Braking System) dan disusul non ABS beberapa bulan setelahnya, motor ini langsung booming. Generasi terbarunya yang rilis akhir tahun 2019 lalu pun tak sulit mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Baca juga : Ini 8 Hal Yang Sering Ditanyakan Soal Yamaha Nmax 155 2021, Dari Mesin Sampai Kenyamanan

Ada banyak hal baru yang ditawarkan pada skutik yang kini memiliki tiga varian itu, dan disebut-sebut inilah jawaban dari kritikan pengguna model sebelumnya. Dari kenyamanan yang ditingkatkan hingga sematan beragam fitur canggih yang membuatnya semakin menarik untuk dimiliki.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });
Harga Yamaha Nmax 155 2021
Standard Rp 30,2 juta
Connected Rp 31,45 juta
Connected/ABS Rp 34,3 juta
*harga on the road Jakarta per Juli 2021

Desain dan Bobot Berubah Total

Tahun 2019 PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membuat gebrakan. Kehadiran model terbaru Yamaha Nmax 155 kala itu menawarkan perubahan tampilan yang jauh berbeda.

Bentuk bodinya tak lagi dibuat mengotak dan kaku seperti model sebelumnya. Model terbarunya tampil lebih dinamis, dengan fascia depan yang agresif.

Baca juga : Ini Sebab Yamaha Nmax 155 2021 Lebih Mudah Dikendarai Dibandingkan Model Lamanya

Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen? 01

Lekuk bodi lebih dinamis pada model terbaru ini.

Bodi belakangnya kini lebih tipis, namun nampak lebar imbas adanya bagasi berkapasitas besar. Buritan pun nampak dinamis dengan lekuk halus dengan paduan lampu belakang lebar dan tipis.

Secara keseluruhan tampilannya tetap padat dan kekar, namun terlihat lebih pendek. Tak heran memang, karena panjang motor ini menyusut dari 1.955 mm menjadi 1.935 mm. Jarak sumbu roda pun ikut menyusut dari 1.350 mm jadi 1.340 mm.

Hanya saja untuk bobot, model terbarunya ini lebih berat dengan rentang 130-132 kg tergantung varian motornya. Sedangkan model lamanya lebih ringan dengan 127 kg.

Baca juga : Simak Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Nmax 155 Connected 2021, Rp 31 Juta Dapat Fitur Konektivitas

Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen? 02

Bodi belakang tipis tapi lebar.

Penyebabnya karena kapasitas tangki bahan bakar yang ikut ditingkatkan menjadi 7,1 liter. Kemudian adanya tambahan modul Communication Control Unit (CCU) untuk varian Connected dan Connected/ABS.

Performa Lebih Smooth

Karena harga lebih mahal dari Yamaha Aerox 155 tapi belum disematkan Smart Motor Generator (SMG), maka pada model terbaru ini Yamaha Nmax 155 2021 telah dibekali teknologi tersebut. Starter motor kini lebih halus dan bisa disematkan teknologi Stop Start System (SSS).

Baca juga : Telisik Bedanya Mesin Yamaha Nmax 155 2021 Dengan Model Lama, Banyak Yang Belum Tahu Loh!

Walau secara spesifikasi mesin masih sama, yakni 4-tak, SOHC 4 katup dengan VVA dan pendingin cairan, lalu ukuran piston serta langkah piston masih sama, tapi banyak komponen jeroan mesin yang berbeda dari mesin sebelumnya.

Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen? 03

Mesin baru karakternya beda jauh dari model sebelumnya.

Misalnya diameter klep masuk diperbesar dari sebelumnya 19,5 mm sekarang menjadi 20,5 mm. Lalu piston pun comot milik Yamaha YZF-R15 V3 yang kepala pistonnya lebih rata.

Dengan kepala piston yang lebih rata, rasio kompresi pun terkoreksi dari 10,5 : 1 menjadi 11,6 : 1. Belum lagi volume box filter udara yang kini menjadi 4,3 liter dari sebelumnya hanya 3,7 liter saja.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Yamaha NMAX 2020, Skutik Terbaik Dikelasnya?

Tapi berkat perubahan tadi, output yang dihasilkan ikut terkoreksi. Tenaganya menjadi 15,3 PS di 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm. Tenaganya naik 0,3 PS meski torsi sedikit turun sebesar 0,5 Nm.

Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen? 04

Karakter mesin barunya lebih enak diputaran tinggi.

Karakternya pun berbeda 180 derajat, pada model terbarunya ini akselerasi bawah lebih smooth. Baru pada putaran menengah-atas, tarikan lebih terasa dan nafas mesin rasanya lebih panjang.

Kecepatan yang bisa diraih oleh motor ini mencapai 117 km/jam di spidometer. Lumayan mengingat bobot motor yang juga lebih berat dibandingkan model sebelumnya.

Data Akselerasi Yamaha Nmax 155 2021
0-60 km/jam 5,95 detik
0-80 km/jam 10,86 detik
0-100 km/jam 20 detik
0-100 meter 8,18 detik
0-201 meter 12,79 detik
0-402 meter 20,52 detik
Topspeed Spidometer 117 km/jam
Topspeed Racebox 110 km/jam
Konsumsi Bahan Bakar 42 km/liter (MID)
  37 km/liter (ull to full)
*Postur rider 74 kg & 172 cm

Lebih Nyaman Dikendarai

Yamaha Nmax 155 2021 nampaknya menjawab banyak keluhan dari pengguna model sebelumnya. Salah satunya terkait karakter suspensi belakang yang dianggap terlalu keras dan kaku.

Pada model baru, karakter suspensi lebih lembut dengan suspensi tipe sub-tank. Bahkan pada varian teratas, suspensi tersebut bisa diatur tingkat kekerasannya meski hanya dua tingkat saja.

Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen? 05

Suspensi belakang tipe teratas bisa disetel kekerasannya.

Untuk suspensi depan pun terasa lebih empuk. Yang tak kalah penting, kaki pengendara masih bisa selonjoran, meski jarak jok dan pijakan kaki menjadi lebih dekat imbas panjang motor yang berkurang.

Dengan suspensi empuknya tadi, Yamaha Nmax 155 lebih baik dalam hal kenyamanan. Pemiliknya yang kerap melakukan perjalanan luar kota akan semakin dimanja.

Baca juga : Bodi Belakang Terlihat Lebar, Seberapa Nyaman Yamaha Nmax 155 2021 Dipakai Boncengan?

Untuk melewati jalanan yang lurus, motor stabil nyaman. Namun kala harus melibas tikungan, ada sedikit gejala mengayun pada suspensi belakang, meski hal itu tak terlalu mengganggu.

Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen? 06

Posisi berboncengan menggunakan Yamaha Nmax 155 2021.

Tapi kala dipakai berboncengan akan jadi catatan. Bagian bodi belakang yang menyudut, mengganjal betis pembonceng. Pun dengan bodi belakang yang terlalu lebar, membuat pembonceng harus duduk ngangkang.

Baca juga : Warna Baru Hadir di Yamaha NMax Tertinggi, Makin Elegan dan Tidak Ada Inden

Fitur Lebih Lengkap

Model baru tentu banyak perubahannya. Misal panel meter full digital, dengan pengaturan informasi lewat handle bar switch. Isinya ada tambahan volt meter.

Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen? 07

Panel meter full digital dengan pengaturan menu handle bar switch.

Kemudian Terdapat power outlet di konsol depan, serta konsol kecil dengan penutup. Bagasi tetap tersedia, namun ukurannya sedikit lebih sempit. Suspensi belakang sudah tipe sub-tank untuk semua varian.

Yang paling mengejutkan saat peluncuran adalah Traction Control System (TCS) disusul Smart Key System. Keduanya jadi fitur yang diterapkan pertama kali untuk skutik 150 cc tersebut.

Baca juga : Cek Daftar Harga Skutik 150 Cc Tengah Tahun, Yamaha Nmax 155 2021 Naik Ratusan Ribu

Jangan lupakan juga teknologi rem ABS dual channel, lampu depan LED, tangki 7,1 liter, ban tubeless, power outlet, konsol depan ganda, bagasi besar dan handle bar switch untuk pengaturan menu panel meter.

Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen? 08

Smart Key System dan dua konsol depan.

Yang tak kalah penting hadirnya fitur Y-Connect untuk varian Connected dan Connected/ABS. Pada fitur ini, konsumen bisa mendapatkan beragam informasi, contohnya pengingat servis, mencari lokasi parkir terakhir, notifikasi pesan dan telepon masuk, membaca kondisi aki, konsumsi bahan bakar, revs dashboard dan lain-lain.

Baca juga : Fantastis, Yamaha Nmax 'Telmax' Yang Sedang Viral Habis Biaya Rp 4 Juta Lebih!

Kesimpulan

Image skutik premium yang nyaman dan punya performa tinggi, coba dipertahankan Yamaha dengan banyak perubahan pada model baru ini. Menariknya sejumlah fitur disematkan untuk menambah value dari skutik ini.

Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen? 09

Yamaha Nmax 155 2021 masih menjadi pilihan skutik premium favorit.

Apalagi pabrikan Jepang lainnya yakni Honda memberikan perlawanan dengan Honda PCX 160 2021. Alhasil Yamaha Nmax 155 2021 dan Honda PCX 160 tetap akan menjadi kompetitor sengit, dengan harga yang bersaing.

Dan menurut kami, Yamaha Nmax 155 2021 ini sukses menjawab kritikan dari pengguna model sebelumnya. Bagaimana menurut Anda?

Spesifikasi Yamaha Nmax 155 2021
Dimensi
P x L x T 1.935 x 740 x 1.160 mm
Sumbu Roda 1.340 mm
Jarak Terendah 124 mm
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Berat Isi 130-132 kg
Kapasitas Tangki 7,1 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup VVA, Blue Core
Kapasitas 155 cc
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Tenaga Maksimum 15,3 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 13,9 Nm @ 6.500 rpm
Transmisi Otomatis CVT
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/70-13
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });