Intip Pengembangan Motor Petarung MotoGP 2022, Honda Paling Jelimet!
Ary · 21 Jan, 2022 14:00
0
0
Honda terlihat paling banyak melakukan pengujian di Jerez.
Honda juga menguji knalpot baru, begitu juga Ducati.
Kurang dari dua bulan lagi ajang MotoGP 2022 bergulir. Berbagai persiapan pun dilakukan tim dan sudah terlihat semenjak tes pramusim Jerez (18-19 November 2022). Termasuk pula pengembangan motor petarung MotoGP 2022.
Berdasarkan pemberitaan dari situs resmi MotoGP, seluruh tim tampak fokus dalam hal ini. Termasuk pula Honda yang rupanya paling jelimet dibanding tim lain. Selain sasis dan mesin, motor Honda versi 2022 juga sudah menggunakan aero kit baru berikut dengan desain jok, knalpot dan bodi belakang anyar.
Item yang benar-benar baru dipakai Honda pun terlihat manakala sang kuda besi jalani tes. Yap, terdapat mass damper di bagian belakang motor. Sumber serupa menyebut, sematan itu ditujukan untuk meningkatkan grip ban belakang. Yang mana dinilai menjadi salah satu kelemahan motor Honda.
Bukan cuma itu. Para insinyur Honda pun merombak dudukan mesin di mana kini terdapat di atas mesin, namun terletak di bawah poros lengan ayun. Disebut mereka, komposisi demikian berbeda dibanding motor Honda sebelumnya.
Diferensiasi Honda RC213V 2022 jua tampak pada saluran buang. Knalpot bagian atas motor sekarang didesain keluar ke bagian samping. Dan, terdapat pula katup mekanis yang dapat dibuka-tutup. Pada waktu tertentu, fungsinya adalah mengoptimalkan engine brake.
Ducati
Tes pramusim MotoGP 2022 pertama lalu pun dimanfaatkan Ducati untuk mengembangkan Desmosedici. Dalam dua hari pengujian lalu, pabrikan Bologna tampak mencoba beberapa item. Selain paketan bodi baru, mereka juga mencicipi knalpot dengan bentuk lebih panjang dari sebelumnya.
Ada kemungkinan pengaplikasian tersebut dilakukan untuk meredam kebuasan torsi mesin Ducati Desmosedici. Dengan kata lain, penyaluran daya lebih tepat guna. Selain itu, pengembangan juga ditujukan terhadap perangkat holeshot yang bermanfaat untuk meredam gejala wheelie (terangkatnya roda depan).
Aprilia
Sama seperti Ducati, Aprilia pun menjajal knalpot terbaru peruntukkan Aprilia RS-GP. Mereka pun melakukan uji coba terhadap sasis meski belum kolaborasikan dengan mesin 2022.
Yang tak kalah menarik, pabrikan Noale memboyong tiga paket aero kit. Dua diantaranya benar-benar baru karena punya desain winglet lebih kecil ketimbang motor versi 2021.
Yamaha
Lain halnya dengan Yamaha. Di tespramusim tersebut, Yamaha kelihatan memperkuat sektor sasis. Seperti pelaporan pihak MotoGP, las pada rangka Yamaha YZR-M1 2022 lebih banyak, berbeda dengan model 2021.
Ada probabilitas ini diterapkan untuk meningkatkan grip ban belakang sekaligus mengurangi permasalahan pada sektor depan motor. Di samping itu, ada pula fairing baru yang jauh lebih aerodinamis.
Sementara petarung MotoGP 2022 lain seperti Suzuki dan KTM, belum banyak melakukan pengujian di Jerez kali itu. Suzuki sendiri disebut masih fokus memaksimalkan area sasis.
Sedangkan pada kubu KTM, tes tersebut dijalaninya untuk menguji bodi kit terbaru. Selain winglet di bagian depan, ada pula sayap tambahan di fairing. Tentu akan ada pengembangan lanjutan dari masing-masing tim, mengingat tes pramusim MotoGP 2022 masih akan berlangsung di Sepang (5-6 Februari 2022) dan Mandalika (11-13 Februari 2022).
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!