Cek Spesifikasi Honda BeAT Karbu, Incaran Untuk Dioprek Mesinnya
Harry · 29 Nov, 2024 12:30
0
0
Mesinnya bisa bore-up sampai 130 cc.
Karburator lebih mudah dan murah diseting.
Harga bekasnya mulai Rp 5 jutaan.
Selain diincar karena desainnya yang ramping dan mungil, faktor dapur pacu juga menjadi daya tarik dari Honda BeAT generasi awal atau dikenal dengan sebutan BeAT Karbu.
Generasi pertama dari matic entry level Honda itu banyak disukai akan mesinnya, meski belum terlalu modern.
Jarak terendah ke tanah 1.560 mm dengan bobot kendaraan yang cuma 89,3 kg saja! Tak perlu rangka eSAF seperti Honda BeAT terbaru untuk mengejar bobot ringan.
Kaki-kakinya sederhana, tak neko-neko tapi mumpuni, dengan kawalan suspensi teleskopik di depan dan model tunggal di belakang.
Tapi biar pun sederhana, hal ini justru jadi memudahkan untuk melakukan seting suspensi, bagi mereka yang memakainya untuk aktivitas di sirkuit.
Pilihan part-nya bertebaran, dari merek terjangkau hingga kelas premium dengan beragam setelan pun tersedia sampai saat ini.
Begitu pula soal pengereman, depan sudah pakai cakram dan belakang masih tromol.
Dan ingat, remnya belum disisipi teknologi CBS (Combi Brake System), jadi pengendara yang memegang kendali motor sepenuhnya.
Soal ban pun tak ada masalah, pilihan ban harian atau ban balap dengan kompon lunak sangat banyak.
Untuk mengakomodir ukuran Honda BeAT karburator yang pakai profil 80/90-14 di depan dan 90/90-14 di belakang.
Jika dibandingkan, peminat Honda BeAT karburator di perkotaan memang tak sebanyak di daerah-daerah atau kota kecil.
Alhasil, banyak yang berburu unit di kota untuk dipakai di kampung halaman dan dijual dengan harga pasaran setempat yang masih cukup tinggi.
Hal ini pula yang membuat harga bekas Honda BeAT generasi pertama ini stabil. Jika berminat, rata-rata melepasnya dengan banderol Rp 5 jutaan untuk harga termurah.
Tapi ada pula yang melepasnya dengan angka Rp 7 jutaan. Mengagumkan untuk sebuah motor matic entry level berusia lebih dari 10 tahun bukan?
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil