window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Gelaran MotoGP Mandalika Tak Boleh Ada Bendera Merah Putih dan Lagu Kebangsaan, Kok Bisa?

Harry · 18 Okt, 2021 12:30

Tahun depan Indonesia boleh berbangga, akhirnya gelaran balap motor terbesar di dunia, MotoGP, akan dihelat di tanah air. Bahkan Indonesia juga menjadi lokasi untuk melakukan tes pramusim 11-13 Februari 2022 mendatang.

Sementara untuk seri balapan motor prototipe tersebut akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 18-20 2022 yang menjadi gelaran seri kedua.

Baca juga : WSBK Mandalika Terancam Dicekal Badan Anti-Doping Dunia, Ini Alasannya

Gelaran MotoGP Mandalika Tak Boleh Ada Bendera Merah Putih dan Lagu Kebangsaan, Kok Bisa? 01

Layout sirkuit Mandalika di Lombok.

Tapi ada hal yang sempat mengganjal, yakni isu Indonesia tak bisa menjadi tuan rumah gelaran balap MotoGP. Ini karena World Anti-Doping Agecy (WADA) memberi sanksi akibat Indonesia dianggap lalai mematuhi prosedur program tes doping.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Sirkuit Mandalika Gelar Tes Pramusim MotoGP 2022, Seperti Ini Kesiapannya

Semua negara yang terkena sanksi ini, dilarang mengadakan event olahraga apapun. Lantas hal ini pun sempat membuat bingung publik, terlebih momentumnya bersamaan dengan kepastian Indonesia jadi tuan rumah balapan MotoGP.

Tetap Lanjut Tapi...

Untungnya, Indonesia tetap bisa menggelar balapan tersebut karena kontrak sebagai tuan rumah telah ditekan. Hal ini juga telah dikonfirmasi juru bicara WADA, seperti dituliskan Crash.

Gelaran MotoGP Mandalika Tak Boleh Ada Bendera Merah Putih dan Lagu Kebangsaan, Kok Bisa? 01

Indonesia telah masuk jadwal balap MotoGP 2022.

"Indonesia dan Thailand tidak mendapat izin menjadi tuan rumah event olahraga selama disanksi, tapi apabila event itu sudah dijadwalkan maka bisa terus berlanjut," ujar juru bicara.

Baca juga : Kecemasan Mick Doohan Soal Balap MotoGP di Mandalika, Bisa Bikin Rider Lupa Kalau Lagi Balapan

Indonesia sendiri sudah lebih dulu mengamankan kontrak sebagai tuan rumah untuk balap World Superbike dan MotoGP, jauh sebelum adanya sanksi dari WADA. Hanya saja tetap ada persyaratan yang harus dipatuhi oleh penyelenggara.

Pertama, selama menjadi tuan rumah, tidak boleh ada bendera Indonesia yang berkibar saat event olahraga berlangsung. Gantinya bisa dengan bendera asosiasi otomotif dalam hal ini IMI.

Gelaran MotoGP Mandalika Tak Boleh Ada Bendera Merah Putih dan Lagu Kebangsaan, Kok Bisa? 02

Kemenangan Piala Thomas tim Indonesia dengan pengibaran bendera PBSI.

Contoh paling hangat adalah keberhasilan tim Piala Thomas Indonesia meraih emas, kemarin (18/10/2021), bendera merah putih digantikan bendera asosiasi yakni PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia).

Baca juga : Jadwal MotoGP 2022 Bocor! Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah Seri Kedua

Kedua, tidak boleh ada pemutaran lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sebagai gantinya, bisa memutar lagu nasional lainnya. Contoh serupa telah dilakukan Rusia kala menjadi tuan rumah Formula 1 2021 lalu, lagu kebangsaan digantikan musik orkestra.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });