window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Deretan Fitur TVS Ronin Ini Cocok Buat Touring, Kompetitor Nggak Punya!

Ilham · 2 Agu, 2023 13:00

Fitur navigasi di TVS Ronin

Fitur navigasi di TVS Ronin
  • TVS Ronin punya beragam fitur.
  • Cocok diandalkan untuk perjalanan jauh.

Untuk mengakomodasi kebutuhan penggunaan di perjalanan jauh, TVS Ronin (Spesifikasi | Berita) dibekali sejumlah fitur yang fungsional. Bahkan deretan fitur ini tak ditemui pada kompetitornya.

Hal ini sesuai dengan peruntukan motor bermesin 225 cc tersebut sebagai tunggangan dengan kesenangan berkendara. 

Autofun berkesempatan menjajalnya lewat kegiatan TVS Ronin Unscripted Touring Indonesia pekan ini. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Konsep Homey Ala Dealer TVS Jawa Timur, Sampai Ada Motor di Kamar Tidur!

Seperti apa fitur-fitur fungsional di TVS Ronin yang absen di pesaingnya? Yuk, kita simak ulasan berikut ini.

Fitur Navigasi TVS Ronin

Lewat koneksi nirkabel berjuluk SmartXonnect, TVS Ronin mampu menghadirkan fitur navigasi. Petunjuk dihadirkan dengan tampilan turn-to-turn, atau anak panah sebagai penunjuk arah jalan. 

Deretan Fitur TVS Ronin Ini Cocok Buat Touring, Kompetitor Nggak Punya! 01

Fitur ini aktif jika Anda sudah mengunduh aplikasi TVS SmartXonnect dan mengisi data. Setelah itu, bisa menentukan tujan dan fitur navigasi siap digunakan.

Mode Rem ABS 

TVS Ronin sudah dibekali sistem rem ABS. Menariknya, ada dua mode ABS yang bisa dipilih oleh pengendara, yakni Urban dan Rain.

Perbedaan karakter keduanya ada pada sensitifitas respons pengereman dan pembatasan tenaga. Di mode Rain, rem akan lebih responsif dan top speed dibatasi.

Deretan Fitur TVS Ronin Ini Cocok Buat Touring, Kompetitor Nggak Punya! 02

Rem ABS TVS Ronin punya dua mode

Baca juga: Ternyata Ini yang Bikin TVS Ronin Punya Bobot Sampai 160 Kg

Perbedaan ini langsung kami rasakan. Pembatasan tenaga mesin terasa ketika mode ini aktif. Tujuannya tentu untuk meminimalisir resiko terjadinya insiden semisal ban slip. 

Sedangkan Urban, rem ABS beroperasi normal dan keluaran tenaga mesin lebih optimal. Respons mesin terasa lebih mantap ketika mode Urban ini diaktifkan.

Engine Guard

Ukuran engine guard besar TVS Ronin memang terlihat agak jadul. Namun dari segi fungsionalitas, fitur ini terbilang berguna saat touring.

Deretan Fitur TVS Ronin Ini Cocok Buat Touring, Kompetitor Nggak Punya! 03

Diantaranya untuk menghindari benturan langsung ke bagian mesin saat motor terjatuh. Serta melindungi kaki pengendara dari benda yang menghalangi di jalan.

Cover Rantai

Tak ketinggalan, ada cover rantai berukuran besar. Di India cover rantai gambot itu bertujuan sebagai sari guard guna mencegah kain tersangkut ke rantai.

Deretan Fitur TVS Ronin Ini Cocok Buat Touring, Kompetitor Nggak Punya! 04

Hal ini pun berguna juga saat touring. Misalnya ketika membawa side bag. Tas tak langsung terkena rantai yang bisa membuatnya kotor atau bahkan tersangkut.

Komplet kan...

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });