window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Vespa Sprint dkk Auto Stylish Dengan Pelek Lokal, Ini Dia Pilihannya

Fariz · 7 Mei, 2022 12:30

Vespa Sprint dkk Auto Stylish Dengan Pelek Lokal, Ini Dia Pilihannya 01

Tampilan Vespa lebih stylish dengan pelek aftermarket
  • Pelek Soca 100% buatan Indonesia dengan 2 pilihan model
  • Dibanderol Rp 6 juta dan sudah bersertifikat SNI juga JWL

Vespa jadi salah satu sepeda motor yang sangat ikonik meski dalam kondisi standar. Itu karena Vespa punya desain yang sangat khas. Seperti desainnya yang serba membulat dan bodi belakang yang kembung atau biasa disebut tepong.

Selain dari segi desain, ada juga hal lain yang membuat Vespa begitu khas. Yaitu desain kaki-kakinya, di desain suspensi depan menggunakan link yang terinspirasi dari konstruksi roda pesawat.

Ini membuat desain peleknya berbeda dari matic lain, karena hanya menopang di satu sisi tentu membuat sisi lainnya jadi lebih terekspos. Bahkan di Vespa modern mengandalkan 5 buah baut layaknya pelek mobil.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Jadi wajar kalau pabrikan komponen aftermarket banyak membuat beragam bahan dan desain pelek yang menarik. Salah satu pabrikan lokal yang membuat desain baru untuk pelek Vespa adalah Soca.

Baca juga: Perkuat Pasar di Jawa Timur, Piaggio dan Vespa Kini Bisa Ditemui di Jember

Vespa Sprint dkk Auto Stylish Dengan Pelek Lokal, Ini Dia Pilihannya 01

Soca hadir dengan 2 varian dan 3 pilihan warna pada tiap tipe

“Pelek Soca tipe casting wheel tersedia buat ring 12 inci, 100% buatan Indonesia. Saat ini ada tipe R-AR dan R-AF, pilihan warnanya grey, gold, dan white,” ujar Andre Mendean dari Bellissimo yang menjajahkan barang ini.

Desain Racy & Retro

Soca menyuguhkah 2 varian dengan desain yang berbeda. Desain racy bisa dirasakan dari tipe R-AR di mana model peleknya terasa seperti model pelek yang digunakan pada mobil balap rally.

Pilihan warnanya solid dan bisa disenadakan dengan warna bodi Vespa. Sedangkan untuk varian R-AF desain khas retro sangat terasa di sini, karena model peleknya seperti model pelek mobil jaman dulu.

Dari ketiga pilihan warnanya, dikombinasi dengan sentuhan polished pada bibir pelek dan sisi tengah palangnya. 

Vespa Sprint dkk Auto Stylish Dengan Pelek Lokal, Ini Dia Pilihannya 02

Tipe R-AF hadir dengan nuansa retro dan kombinasi polished di bibir juga palang pelek

Baca juga: Matic Anyar Justin Bieber X Vespa Berlabur Kelir Putih Di Seluruh Bodi

Vespa Sprint dkk Auto Stylish Dengan Pelek Lokal, Ini Dia Pilihannya 03

Tipe R-AR punya desain ala pelek mobil balap Rally

Bersertifikasi SNI & JWL

Selain didesain untuk mendongkrak tampilan, pelek berbahan aluminium casting ini palang peleknya dibuat untuk mengoptimalkan rigiditas, kehandalan, mengurangi gaya inersia, dan mengefisiensi aerodinamika ketika sedang digunakan.

Spesifikasinya memiliki lebar 3 inci dengan berat  2,59 kg untuk sebuah pelek Soca. Demi memastikan peleknya aman digunakan, Soca sudah bersertifikasi SNI (Standar Negara Indonesia) dan JWL (Japan Light Alloy Wheel) pada tiap produknya.

SNI sendiri merupakan standar yang ditetapkan negara Indonesia dan JWL menjadi standar global dari sebuah pelek untuk memastikan keamanan dari pelek berbahan aluminium.

Untuk Double Disc dan Single

Sejatinya pelek Soca dibuat untuk Vespa yang sudah menggunakan cakram belakang. Seperti Vespa GT Series, 946,  bahkan bisa untuk kedua roda depan Piaggio MP3. “Harganya Rp 6 juta, kalau di Bellissiomo free ongkos pasang,” tambah Andre yang bengkelnya ada di bilangan Tangerang Selatan.

Baca juga: PID Kenalkan Helm Baru Seri Heritage, Pengguna Vespa Wajib Punya

Vespa Sprint dkk Auto Stylish Dengan Pelek Lokal, Ini Dia Pilihannya 04

Ada paket bundling dengan rear disc brake conversion kit

Namun untuk pengguna Vespa Sprint dan Primavera tidak perlu khawatir, karena Bellissimo menyediakan beberapa opsi. Ada adaptor tromol belakang yang dijual Rp 1,850 juta bagi yang ingin tetap menggunakan rem tromol di belakang.

Bagi yang ingin langsung upgrade ke cakram belakang pun ada paket bundling yang disediakan. Selain pelek, tentu ada penggantian rumah gearbox, penambahan kaliper, slang rem, hingga master rem.

“Saat ini ada promo bundling dengan rear discbrake conversion kit untuk Primavera dan Sprint dengan harga menarik. Pelek Soca include rear disc brake conversion kit hanya Rp 12,5 juta sudah berikut ongkos pasang,” tutup pria ramah ini.

Sikaaatt…

Bellissimo: 0812-1861-8721

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });