window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ini Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Pernah Dijual Di Indonesia, Harga Bekasnya Lebih Mahal?

Sancez · 11 Jul, 2021 14:00

Selain beragam model edisi terbatas yang dijual saat ini, sebelumnya PT Piaggio Indonesia juga gemar menghadirkan varian-varian spesial. Hal ini menarik, karena dijual dalam jumlah dan waktu yang terbatas membuat model tersebut menjadi incaran penggemarnya.

Ini Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Pernah Dijual Di Indonesia, Harga Bekasnya Lebih Mahal? 01

Vespa Primavera Sean Wotherspoon yang fenomenal tahun lalu

Padahal secara basis, varian spesial ini tetap memiliki inti dari model-model Vespa matik yang dijual secara umum di Indonesia. Seperti Sprint, Primavera atau GTS. Lalu apa saja skuter matik spesial tersebut? Yuk, kita ulas.

Vespa 70th Anniversary Edition

Versi spesial pertama adalah Vespa 70th Anniversary Edition. Yup, ini merupakan deretan varian yang dirilis pada 2016 silam sebagai bentuk perayaan 70 tahun Vespa.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Harga Vespa Edisi 75 Tahun Tembus Rp 175 Juta, Apa Istimewanya?

Berbeda dari model Vespa 75th Anniversary Edition yang baru saja hadir, di versi ini alih-alih memakai warna kuning justru dilabur biru langit. Julukan skema warna ini adalah Azzuro 70.

Ini Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Pernah Dijual Di Indonesia, Harga Bekasnya Lebih Mahal? 01

Vespa edisi 70 tahun.

Ada tiga model yang dirilis sebagai simbol perayaan tersebut. Yakni Vespa Primavera yang dibanderol Rp 49 juta, Vespa New PX seharga Rp 90 juta. Serta Vespa GTS 150 seharga Rp 59 juta dan yang tertinggi, Vespa GTS 300 dengan Rp 200 jutaan.

Baca juga : Dua Vespa Edisi 75 Tahun Meluncur di Indonesia, Dijual Rp64 Juta dan Rp175 Juta

Saat ini, kondisi bekasnya terbilang langka. Bahkan dipantau dari berbagai situs jual beli motor bekas, unit Vespa 70th Anniversary Edition tak dapat ditemukan. Sehingga model ini menjadi collector item yang patut disimpan.

Vespa Sei Giorni

Jika yang dijual saat ini adalah edisi ke-2 yang dirilis tahun lalu, maka Vespa Sei Giorni generasi pertama sudah lebih dulu meluncur pada Mei tahun 2018 silam.

Perbedaan paling jelas ada pada warna bodinya. Tak lagi hijau doff, tapi lebih ke arah hitam doff. Sementara nomor enam yang jadi ciri khasnya masih tetap melekat di skuter matik tersebut. Karena secara harafiah, Sei Giorni sendiri berarti 'Enam Hari'.

Ini Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Pernah Dijual Di Indonesia, Harga Bekasnya Lebih Mahal? 02

Vespa Sei Giorni.

Menariknya meski sama-sama memakai basis Vespa GTS dan diproduksi 300 unit saja di dunia, tapi Vespa Sei Giorni versi pertama dijual lebih mahal. Yakni Rp 190 juta. Sedangkan versi terbaru saat ini hanya berbanderol Rp 155 juta saat peluncurannya.

Alasannya, Vespa Sei Giorni generasi pertama didatangkan langsung dari Italia. Sedangkan versi terbarunya merupakan produksi Vietnam.

Baca juga : Vespa GTS Super Tech 300 2021 Punya Fitur Navigasi Loh, Begini Cara Pakainya

Dan bisa ditebak, harga jual bekasnya kini meroket. Dari situs jual beli kendaraan online, tarcantum harga Rp 240 juta untuk versi bekasnya. Sedangkan versi bekas dari Vespa Sei Giorni II sebenarnya mengalami kenaikan juga, namun tidak signifikan. Di mana harganya kini mencapai Rp 170-180 jutaan.

Vespa Sprint Carbon

Selain varian Vespa Primavera, model Vespa Sprint menjadi salah satu yang sering hadir dengan edisi terbatas. Diantaranya model Vespa Sprint Carbon yang lahir pada Juli 2018 silam.

Ini Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Pernah Dijual Di Indonesia, Harga Bekasnya Lebih Mahal? 03

Vespa Sprint Carbon tampil serba hitam.

Secara desain, tak ada perbedaan signifikan dengan model standar. Hanya ada tambahan aksen warna yang membuat Vespa Sprint Carbon terlihat sporty. Semisal pada versi 2018 terdapat balutan kelir hitam metalik dengan sedikit aksen merah.

Warna hitam juga menjalar ke knalpot dan velg 12 incinya yang juga punya aksen merah. Menariknya, tidak ada satu pun panel di motor ini yang berbahan carbon seperti namanya.

Baca juga : Catatan Akselerasi Vespa GTS Super Tech 300 2021 Impresif, Ternyata Gara-Gara Ini

Pun demikian di Vespa Sprint Carbon edisi 2019 yang dirilis di bulan September tahun tersebut. Hadir dengan warna White Innocenza, Vespa Sprint Carbon justru menyematkan grafis bendera Tricolor Italia sebagai simbol di mana skuter matik itu berasal.

Saat peluncuran, Vespa Sprint Carbon model 2018 dilepas Rp 42,5 juta. Sedangkan bekasnya, lagi-lagi lebih tinggi yakni Rp 47-48 juta. Lalu di model Vespa Sprint Carbon 2019 yang saat peluncurannya berbanderol Rp 49,8 juta. Kini terdongkrak menjadi Rp 57-58 juta dalam kondisi bekas.

Vespa Primavera Yatch Club

Di tahun 2018 lalu, Vespa Primavera Yatch Club resmi meluncur. Dijual terbatas, model ini menawarkan warna putih berpadu grafis biru yang elegan.

Ini Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Pernah Dijual Di Indonesia, Harga Bekasnya Lebih Mahal? 04

Primavera Yacth Club tampil serba putih.

Inspirasinya dari kemewahan kapal pesiar. Dan saat itu, Piaggio Indonesia melepasnya dengan harga Rp 42 juta. Tapi saat ini, harga jualnya tetap lebih mahal, yakni Rp 43 jutaan.

Baca juga : Konsumsi BBM Vespa GTS Super Tech 300 2021 Bisa Irit Loh, Ini Buktinya

Vespa Primavera 50th Anniversary

Secara nama varian Primavera pertama kali hadir di tahun 1968. Untuk memperingati ulang tahun emasnya yang ke-50, maka pada 2018 lalu dirilis Vespa Primavera 50th Anniversary.

Ini Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Pernah Dijual Di Indonesia, Harga Bekasnya Lebih Mahal? 05

Edisi 50 tahun Vespa Primavera.

Saat itu, skuter matik berwarna biru laut ini dihargai Rp 42 juta. Namun kini harga bekasnya meroket dengan banderol di atas Rp 55 juta!

Vespa Sprint Notte

Di bulan April 2019, Vespa Sprint kembali hadir dalam edisi terbatas. Julukannya Vespa Sprint Notte, yang diambil dari kata 'Malam' dalam bahasa Italia.

Baca juga : Pilih-Pilih Skutik Retro Modern, Antara Vespa LX 125 2021 Atau Benelli Panarea 125 2021?

Ini Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Pernah Dijual Di Indonesia, Harga Bekasnya Lebih Mahal? 06

Tampil serba hitam.

Seperti namanya, model ini dilabur warna hitam doff berjuluk Owl Black Matte di sekujur bodi. Serta nuansa hitam glossy pada  bagian detail seperti spion, cover horn, cover speedometer, cover knalpot, behel, serta pelek.

Harga jualnya saat itu Rp 48,5 juta. Tapi dalam kondisi bekas, harganya cukup gelap karena unit yang ditawarkan terbatas. Estimasinya Rp 53-55 jutaan.

Baca juga : Nih 7 Warna Baru Vespa Rayakan 75 Tahun, Warna Birunya Vespa Sprint S 2021 Semakin Menggoda

Vespa Sprint Racing Sixties

Tahun 2020 lalu, Vespa Sprint Racing Sixties resmi meluncur. Tema yang diusungnya adalah sporty. Tepatnya tampilan balap ala tahun 60-an.

Ini Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Pernah Dijual Di Indonesia, Harga Bekasnya Lebih Mahal? 07

Edisi bercirikan dua garis pada bodi.

Cirinya ada di kombinasi warna hijau tua berjuluk Green Bosco dengan aksen kuning pada bodinya. Sedangkan warna lainnya adalah White Innocenza atau putih bergrafis merah. Detail lainnya, sepert velg memakai laburan kelir emas.

Soal harga, saat itu banderolnya Rp 54,6 juta. Tapi kini harga jualnya mencapai Rp 59-60 jutaan.

Vespa Primavera Sean Wotherspoon

Dari seluruh edisi spesial di seri Vespa Primavera, bisa disebut Vespa Primavera Sean Wotherspoon yang paling tenar dan mahal. Bukan saja karena model ini dirancang bersama desainer subkultur kenamaan, Sean Wotherspoon.

Baca juga : Modal Rp 150 Jutaan, Pilih Vespa GTS Super Tech 300 2021 Yang Bertenaga Atau Si Klasik Royal Alloy TG300S 2021?

Ini Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Pernah Dijual Di Indonesia, Harga Bekasnya Lebih Mahal? 08

Vespa Primavera Sean Wotherspoon identik jadi tunggangan selebritis, termasuk Justin Bieber

Ada alasan lain model dengan kombinasi warna menyolok ini berbanderol tinggi dan ludes dalam waktu singkat. Yaitu lebih pada faktor pembelinya yang terdiri dari influencer, termasuk bintang pop dunia, Justin Bieber.

Saat itu, harganya cukup tinggi dibanding versi standarnya, yakni Rp 85 juta. Tapi harga bekasnya langsung melonjak, bahkan kini estimasinya bisa mencapai dua kali lipat harga barunya.

Sehingga bisa dibilang, mengoleksi edisi terbatas dari Vespa adalah sebuah investasi. Anda setuju?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });