window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Gredek Honda Vario 125 dan Yamaha Lexi Bisa Hilang Modal Rp 35 Ribu, Begini Caranya

Adit · 7 Sep, 2021 09:00

Pengguna motor matic seperti Honda Vario atau Yamaha Lexi pasti pernah atau tengah merasakan bagian CVT getar atau gredek. Gredek biasanya timbul ketika hendak berakselerasi alias pada putaran mesin bawah ke menengah. 

Apalagi ketika macet-macetan dalam kondisi stop and go. Getar CVT motor matic bisa mengganggu kenyamanan tentunya, karena bisa sampai setang. Akselerasi pun serasa tidak mulus serta getarannya menimbulkan suara yang mengganggu. 

Gredek Honda Vario 125 dan Yamaha Lexi Bisa Hilang Modal Rp 35 Ribu, Begini Caranya 01

Servis Yamaha Lexi untuk menghilangkan getar di area CVT.

Baca Juga: Jurus Ampuh Atasi Gredek di Honda ADV 150, Coba Tahapan Modifikasi Ini

Gredek atau getar timbul ketika kampas kopling ganda mengembang pelan untuk memutar mangkok kopling. Tapi karena ada beban dari roda dan pengendara, kampas kopling ganda kesulitan memutar mangkok kopling, jadi terasa berat saat putaran mesin awal. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sederhananya mangkok kopling dalam keadaan diam, tapi kampas kopling ganda memaksa berputar, sehingga terjadi selip kemudian putaran tersebut mengakibatkan gredek atau getaran saat berakselerasi.

Gredek Honda Vario 125 dan Yamaha Lexi Bisa Hilang Modal Rp 35 Ribu, Begini Caranya 01

Area CVT motor matic.

Selip kampas kopling terjadi karena permukaannya yang kotor. Alhasil bidang yang menempel ke mangkok kopling tidak merata. Makanya selain getar kadang timbul bunyi decitan saat motor matic digas. 

Nah solusi mudah untuk mengatasi hal tersebut adalah rajin-rajin membersihkan mangkok kopling dari debu. Sebab meskipun sudah dipasang cover CVT, partikel kotoran maupun debu bisa mudah masuk ke dalamnya dan mengakibatkan gangguan sistem penggerak. 

Gredek Honda Vario 125 dan Yamaha Lexi Bisa Hilang Modal Rp 35 Ribu, Begini Caranya 02

Jeroan CVT motor matic harus selalu bersih agar performa motor optimal.

Salah satu bengkel rujukannya bisa sambangi R59 Matic Shop di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan. Ongkos servisnya sebesar Rp 35 ribu, pengerjaannya termasuk pembersihan area CVT secara menyeluruh menggunakan semprotan angin, pengecekan roller, hingga menambah lagi CVT grease yang telah kering. 

Bengkel tersebut buka jasa servis CVT untuk semua jenis motor. Lama pengerjaannya sekitar 20 hingga 30 menit sejak cover CVT dibuka.  "Honda, Yamaha bisa. Selain Vario dan Lexi juga ada di sini yang bersihkan CVT," ungkap Juki, salah satu penggawa R59 Matic Shop.

Gredek Honda Vario 125 dan Yamaha Lexi Bisa Hilang Modal Rp 35 Ribu, Begini Caranya 03

Mangkok CVT sudah dilubangi dari bawaan pabriknya, tapi belum cukup ampuh membasmi kotoran.

Baca Juga: Pemotor Wajib Tahu, Ini 5 Pelanggaran Lalu Lintas Yang Besaran Dendanya Rp 500 Ribu!

Solusi Lain Hilangkan Gredek

Hanya saja pembersihan area CVT tadi tidak bersifat permanen. Ada kalanya getar bisa kembali lagi dalam waktu yang relatif dekat. Makanya Juki merekomendasikan cara lain, bisa menggunakan mangkok kopling aftermarket atau melubangi mangkok kopling supaya kotoran mudah terlepas.

Untuk pengerjaannya Rp 75 ribu. Itu pun jika merelakan mangkok kopling bawaan dimodifikasi. Bila tidak, bisa pakai produk aftermarket sekitar Rp 350 hingga 450 ribu tergantung mereknya.  

Gredek Honda Vario 125 dan Yamaha Lexi Bisa Hilang Modal Rp 35 Ribu, Begini Caranya 04

Mangkok kopling yang telah dilubangi.

Tak cuma itu, upaya menghilangkan gredek juga bisa dengan mengganti per kampas CVT yang ukurannya 1.500 rpm. Komponen ini dipercaya bisa meredam getaran, karena membantu bukaan kampas kopling ketika digas.

Per kampas CVT dibanderol Rp 50 ribuan tergantung jenis maupun pabrikannya. Namun jika ambil paket hemat hilangkan getar CVT motor matic, di bengkel tersebut dikenakan biaya Rp 100 ribu yang termasuk pembersihan area CVT, ganti kampas CVT, pelubangan mangkok CVT, bahkan bisa tambah bersihkan filter atau saringan udara.

Baca Juga: Jangan Kebiasaan, Simpan Powerbank di Bagasi Motor Bisa Picu Kebakaran!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });