window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kenali Sederet Masalah di Kunci Kontak Motor, Sepele Tapi Ngeselin!

Ilham · 3 Mei, 2023 08:30

Kenali Sederet Masalah di Kunci Kontak Motor, Sepele Tapi Ngeselin! 01

Kunci motor kerap absen dirawat.
  • Kunci kontak motor perlu dirawat juga.
  • Debu dan kotoran kerap jadi biang masalah.

Meski saat ini banyak motor baru yang sudah mengandalkan sistem keyless, namun tak sedikit masih yang punya kunci kontak konvensional. Sayangnya, komponen ini kerap absen dirawat.

Padahal terkadang beberapa masalah kerap muncul di kunci kontak. Yang walaupun sepele tapi bisa membuat aktivitas berkendara jadi terganggu. Ngeselinkan jadinya?

Seperti dijelaskan Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora selaku main dealer motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman yang mengatakan, jika bagian ini juga sangat penting.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Karena berfungsi untuk menyalakan sepeda motor saat akan bepergian, dan sekaligus mematikan kelistrikan baik saat berhenti atau parkir," katanya.

Padahal untuk menjaga kondisi kunci kontak tetap normal, cukup dengan memberikan cairan penetran atau pelumas pada lubang kunci yang rutin. Lalu menjaga parkir motor agar terhindar dari debu atau kotoran yang masuk kedalam lubang kunci.

Tapi penyakit apa saja yang kerap mengganggu kinerja kunci kontak ya?

Baca Juga: Awas, Selang Hawa CVT Jangan Sampai Mampet, Ini Bahayanya!

Kunci Kontak Longgar

Masalah ini kerap terjadi pada sepeda motor keluaran lama yang masih dipakai saat ini. Efeknya, bisa menyebabkan anak kunci terjatuh saat berkendara.

Penyebabnya karena faktor umur dan sering dipakai. Sehingga membuat material anak kunci kontak menjadi aus begitu juga di bagian dalam rumah kuncinya.

Kenali Sederet Masalah di Kunci Kontak Motor, Sepele Tapi Ngeselin! 01

Anak kunci motor lawas kerap pendek dan mudah longgar

Tak sedikit juga jika kunci motor digabungkan dengan gantungan kunci yang berat, atau beragam kunci lain. Hal tersebut menyebabkan kunci kontak sepeda motor akan mendapat beban dari kunci lainnya yang tergantung bersamaan. 

Jika masalah ini hadir di motor baru, biasanya kunci kontak longgar adalah pernah memasukan benda lain secara paksa. Misalnya hampir dicuri dengan dipaksa pakai kunci T, atau kunci motor lain. Ini membuat lubang menjadi longgar dan anak kunci mudah lepas.

Baca Juga: Ini Kuncinya Motor Tetap Enak Selepas Dipakai Mudik Lebaran

Kunci Kontak Macet

Pernah seret atau macet saat memasukan anak kunci ke dalam rumah kunci? Bahkan kunci stuck dan tidak bisa diputar ke kanan atau ke kiri? Nah, kalau masalah yang umum ini sebenarnya disebabkan oleh kotoran.

Yup, biasanya terdapat kotoran didalam kunci akibat masuk melalui air hujan atau saat mencuci sepeda motor. Masalah ini harus ditangani secara hati-hati karena berpotensi mengalami patah kunci jika dikeluarkan secara paksa.

Kenali Sederet Masalah di Kunci Kontak Motor, Sepele Tapi Ngeselin! 02

Rawan kemasukan kotoran.

Solusinya, cukup memberikan cairan penetran kedalam lubang kunci. Lalu diamkan sebentar kemudian goyang-goyangkan hingga longgar lalu cabut secara perlahan. 

Sesudah lepas, berikan cairan penetran lebih banyak ke dalam lubang kunci supaya kotoran atau benda yang masuk kedalamnya bisa keluar.

Kunci Kontak Patah

Selain itu, masalah lainnya yang ditemui seperti kunci kontak yang patah. Biasanya karena macet kemudian diputar atau dicabut secara paksa bisa menyebabkan anak kunci patah dan tertinggal di dalam lubang kunci.

Kenali Sederet Masalah di Kunci Kontak Motor, Sepele Tapi Ngeselin! 03

Matic entry level masih berkunci konvensional

Solusinya, patahan harus dikeluarkan secara hati-hati. Caranya bisa dengan memberikan cairan pelumas atau penetran kemudian cabut menggunakan pinset atau tools lainnya. Jika sulit, sebaiknya panggil tukang kunci.

Motor Tidak Menyala

Ketika posisi kunci “ON” namun motor tidak menyala dengan indikasi tampilan spidometer juga tidak menyala seperti biasa, ada indikasi masalah pada bagian kelistrikan. Kemungkinan akinya soak. 

Tapi tak jarang salah satu soket penyambung kabel pada kunci kontak terlepas, putus atau mengalami kerusakan. Sehingga perlu dicek lebih lanjut untuk mengetahui sumber kerusakannya.

Nah, banyak juga kan masalah dari kunci kontak. Makanya yuk, dirawat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });