window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Honda Tiger Edisi Terakhir Banyak Diburu, Sang Legenda Yang Mulai Digoreng Harganya

Harry · 18 Mei, 2022 15:30

Honda Tiger Edisi Terakhir Banyak Diburu, Sang Legenda Yang Mulai Digoreng Harganya 01

Honda Tiger Revo generasi terakhir.
  • Harganya tembus Rp 30 jutaan.
  • Harga baru saat terakhir diangka Rp 25 jutaan.
  • Banyak dicari karena nyaman dan bertenaga.

Salah satu motor legendaris di Indonesia yang dikenal akan ketangguhan dan banyak digunakan untuk mereka yang hobi touring, adalah Honda Tiger. Yup, motor sport satu ini memang kerap jadi andalan bikers menjelajah beragam tempat di Indonesia.

Pertama kali muncul tahun 1993 dengan nama Honda Tiger 2000 dengan kode GL-200. Kemudian update tahun 2002 sampai 2006 memiliki kode GL-200S. Pada dua generasi ini menonjolkan desain neo klasik dengan sentuhan modern.

Baca juga : Dari Macan Jadi Monyet, Honda Tiger Ini Dirombak Jadi Mini dan Dijejali Part Mevvah!

Masuk tahun 2006 motor ini menjadi Honda Tiger Revo, dengan tampilan semakin modern. Tak ketinggalan penambahan teknologi Secondary Air Supply System (SASS) untuk membantu mengurangi kadar emisi. Tirev memiliki dua tipe yakni pelek palang (GL-200R) dan jari-jari (GL-200D).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Generasi ketiga pun muncul tahun 2008 yang berubah cukup signifikan dan disebut Honda Tiger New Revolution Cruiser. Dan Tahun 2010 kembali update dengan dua pilihan bentuk lampu, bulat dan asimetris.

2012 menjadi update terakhir sebelum disuntik mati tahun 2013. Tapi kini Honda Tiger generasi terakhir ini kembali banyak dicari, alasannya karena tahun yang relatif muda ingin dijadikan motor kedua.

Harga Mulai Digoreng

Pada saat itu, Honda Tiger Revo generasi terakhir ini dilepas dengan nominal Rp 25 jutaan. Opsi empat warna menjadi hal yang ditawarkan untuk konsumen kala itu.

Baca juga : Honda Tiger Jadi Keganasan Si Jago Merah, Terbakar Habis Pasca Track Day di Sirkuit Gery Mang Subang

Tapi jangan kaget kalau kalian ada rencana untuk ikutan berburu dan meminangnya. Pasalnya harga unit bekasnya mulai digoreng, alias dibuat lebih tinggi untuk menaikkan nilai jual motornya.

Honda Tiger Edisi Terakhir Banyak Diburu, Sang Legenda Yang Mulai Digoreng Harganya 01

Harga Honda Tiger Revo 2013.

Dipantau situs jual beli online, harga untuk Honda Tiger tahun 2012 masih stabil diangka Rp 18 jutaan sampai Rp 20 jutaan kecil. Sedangkan racikan 2013 berkisar Rp 24 jutaan sampai Rp 30 jutaan.

Relatif mahal mengingat harga barunya kala itu hanya Rp 25 jutaan saja. Tapi tenang, berburu motor idaman tak boleh bernafsu, karena ada juga yang menawarkan dengan harga wajar, dari Rp 13 jutaan sampai Rp 17 jutaan.

Tentunya harga tadi tergantung pada kondisi motor, orisinalitas dan status pajak kendaraan. Kalau memang motor yang diincar ternyata unit simpanan, maka wajar harganya bisa tinggi.

Daya Tarik Honda Tiger Revo

Honda Tiger Edisi Terakhir Banyak Diburu, Sang Legenda Yang Mulai Digoreng Harganya 02

Honda Tiger disukai karena nyaman.

Memang apa sih yang ditawarkan motor sport satu ini? Pertama tentu saja posisi berkendara yang nyaman untuk dipakai jarak jauh. Posisi setang tinggi, jok yang menekuk rendah hingga letak pijakan kaki jadi paduan pas.

Kemudian tangki bahan bakar besar mencapai 13 liter tetap mudah dijepit kaki, karena lekukannya yang mengejil dibagian dekat jok. Tentunya kapasitas yang besar ini juga tak membuat rasa was-was kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan.

Baca juga : Plus-Minus Honda Tiger, Motor Favorit Buat Touring Yang Rantainya Berisik Banget

Hal berikutnya adalah mesin yang cukupan. Dengan kapasitas mesin 200 cc, kondisi standarnya mampu hasilkan tenaga hingga 17,4 PS di 8.500 rpm dengan torsi hingga 15,89 Nm di 6.500 rpm.

Honda Tiger Edisi Terakhir Banyak Diburu, Sang Legenda Yang Mulai Digoreng Harganya 03

Mesin bertenaga.

Kalau kurang puas, banyak cara untuk meningkatkan kinerjanya seperti penggantian karburator, memperbesar kapasitas mesin, mengganti noken as, naik kompresi dan banyak lagi. Bengkel pun sudah paham dengan mesinnya.

Kelemahan Honda Tiger Revo

Tapi kalian jangan terhanyut dengan keunggulannya saja, ingat ada pula kelemahan motor ini yang harus jadi perhatian kalian, kalau akhirnya memang yakin untuk memboyongnya jadi penghuni garasi.

Pertama tentu rantai bawaannya yang berisik, dan harganya yang mahal. Solusinya pakai part aftermarket. Dan terakhir adalah tangki bahan bakar yang rawan bocor karena karat, ditambah harga tangki yang lumayan tinggi.

Honda Tiger Edisi Terakhir Banyak Diburu, Sang Legenda Yang Mulai Digoreng Harganya 04

Awas tangki rawan bocor.

Kesimpulan

Berburu motor satu ini memang harus sabar. Jangan tergiur harga murah tapi banyak jajannya, atau harga mahal yang sudah digoreng para pemain. Cek ricek lagi kondisi motor, apakah sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Periksa seksama kondisi kaki-kaki dan rangka, bisa jadi hasil sulapan kes motor modifikasi bergaya herex yang memang sedang tren. Kalau semuanya aman, jangan lupa langsung servis dan kuras tangki untuk antisipasi ya!

 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });