window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Skuter Listrik Piaggio One Hadir, Tampangnya Mirip Piaggio Zip

Ary · 25 Mei, 2021 14:00

Piaggio membuktikan dukungannya terhadap elektrifikasi kendaraan. Setelah ambil bagian dalam konsorsium standardisasi baterai bersama Honda, KTM AG dan Yamaha, produsen Italia ini pun akhirnya resmi memperkenalkan Piaggio One 2021. Sebuah skuter listrik yang digadang cocok menemani aktivitas motoris muda. 

PIaggio One 2021

Piaggio memperkenalkan skuter listrik pertamanya bernama Piaggio One. 

Seperti skuter listrik kebanyakan, Piaggio One juga memiliki dimensi nan kompak. Bisa dibilang, perawakannya malah identik dengan Piaggio Zip. Tentu dengan penyajian yang lebih modern. Sebagai contoh sistem penerangan. Sematan lampu utama di depan cover kemudi seperti Piaggio Zip, tak ditemui pada Piaggio One.

Lampu depan Piaggio One justru terletak di panel bodi depan. Jumlahnya ada dua unit dan berukuran lumayan besar. Bukan saja lebih modern lantaran menggunakan lampu jenis LED. Di sisi terluar jua terdapat daytime running light (LED) dengan tipe serupa. 

Baca juga: Pabrikan Jepang dan Eropa Bentuk Konsorsium Standardisasi Baterai Motor Listrik, ke Depan Bakal lebih Murah?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Desain Piaggio One 2021

Piaggio One mengusung lampu utama ganda dengan kelengkapan DRL LED.

Menyoal lampu sein depan, berada di bawah pelindung panel meter. Sementara sinyal belok pada bagian belakang, terintegrasi dengan lampu belakang minimalis namun agresif. Sama halnya penerangan depan, lampu di buritan ini jua sudah memakai LED.  

Panel Meter Futuristik

Modernitas pun nyatanya berlanjut ke area panel meter. Meski belum banyak detail terungkap, tampak jelas bahwa penampang informasi Piaggio One 2021 bernuansa futuristik. Bukan saja sudah sepenuhnya digital, melainkan juga berkesan futuristik dan kontras dengan padu padan layar hitam serta skema penampang berwarna biru. 

Selayang pandang, layar TFT dengan bidang cukup besar tersebut berisikan informasi yang variatif. Mulai dari odometer, spidometer hingga kapasitas baterai. Kemungkinan besar pula Piaggio One sudah mengusung konektivitas gawai dan tersedia pula dua mode berkendara. Hal kekinian pada Piaggio One lantas diikuti dengan pemilihan sistem keyless untuk pengoperasian kontaknya.

Panel Meter Piaggio One 2021

Panel meter Piaggio One 2021 atraktif sekaligus futuristik.

Baca juga: BS Electric, Motor Listrik Buatan Indonesia Ini lebih Murah dari Honda Beat dkk!

Berbeda pula dengan Piaggio Zip dengan tubuh membulatnya. Piaggio One justru menampilkan bentuk bodi dengan tekukan lumayan tegas. Uniknya, tubuh skuter listrik ini tampak dibubuhi aksen kasar di beberapa bagian. 

Piaggio One Pakai Baterai Swappable

Tak ubahnya skutik kebanyakan, Piaggio One sejatinya punya bagasi di bawah jok berukuran mungil tersebut. Hanya saja, ruang penyimpanan tersebut sudah dipenuhi oleh satu unit pamasok daya jenis lithium-ion. Tampak jelas pula jenis dan model baterai Piaggio One merupakan wujud dari konsorsium yang telah diikuti Piaggio. 

Baterai Piaggio One 2021

Baterai PIaggio One model swappable dan bisa diisi lewat listrik rumahan.

Dengan kata lain, baterai skuter listrik Italia bisa dibongkar-pasang alias swappable. Selain dapat menukarkannya di charging station, pengisian ulang daya baterai dapat dilakukan melalui stop kontak listrik rumahan. Meski begitu, belum diketahui berapa kapasitas baterai yang akan dikawinkan dengan motor listriknya ini. 

Desain Kaki-kaki tak Umum

Hal unik pada Piaggio One 2021 kembali terlihat pada area kaki-kaki. Tampak jelas pula suspensi belakang ganda kepunyaannya berukuran jenjang. Peredam kejut itu kemudian mengikat ke sasis dengan desain tak umum untuk ukuran skutik. Sporty dan agresif dengan bentuk seperti bumerang. 

Suspensi belakang tersebut mengawal roda berukuran 10 inci dengan pelek palang. Sebuah cakram juga bersarang di bagian tersebut, guna meningkatkan efektivitas pengereman Piaggio One. Model dan ukuran serupa pun tersaji pada bagian depan. 

Kaki-kaki Piaggio One 2021

Desain kaki-kaki Piaggio One 2021 unik.

Baca juga: Motor Listrik Malaysia Masuk Indonesia, PBNU jadi Distributornya

Namun, lagi-lagi sangat lah berbeda dengan pengaplikasian Piaggio Zip. Suspensi depan Piaggio One sangat mirip kepunyaan produk-produk Vespa. Salah satu contohnya bisa dilihat langsung pada Vespa Sprint S 150. Peredam kejut pada skuter itu memakai helical spring dan single double acting hydraulic shock absorber.

Lakoni Debut di Cina

Kehadiran Piaggio One sendiri diharapkan bisa menjadi solusi baru unit mobilitas di perkotaan. Bukan saja impresi berkendara menyenangkan, tapi juga murah dalam hal perawatan. Tentu saja hal tersebut baru dapat diketahui setelah mengetahui lebih detail tentang spesifikasi Piaggio One. 

Penjelasan tentang skuter listrik Piaggio baru sendiri kabarnya baru disebar saat peluncurannya dalam waktu dekat ini. Motociclismo menyebut, Piaggio One bakal melakoni debutnya di ajang Beijing Motor Show, 28 Mei 2021 nanti. Layak ditunggu!  

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });