window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Konsumsi BBM Vespa GTS Super Tech 300 2021 Bisa Irit Loh, Ini Buktinya

Harry · 15 Jun, 2021 12:00

Tak ada yang meragukan status Vespa GTS Super Tech 300 2021 sebagai Vespa paling kencang yang pernah dibuat oleh pabrikan asal Italia itu. Tapi bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya?

Konsumsi BBM Vespa GTS Super Tech 300 2021 Bisa Irit Loh, Ini Buktinya 01

Vespa GTS Super Tech 300 masih terbilang irit bahan bakar.

Soal performanya harus diakui jika skuter satu ini memang jempolan, dan memuaskan penikmat akselerasi. Kala mencobanya selama lebih dari satu minggu, kami merasakan layaknya mengendarai skuter kecil yang mesinnya telah bore up sampai 300 cc.

Baca juga : Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara!

Respon mesin instan dan galak. Tak mengherankan jika Vespa sampai membekalinya dengan ASR (Anti Slip Regulation) sebagai pengawal dan pencegah roda belakang selip karena over power.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Konsumsi Bahan Bakar Vespa GTS Super Tech 300

Menariknya, kinerja mesin ini sedikit diluar kodrat. Jika biasanya mesin kencang identik dengan konsumsi bahan bakar yang boros, kami justru merasa kinerjanya terbilang efisien.

Konsumsi BBM Vespa GTS Super Tech 300 2021 Bisa Irit Loh, Ini Buktinya 01

Mesin 278,3 cc serasa pakai mesin bore up.

Raihan rata-rata 25 km/liter dengan bahan bakar oktan 92 sudah sangat memuaskan. Apalagi kala mengingat cara berkendara kami yang cenderung agresif dan suka merasakan akselerasinya.

Baca juga : Semakin Dekat ke Indonesia, Vespa Edisi 75 Tahun Meluncur di Thailand

Bahkan capaian tersebut juga termasuk kala kami mengujinya untuk mengambil data akselerasi. Ya tentu saat pengambilan data akselerasi, kami menyiksa mesin ini selama beberapa kali dengan tuas gas dibuka mentok.

Konsumsi BBM Vespa GTS Super Tech 300 2021 Bisa Irit Loh, Ini Buktinya 02

Vespa GTS Super Tech 300 2021 dilepas Rp 150 jutaan.

Dengan kapasitas tangki 8,5 liter, maka setidaknya motor ini bisa melaju hingga 212,5 km dengan satu tangki penuh. Tentunya jika digunakan secara wajar, konsumsi bahan bakar dari Vespa GTS Super Tech 300 ini akan lebih irit lagi.

Baca juga : Video Baru MotoFun Menjajal Vespa Terkencang dan Canggih, Spesifikasinya Istimewa

Spesifikasi Mesin Vespa GTS Super Tech 300 2021

Berbicara mengenai spesifikasi jantung mekanis yang digunakan, Vespa GTS Super Tech 300 ini mengandalkan mesin 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan. Kapasitas mesin murninya yaitu 278,3 PS dengan piston 75 mm dan langkah piston 63 mm.

Konsumsi BBM Vespa GTS Super Tech 300 2021 Bisa Irit Loh, Ini Buktinya 03

Konsumsi BBM rata-rata mencapai 25 km/liter.

Daya maksimal yang bisa dihasilkan sebesar 23,8 PS pada putaran 8.250 rpm, dengan torsi maksimal hingga 26 Nm pada putaran 5.250 rpm. Tenaga tersebut disalurkan menuju roda belakang lewat transmisi otomatis CVT.

Baca juga : Mewahnya Vespa Primavera 2021 dan GTS Super Tech 300 2021 Edisi 75 Tahun, Pakai Ban Serep Lagi?

Spesifikasi Vespa GTS Super Tech 300 2021
Dimensi
Panjang 1.950 x 700 x 1.150 mm
Lebar 755 mm
Sumbu Roda 1.375 mm
Tinggi Tempat Duduk 790 mm
Berat Kering 148 kg
Kapasitas Tangki 8,5 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup
Kapasitas 278,3 cc
Diameter x Langkah 75 x 63 mm
Tipe Pendingin Cairan
Transmisi Otomatis CVT
Tenaga Maksimum 23,8 PS @ 8.250 rpm
Torsi Maksimum 26 Nm @ 5.250 rpm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe sasis Monokok
Suspensi Depan Tunggal, pegas helikal
Suspensi Belakang Ganda
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Ban Depan 120/70-12
Ban Belakang 130/70-12
Harga Rp 154,2 juta
*harga on the road Jakarta

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });