window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Asal Putar, Begini Cara Pakai dan Rawat Kunci Keyless Yang Benar

Harry · 24 Des, 2021 14:33

Jangan Asal Putar, Begini Cara Pakai dan Rawat Kunci Keyless Yang Benar 01

Kunci keyless lebih aman dan canggih.
  • Hindari remote dari benturan dan air.
  • Memaksa knop bisa merusak mekanis.

Smart Key System atau yang biasa disebut dengan kunci keyless dulunya merupakan fitur mewah, yang hanya tersemat pada motor-motor mahal. Tapi kini, fitur kunci canggih itu sudah mulai diterapkan pada motor-motor umum yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Umumnya dengan penggunaan keyless, untuk menghidupkan motor, pemilik cukup menyimpan remote pada saku atau tas, dan selama remote terdeteksi denagn dengan unit motor, maka tinggal memutarkan knop kunci menuju posisi ON dan motor pun bisa digunakan.

Baca juga : Perhatikan Komponen Ini Pasca Motor Terkena Abu Vulkanik Erupsi Gunung Semeru

Tapi tentu yang namanya teknologi relatif baru, banyak masyarakat awam yang masih belum paham 100% bagaimana cara menggunakan, cara merawatnya agar komponen tersebut awet. Berikut beberapa tips merawat kunci keyless yang bisa kalian terapkan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Jangan Asal Putar, Begini Cara Pakai dan Rawat Kunci Keyless Yang Benar 01

Jangan putar paksa knob keyless jika tak ada remote.

1. Jangan Putar Paksa Knop

Sering terjadi knop kunci diputar, padahal remote jauh dari jangkauan motor. Tentunya tindakan ini bisa merusak mekanis knop dan bikin doll. Kalau sudah doll, maka maj tak mau harus ganti sistem keyless satu set dengan yang baru. Artinya dana besar akan keluar dari tabungan karena kerusakan ini.

2. Jaga Remote Dari Benturan dan Air

Rumah kunci jelas tahan air, tapi tidak dengan remote kunci yang harus disimpan di tempat kering dan hindari dari benturan karena terjatuh. Meski remote sudah diberi seal anti air, namun mencegahnya rusak karena arus pendek lebih baik bukan?

Baca juga : Pahami Etika yang Benar Pakai Lampu Jauh, Salah Kaprah Kalau Dinyalain Terus Sob!

3. Hindari Radiasi Elektromagnet

Pastikan lokasi untuk menghidupkan motor jauh dari radiasi elektromagnet, yang bisa mengganggu sinyal remote menuju motor dan motor tak bisa dihidupkan. Contoh benda yang memancarkan radiasi elektromagnet diantaranya adalah smartphone, tv dan menara pemancar sinyal.

Jangan Asal Putar, Begini Cara Pakai dan Rawat Kunci Keyless Yang Benar 02

Posisikan knop ke OFF jika tak menggunakan motor.

4. Pastikan Knop Pada Posisi Off

Sering kejadian saat terburu-buru, posisi knop kontak posisi tengah-tengah antara ON dan OFF, yang biasanya merupakan posisi untuk membuka jok atau tangki. Walau mesin sudah mati, remote tetap memancarkan sinyal dan bisa membuat remote cepat habis baterai.

Untungnya pada sejumlah motor, jika knop terlalu lama pada posisi tersebut, akan timbul suara Tiit...Tiit...Tiit... Sebagai sinyal kepada pemilik moor, supaya memposisikan knop ke OFF.

Baca juga : Kepingin Kawasaki Ninja ZX-25R Tampil Beda, Coba Pakai Livery Tim WSBK Ini

5. Cek Baterai Remote

Memang tak ada indikator baterai pada remote, namun gejala baterai mulai melemah bisa diketahui dari radius remote dan motor yang semakin memendek. Jika sudah merasa seperti ini, baiknya langsung ganti baterai remote dengan yang baru.

Jangan Asal Putar, Begini Cara Pakai dan Rawat Kunci Keyless Yang Benar 03

Baterai remote keyless perlu diperiksa kondisinya.

Motor Pengguna Pakai Smart Key

Setidaknya sudah ada banyak motor dengan harga terjangkau yang menggunakan sistem kunci keyless ini. Harganya dari Rp 20 jutaan seperti Honda Scoopy 2022, Yamaha Freego S ABS, Yamaha Lexi S ABS sampai Yamaha Nmax 155 atau Honda PCX 160.

Slah satu keunggulan yang jadi daya tarik utama sistem kunci ini adalah keamanannya, karena tak bisa dibobol oleh maling. Kunci letter T andalan si maling belum bisa menembus smart key system.

Baca juga : Jangan Asal, Motor Matic Lepas Filter Udara Bikin Tarikan Enteng Tapi Resikonya Tinggi!

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });