window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Impresif, Suzuki Gixxer SF 250 2022 Dipakai Harian Iritnya Tembus Segini

Harry · 24 Jan, 2022 08:00

Impresif, Suzuki Gixxer SF 250 2022 Dipakai Harian Iritnya Tembus Segini 01

Gak cuma nyaman, tapi juga irit dipakai harian.
  • Pengukuran pakai metode full to full.
  • Pakai bahan bakar oktan 92, bobot rider 75 kg.
  • Karakter berkendara normal cenderung agresif.

Salah satu faktor yang menjadi perhatian konsumen kala memilih sebuah sepeda motor adalah konsumsi bahan bakar. Seberapa irit motor tersebut, sehingga akan membantu juragannya berhemat biaya pengeluaran untuk membeli bahan bakar.

Hal itu tak hanya berlaku kala membeli motor entry level, tapi juga motor sport. Sedikit banyak pasti ada juga yang menjadikan faktor efisiensi sebagai pertimbangan.

Baca juga : Suzuki Gixxer SF 250 2022, Kejutan Akhir Tahun Yang Dipuja dan Dibenci

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Termasuk saat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Suzuki Gixxer SF 250 2022 akhir tahun lalu. Faktor dapur pacu menjadi sorotan, salah satunya soal efisiensi bahan bakar.

Apalagi motor ini dijejali mesin berteknologi SEP (Suzuki Eco Performance). Meski kapasitasnya 250 cc, namun mengandalkan piston tunggal. Artinya ada kemungkinan mesinnya bisa lebih efisien dari 250 cc 2 silinder segaris.

Dipakai Berkendara Normal

Impresif, Suzuki Gixxer SF 250 2022 Dipakai Harian Iritnya Tembus Segini 01

Mesin 250 cc SOHC 4 katup terhitung irit.

Dengan rider berbobot 175 kg dan berkendara dalam kondisi lalu lintas sehari-hari, maka buka tutup gas dilakukan dengan normal. Artinya tak dibuat selembut mungkin untuk bisa mendapatan efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Saat bertemu jalanan kosong, motor dibejek dengan kecepatan tinggi. Bahkan sesekali dipakai berkendara agresif untuk merasakan akselerasi dari motor yang dijual Rp 49,3 juta on the road Jakarta ini.

Baca juga : Tengok Spesifikasi Suzuki Gixxer SF 250 2022, Motor Sport Touring Buat Yang Mau Beda

Hasilnya terhitung impresif, konsumsi bahan bakar yang berhasil dicatatkan adalah sebesar 34,7 km/liter. Itu dihitung dengan menggunakan metode full to full menggunakan bahan bakar oktan 92. Irit bukan?

Impresif, Suzuki Gixxer SF 250 2022 Dipakai Harian Iritnya Tembus Segini 02

Panel meter tak ada informasi konsumsi bahan bakar rata-rata.

Dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 12 liter, maka Suzuki Gixxer SF 250 2022 ini bisa melaju sejauh 416 km. Cukup untuk melibas Jakarta hingga Tegal tanpa perlu isi bahan bakar.

Spesifikasi Mesin Suzuki Gixxer SF 250 2022

Motor sport ini menggendong jantung mekanis silinder tunggal, SOHC 4 katup, injeksi dengan pendingin oli, bukan cairan. Kapasitas mesin murninya mencapai 249 cc, dengan output tenaga maksimum 26,5 PS pada 9.300 rpm dengan torsi 22,2 Nm diputaran 7.300 rpm.

Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan. Meski tanpa adanya fitur Assist & Slipper Clutch, namun pengoperasian handle kopling terhitung ringan, sehingga tak membuat cepat lelah dipakai saat macet parah.

Baca juga : Suzuki Gixxer SF 250 2022 Dirilis, Harga Rp 49 jutaan Siap Tantang Kawasaki Ninja 250 FI

Spesifikasi Suzuki Gixxer 250 2022
Dimensi
P x L x T 2.010 x 740 x 1.035 mm
Sumbu Roda 1.345 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 800 mm
Kapasitas Tangki 12 liter
Berat Isi 161 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, SOCS
Kapasitas 249 cc
Diameter x Langkah 76 x 54,9 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 6 speed
Tenaga Maksimal 26,5 PS @ 9.300 rpm
Torsi Maksimal 22,2 Nm @ 7.300 rpm
Kaki-Kaki
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 110/70-17
Ban Belakang 150/60-17
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });