window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cek Spesifikasi Honda BeAT Karbu, Incaran Untuk Dioprek Mesinnya

Harry · 17 Jun, 2022 17:00

Cek Spesifikasi Honda BeAT Karbu, Incaran Untuk Dioprek Mesinnya 01

Honda BeAT karburator masih banyak dicari.
  • Mesinnya bisa bore-up sampai 130 cc.
  • Karburator lebih mudah dan murah diseting.
  • Harga bekasnya mulai Rp 5 jutaan.

Selain diincar karena desainnya yang ramping dan mungil, faktor dapur pacu juga menjadi daya tarik dari Honda BeAT karbu. Generasi pertama dari matic entry level Honda itu banyak disukai akan mesinnya.

Berkubikasi 108 cc, SOHC 2 katup pendingin udara dan masih pakai karburator tipe vakum dari Keihin. Karena masih karburator inilah, Honda BeAT generasi pertama banyak dicari.

Perkara output, bisa mencapai 8,22 PS pada putaran 8.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 8,32 Nm di 5.500 rpm. Karakter mesinnya responsif pada putaran bawah, sehingga pas untuk perkotaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Harga Bekasnya Mulai Rp 5 Jutaan Doang, Ini Plus-Minus Honda Beat Karbu

Tapi selain untuk digunakan sehari-hari dan praktis dalam hal perawatan, ternyata banyak juga yang mengincarnya untuk dioprek. Dari cara mengganti karburator tipe skep langsung hingga menambah kapasitas mesin.

Cek Spesifikasi Honda BeAT Karbu, Incaran Untuk Dioprek Mesinnya 01

Brosur Honda BeAT karburator.

Pada masanya, rata-rata Honda BeAT karburator ini bisa dibesarkan sampai 130 cc. Hal ini semakin menunjang untuk digunakan track day atau sekedar latihan di sirkuit.

Hal lain yang membuatnya disukai untuk dioprek adalah mesinnya juga masih ringkas, tak ada banyak teknologi kekinian macam ACG Starter. Jadi walau mesin sudah bore-up, bisa diakali dengan megganti dinamo starter lebih kuat, jika komponen standar tak sanggup.

Bobot Ringan Kaki-Kaki Sederhana

Cek Spesifikasi Honda BeAT Karbu, Incaran Untuk Dioprek Mesinnya 02

Produksi Honda BeAT karburator.

Jaminan kelincahan untuk harian atau di sirkuit bisa diketahui dari dimensinya. Motor ini punya panjang 1.859 mm, lebar 676 mm dan tinggi 1.053 mm. Sumbu roda 1.240 mm membuat pengendaliannya sangat gesit.

Baca juga : Budget Setara Honda Beat Tapi Butuh Motor Bertenaga? Lirik Honda Supra GTR 150 Bekas

Jarak terendah ke tanah 1.560 mm dengan bobot kendaraan yang cuma 89,3 kg saja! Kaki-kakinya sederhana, tak neko-neko tapi mumpuni, dengan kawalan suspensi teleskopik di depan dan model tunggal di belakang.

Tapi biar sederhana, hal ini justru jadi memudahkan untuk melakukan seting suspensi, bagi mereka yang memakainya untuk aktivitas di sirkuit. Pilihan part-nya bertebaran.

Cek Spesifikasi Honda BeAT Karbu, Incaran Untuk Dioprek Mesinnya 03

Mesin Honda BeAT karburator.

Begitu pula soal pengereman, depan sudah pakai cakram dan belakang  masih tromol. Dan ingat, remnya belum disisipi teknologi CBS (Combi Brake System), jadi pengendara yang memang kendali motor sepenuhnya.

Soal ban pun tak ada masalah, pilihan ban harian atau ban balap dengan kompon lunak sangat banyak, untuk mengakomodir ukuran Honda BeAT karburator yang pakai profil 80/90-14 di depan dan 90/90-14 di belakang.

Baca juga : Mau Beli Honda BeAT 2022? Cek Dulu Yamaha Lexi, Bekasnya Cuma Rp 12 Jutaan Lho!

Harga Bekas Stabil

Cek Spesifikasi Honda BeAT Karbu, Incaran Untuk Dioprek Mesinnya 04

Harga pasaran Honda BeAT karburator.

Jika dibandingkan, peminat Honda BeAT karburator di perkotaan tak sebanyak di daerah-daerah atau kota kecil. Alhasil, banyak yang berburu unit di kota untuk dipakai di kampung halaman.

Hal ini pula yang membuat harga bekas Honda BeAT generasi pertama ini stabil. Jika berminat, rata-rata melepasnya dengan banderol Rp 5 jutaan untuk harga termurah, tapi ada pula yang melepasnya dengan angka Rp 7 jutaan.

Mengagumkan untuk sebuah motor matic entry level berusia lebih dari 10 tahun bukan?

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });