window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Sirkuit Mandalika Gelar Tes Pramusim MotoGP 2022, Seperti Ini Kesiapannya

Ary · 8 Okt, 2021 13:00

Sejarah bakal tercipta pada MotoGP 2022 mendatang. Untuk pertama kalinya, gelaran balap dunia ini dihelat sebanyak 21 seri. Di mana Sirkuit Mandalika ditunjuk sebagai salah satu penyelenggaranya. Tak cuma itu, lintasan itupun dicanangkan jua menggelar tes pramusim MotoGP 2022.

Seperti diinformasikan pihak Dorna Sports, Indonesia masuk ke dalam jadwal MotoGP 2022 sementara. Sebagaimana pula bocoran sebelumnya, nama Sirkuit Mandalika nyatanya benar-benar diplot melangsungkan balapan setelah putaran pertama di Sirkuit Losail (Qatar). 

Tes Pramusim MotoGP 2022 Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika bakal lakoni tes pramusim MotoGP 2022.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2022 Bocor! Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah Seri Kedua

Tes Pramusim Di Mandalika 11-13 Februari 2022

Dituliskan sumber serupa, pelaksanaan MotoGP Mandalika akan dilakukan pada 20 Maret 2022. Sebelum itu, para pembalap MotoGP juga berkesempatan mencicipi terlebih dahulu wahana baru tersebut melalui agenda tes pramusim MotoGP 2022. Menurut jadwal, sesi tes pramusim di Sirkuit Mandalika akan dilakukan selama 3 hari, tepatnya 11-13 Februari 2022. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kesiapan Sirkuit Mandalika

Pernyataannya, bagaimana dengan kesiapan Sirkuit Mandalika? Dalam keterangan resmi, MGPA (Mandalika Grand Prix Association) selaku penggarap lintasan menyebut, pembangunan sirkuit sudah mencapai 100%. Sementara pengerjaan bagian lain semisal instalasi pit building, teknologi race electronic hingga pengecatan trek sudah memasuki tahap persiapan. 

Dikatakan mereka, baik instalasi maupun pengecatan tersebut bakal dilakukan setidaknya oleh 53 kru. Mereka merupakan tenaga ahli dari berbagai negara yang memiliki pengalaman di sirkuit dunia. 

Jadwal MotoGP 2022 Mandalika

Jadwal MotoGP 2022 sementara. Sirkuit Mandalika diplot gelar putaran kedua.

Baca juga: Kecemasan Mick Doohan Soal Balap MotoGP di Mandalika, Bisa Bikin Rider Lupa Kalau Lagi Balapan

"Kami akan terus berbenah diri sejak tahun pertama hingga 10 tahun ke depan. Sehingga Pertamina Mandalika International Street Circuit ini akan menjadi sirkuit yang menghadirkan balapan kedua dunia yang membanggakan," tulis Happy Harinto, Direktur Strategi dan Komunikasi MGPA (7/10). 

Bukan cuma lintasan. Berbagai infrastruktur lain juga dioptimalkan guna mendukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Misalnya saja dari sektor pasokan listrik. PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) diketahui sudah merampungkan pembangunan proyek GIS atau (Gas Insulated Switchgear) Lombok Peaker. 

GIS yang berlokasi di bilangan Kota Mataram itu bekapasitas 60 mega voltampere (MVA). Nantinya, pasokan listrik akan disalurkan dari PLTGU Lombok Peaker ke sistem kelistrikan di Lombok. 

Apron Bandara Lombok untuk MotoGP Mandalika

Apron Bandara Lombok diperluas agar bisa menampung pesawat kargo MotoGP.

Baca juga: Intip Daftar Motor Petarung WSBK Mandalika, Semua Dijual Bebas!

Kemudian dari sisi akomodasi. Menukil dari laman MGPA, PT Angkasa Pura 1 (Persero) juga sudah merampungkan apron di Bandara Lombok. Perluasan apron sepanjang 136.300 meter persegi itu dilakukan untuk mendukung operasional pesawat berbadan lebar sekelas B777 dan pesawat kargo logistik MotoGP. 

"Tuntasnya proyek perluasan apron Bandara Lombok ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mendukung kelancaran perhelatan olahraga otomotif World Superbike 2021 dan berbagai event yang akan digelar di Kawasan The Mandalika. Bandara Lombok juga akan terus berupaya agar beberapa proyek pengembangan lainnya seperti perpanjangan dan peningkatan daya dukung runway serta pengembangan fasilitas kargo dapat selesai tepat waktu." ucap Nugroho Jati, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero).

Selain itu, terminal baru Bandara Lombok pun ikut diperluas dengan total mencapai 43.501 persegi. Diklaim, kini bandara tersebut memiliki kapasitas sekitar 7 juta penumpang per tahun. Sebelumnya, besaran bandara ini cuma 24.123 meter persegi dengan kapasitas hanya 3,5 juta penumpang. 

Sirkuit Mandalika Gelar WSBK dan ATC Bulan Depan

Sebelum menjadi tuan rumah MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika bakal lebih dulu menggelar kejuraaan WSBK dan ATC (Asia Talent Cup) pada bulan depan. Bersamaan dengan ini pula sirkuit sepanjang 4,3 km dengan 17 tikungan itu mendapatkan nama baru yakni Pertamina Mandalika Street Circuit. 

WSBK Mandalika

Sirkuit Mandalika lakoni debut dengan menyelenggarakan kejuaraan WSBK dan ATC secara bersamaan bulan depan.

Baca juga: Melihat Teknologi Pengereman MotoGP, Tahan Panas Tapi Umur Pakai Singkat

Debut Sirkuit Mandalika sendiri sejatinya dijadwalkan pada 12-14 November 2021 lewat kejuaraan ATC 2021. Namun, pelaksanaannya diundur satu pekan lantaran adanya beberapa alasan. Pertama adalah berkaitan dengan pertimbangan logistik dan pengiriman barang. Sementara kedua, revisi dilakukan agar tidak berbarengan dengan putaran akhir MotoGP Valencia (Spanyol). 

Alhasil, kejuaraan ATC yang juga diikuti oleh pembalap Indonesia mundur ke tanggal 19-21 November 2021. Pelaksanaan itupun dibarengi pula dengan seri pamungkas WSBK di Sirkuit Mandalika.  
  
Berkaitan dengan penyelenggaraan itu pula, MGPA meyakinkan Sirkuit Mandalika rampung sebelum balapan dimulai. Termasuk pula kesiapan penginapan untuk para kru dan pembalap."Di zona hotel, kami mendapatkan jaminan kamar hotel untuk para kru dan tim dalam jumlah yang besar," kata Seperti dikatakan Gregorio Lavilla selaku Executive Director WSBK. 

"Mereka (tim Sirkuit Mandalika) bekerja keras dan sangat cepat. Jika tidak ada halangan yang dapat menghentikan progres ini, sesuai dengan rencana, pasti sirkuit akan selesai tepat waktu. Karena event ini digelar pada bulan November dan tinggal beberapa minggu tersisa, kami akan terus memantau situasi sampai kami membuat konfirmasi," pungkas Lavilla. 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });