window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Honda Kirana, Bebek 125 Pahe Bertampang Mirip Astrea Grand Nan Langka

Harry · 13 Jun, 2022 14:00

Honda Kirana, Bebek 125 Pahe Bertampang Mirip Astrea Grand Nan Langka 01

Honda Kirana pakai mesin 125 cc.
  • Harga bekasnya kini stabil.
  • Dicari sebagai tunggangan bebek non mainstream.
  • Mesin 125 cc tapi rem depan tromol.

Coba sebut motor bebek Honda keluaran tahun 2000-an macam Honda Karisma, Honda Supra X 125, Honda Supra Fit, Honda Revo pasti banyak yang tahu sosoknya. Tapi coba tanya mengenai Honda Kirana, tak semua orang tahu.

Yup, motor bebek satu ini seperti anak tiri, masa produksinya sangat singkat hanya dari 2002 sampai 2004 saja. Penjualannya saat itu untuk menjadi opsi lebih murah dari Honda Karisma.

Motor ini memang ditawarkan dengan kesederhanaan, tanpa rem cakram dan panel meter full analog. Padahal mesinnya sudah 125 cc, setara dengan Honda Karisma saat itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Honda Tiger Edisi Terakhir Banyak Diburu, Sang Legenda Yang Mulai Digoreng Harganya

Harga jualnya kala itu termasuk pahe alias paket hemat, sekitar Rp 12 jutaan, cukup murah untuk sebuah ukuran motor bebek, dengan mesin 125 cc. Jika dulu sepi peminat, sekarang justru mulai banyak yang mencari.

Honda Kirana, Bebek 125 Pahe Bertampang Mirip Astrea Grand Nan Langka 01

Honda Kirana diset sebagai motor bebek murah.

Motor ini diincar oleh mereka yang mau motor bebek bekas, dengan populasi yang langka. Tak heran harga bekasnya pun relatif stabil diangka Rp 6 jutaan sampai Rp 8 jutaan tergantung kondisi dan lokasi.

Tampang Mirip Honda Astrea Grand

Dijual bersamaan dengan Honda Supra X dan Honda Karisma, Honda Kirana menempati posisi diantara keduanya. Desainnya pun sengaja dibuat mirip dengan Honda Astrea Grand, yang memang jadi idola kala itu.

Honda Kirana, Bebek 125 Pahe Bertampang Mirip Astrea Grand Nan Langka 02

Warna silver banyak dicari.

Desainnya cenderung kalem dan minim sudut tajam, tapi sayangnya kurang berhasil. Selera konsumen disebut telah bergeser dan lebih menyukai motor bebek berdesain sporty.

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Yamaha Byson Karbu Lebih Layak Dipilih Dibanding Honda Verza

Pengaruh desain ini nyatanya cukup berdampak, karena meski ditunjang mesin 125 cc yang konon didatangkan dari Thailand, tetap tak mampu menggugah minat konsumen. Apalagi rem depan masih tromol.

Mesin Mumpuni

Secara spesifikasi, Honda Kirana tidaklah mengecewakan. Karena mesinnya benar-benar mirip dengan Karisma 125. Di mana mesin 124,9 cc dengan ukuran bore x stroke, 52,4 x 57,9 mm berpendingin udara.

Honda Kirana, Bebek 125 Pahe Bertampang Mirip Astrea Grand Nan Langka 03

Harga bekasnya stabil.

Spesifikasi mesin yang digunakan Honda Kirana tidak dilakukan downgrade sama sekali. Fitur seperti CDI tanpa batas limiter dan karburator dengan teknologi canggih dari Honda yaitu Throttle Switch System (TSS) pun tetap tersemat.

Teknologi untuk mengatur pengapian tersebut mampu membawa tarikan dan efisiensi bahan bakar pada Honda Kirana makin optimal. Tenaga Honda Kirana sendiri tercatat 8,9 PS per 7.500 rpm dan transmisi manual 4 percepatan.

Baca juga : Mengenal Kawasaki Athlete Pro, Motor Ayam Jago Langka Bertabur Fitur Fungsional

Kesimpulan

Honda Kirana, Bebek 125 Pahe Bertampang Mirip Astrea Grand Nan Langka 04

Honda Kirana warna biru banyak dicari.

Honda Kirana memang bukanlah motor bebek yang istimewa, fiturnya bahkan tak selengkap Honda Karisma yang dijual bersamaan kala itu. Tapi kini unit bekasnya mulai banyak dicari, terutama warna silver dan biru.

Harga bekas yang stabil serta desain konservatif justru jadi incaran mereka yang ingin tampil bergaya agak klasik. Apalagi ditunjang posisi berkendara nyaman, membuat motor bebek ini kembali diminati.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });