window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Awas, Selang Hawa CVT Jangan Sampai Mampet, Ini Bahayanya!

Harry · 30 Apr, 2023 09:00

Awas, Selang Hawa CVT Jangan Sampai Mampet, Ini Bahayanya! 01

Selang hawa CVT jangan sampai tertutup.
  • Selang berfungsi untuk keluar hawa panas.
  • Selang buntu bikin oli gearbox muncrat.

Pada motor matic terdapat beberapa selang dari area CVT, menuju boks filter udara. Salah satunya adalah lubang hawa atau pernafasan dari gearbox, yang membantu melepas hawa panas.

Namun karena guncangan atau umur pakai, kadang kala selang hawa tadi retak atau terputus. Bahayanya adalah, ada kemungkinan air menerobos masuk area gearbox saat hujan atau sedang mencuci motor.

Jika hal itu terjadi, maka oli gearbox atau lumrah disebut oli gardan akan tercampur air. Efeknya kemampuan melumasi akan turun dan bisa menyebabkan gearbox haus.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Gampang, Begini Cara Mendeteksi Aki Motor Mulai Soak

Nah, yang kemudian tak disadari pemilik motor matic yakni selang hawa yang terlepas dan saat dipasang kembali, dalam posisi yang salah. Misalnya justru memampatkan selang hawa tersebut, seperti yang dialami Diman, pengguna Honda Spacy.

"Awalnya selang hawa itu lepas, terus karena gak paham posisinya disambung kemana, asal dipasang deh ke bagian boks filter, yang penting selang gak lepas-lepas," katanya.

Awas, Selang Hawa CVT Jangan Sampai Mampet, Ini Bahayanya! 01

Selang hawa gearbox CVT.

Kemudian saat dipakai dari rumah menuju kantor, setibanya ditujuan area ban, boks filter, kolong sepakbor hingga CVT banyak cipratan oli. "Awalnya curiga sil gearbox atau sil kruk as jebol," jelasnya.

Dengan kondisi tersebut, sambil berjalan arah pulang Diman langsung menuju bengkel. "Menurut mekanik, ini karena selang hawa gearbox ketutup, hawa panas gak bisa keluar, dan karena tekanan makin kuat, jadi muncrat dia," bebernya.

Baca juga : Motor Terasa Tak Stabil, Bisa Jadi Bearing Roda Bermasalah

Awas, Selang Hawa CVT Jangan Sampai Mampet, Ini Bahayanya! 02

CVT dan gearbox menghasilkan hawa panas saat bekerja.

Obatnya tentu saja memasangkan kembali selang hawa tersebut pada posisinya. Tapi supaya lebih awet dan mengingat umur pakai, ada baiknya sekalian ganti ganti selang hawa dengan yang baru.

Dan tak ketinggalan kuras dan ganti juga oli gearbox motor matic dengan yang baru. Ini juga untuk antisipasi, jika ada air yang sempat menerobos masuk area gearbox.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });