window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tolong bersihkan tepat waktu, Dampak Saringan Udara yang Kotor pada Performa Honda Vario 2021

Nussa · 2 Jan, 2021 16:00

Tolong bersihkan tepat waktu, Dampak Saringan Udara yang Kotor pada Performa Honda Vario 2021 01

Penting untuk menjaga Honda Vario tetap bersih dan terawat. Kebersihan pada skuter matik (skutik) juga sebaiknya tak hanya pada tampilan luarnya saja. Tapi, kebersihan di bagian dalamnya juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Salah satu komponen yang perlu dijaga kebersihannya adalah air filter atau saringan udara.

Saringan udara pada Honda Vario berfungsi sebagai penyaring udara bebas yang datang dari luar menuju ruang bakar. Sehingga, tidak ada udara kotor yang masuk ke ruang bakar. Dilihat dari jenis bahan yang digunakan, saringan udara terbagi menjadi tiga jenis, antara lain urethane foam (busa), dry paper (sejenis kertas), dan viscous paper element (sejenis kertas yang dilapisi oli).

Tolong bersihkan tepat waktu, Dampak Saringan Udara yang Kotor pada Performa Honda Vario 2021 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sekarang ini, pada umumnya pabrikan sepeda motor menggunakan saringan udara dengan jenis viscous paper element. Saringan udara jenis ini dilapisi oli yang memiliki kemampuan untuk menyaring udara lebih bersih dan menangkap debu yang akan masuk ke ruang bakar.

Tentunya, seiring dengan pemakaian, maka saringan udara akan menjadi kotor. Ada banyak debu yang akan menempel atau menumpuk pada saringan udara. Jika tumpukan kotoran pada saringan udara tersebut dibiarkan saja dalam waktu yang lama, pastinya akan memberi dampak buruk bagi Honda Vario.

Kotoran yang menumpuk tersebut dapat membuat suplai udara ke ruang bakar jadi terhambat. Sehingga, proses pembakaran di ruang bakal menjadi tidak maksimal. Dampak buruknya adalah performa Honda Vario akan menjadi berkurang dan tarikan mesin akan terasa menjadi lebih berat. Selain berdampak pada performa motor, saringan udara yang kotor juga akan berpengaruh pada efisiensi bahan bakar. Kotornya saringan udara akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Tolong bersihkan tepat waktu, Dampak Saringan Udara yang Kotor pada Performa Honda Vario 2021 01

Sebab, volume udara yang masuk ke ruang bakar akan membuat campuran antara bahan bakar dan udara jadi tidak seimbang. Volume yang masuk akan lebih banyak bensinnya dibandingkan dengan udara. Dampaknya, bensin yang terbakar jadi sia-sia.

Untuk perawatannya sendiri, saringan udara perlu diganti dengan yang baru jika sudah kotor. Hindari mencuci saringan udara berjenis viscous paper element atau meniupnya dengan angin bertekanan tinggi. Sebab, lapisan oli yang terdapat pada saringan udara ini dapat menghilang. Sehingga, saringan udara tidak mampu lagi menyaring udara yang masuk dengan baik dan performa motor juga akan menurun.

Pemilik Honda Vario perlu melakukan pengecekan setiap servis berkala. Komponen ini juga perlu diganti setiap motor sudah menempuh hingga 16.000 km.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });