window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mulai Rp 18 Jutaan, Ini 4 Motor Matic Suzuki yang Bisa Dipilih!

Fariz · 28 Mar, 2023 13:30

Mulai Rp 18 Jutaan, Ini 4 Motor Matic Suzuki yang Bisa Dipilih! 01

Pilihan motor matic Suzuki
  • Suzuki Nex II jadi yang termurah.
  • Terkenal akan komponennya yang kuat.

Motor Suzuki terkenal akan komponennya yang punya kekuatan dan build quality lebih baik dibanding para kompetitornya. Baik itu komponen mesin maupun komponen bodi memang tergolong lebih ‘bandel’.

Ketersediaan motor tipe matic dari Suzuki yang masih dijual, memberikan penjelasan tentang pilihan yang tersedia bagi konsumen yang ingin berkendara dengan praktis menggunakan kendaraan tersebut.

Diketahui bahwa Suzuki masih menjual empat tipe motor matic dengan kisaran harga yang bervariasi, mulai dari yang paling terjangkau di sekitar Rp 18 jutaan hingga yang hampir mencapai Rp 30 juta.

Informasi ini bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencari motor tipe matic dan ingin mempertimbangkan pilihan dari Suzuki.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Namun, di sisi lain, artikel juga menyoroti masalah yang dihadapi oleh konsumen Suzuki, yaitu penutupan dealer Suzuki di beberapa daerah.

Hal ini menjadi kendala bagi sebagian konsumen karena sulitnya akses untuk memperoleh layanan purna jual, termasuk membeli suku cadang dan melakukan perbaikan kendaraan.

Masalah semakin diperparah dengan jarangnya ketersediaan komponen kualitas kedua atau KW dari motor Suzuki, yang membuat konsumen kesulitan mencari alternatif saat memerlukan penggantian suku cadang yang tidak tersedia secara resmi.

Kesulitan ini bisa menjadi pertimbangan bagi calon konsumen yang mempertimbangkan untuk membeli motor Suzuki, terutama jika mereka tinggal di daerah di mana dealer Suzuki sudah tutup.

Solusi dari hal tersebut sebenarnya cukup mudah, karena seluruh komponennya bisa dipesan dan dibeli melalui aplikasi My Suzuki. Tapi memang sedikit rumit bagi orang awam karena harus mencari secara detail dan melihat part katalognya satu persatu. Lantas apa saja pilihan motor matic dari Suzuki? 

Suzuki Nex II

Matic pertama yang bisa dilirik ada Suzuki Nex II (Spesifikasi | Berita) yang hadir dalam 4 pilihan varian. Pertama ada varian Standar dan varian Elegant yang dibanderol Rp 18,081 juta, varian Elegant Premium seharga Rp 18,636 juta, dan varian Fancy Dynamic Rp 18,888 juta. Kesemua harga tersebut untuk on the road DKI Jakarta dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca juga: Suzuki Smash FI 2023 Punya Warna Baru, Begini Penampilannya

Mulai Rp 18 Jutaan, Ini 4 Motor Matic Suzuki yang Bisa Dipilih! 01

Suzuki Nex II punya desain agresif

Suzuki Nex II menawarkan sensasi berkendara yang lincah berkat dimensinya yang ramping dan bobot ringan, tercatat hanya 93 kg. Dengan begitu untuk dipakai sehari-hari dengan kondisi bermacet-macetan tidak akan terlalu menguras tenaga pengendaranya.

Mesinnya pakai 1 silinder, SOHC 2 katup, pendingin udara, dan tentu saja fuel injection. Kapasitas mesinnya 113 cc yang cukup untuk penggunaan sehari-hari maupun perjalanan jauh.

Sayangnya motor ini belum dibekali dengan fitur modern. Seperti lampu penerangannya yang belum full LED, spidometer masih analog, belum disematkan keyless, bagasi yang tidak terlalu besar, dan tangki bensin yang hanya 3,6 liter.

Suzuki Address

Buat yang ingin tampil lebih elegan, bisa memilih Suzuki Address (Spesifikasi | Berita) yang hadir dalam 3 piliha tipe. Pertama ada tipe Standard dengan harga Rp 18,913 juta, tipe Predator Series seharga Rp 19,341 juta, dan tipe Playful Rp 19,492 juta on the road DKI Jakarta.

Baca juga: Akhirnya Jualan, Suzuki V-Storm SX 250 Sudah Bisa Dipesan, Harga Rp 59,99 Juta!

Mulai Rp 18 Jutaan, Ini 4 Motor Matic Suzuki yang Bisa Dipilih! 02

Suzuki Address punya desain elegan khas matic eropa

Address punya desain bodi yang lebih membulat dan elegan jika dibandingkan dengan Nex II. Tapi pada Address Playful dilengkapi dengan body kit yang punya desain sedikit lebih sporty dengan sudut tajam dan lekuk cukup agresif.

Elegannya desain dari Address ini sejalan dengan produknya yang dijual di eropa, sehingga cocok dengan selera market sana. Keunggulan dari matic satu ini adalah posisi berkendara yang nyaman dan ruang bagasi serta tangki bensin besar.

Ruang bagasi di bawah joknya berkapasitas 20,6 liter yang bisa menampung sebuah helm full face, dua buah kompartemen di sisi depan juga cukup mumpuni untuk menaruh botol minum atau barang bawaan kecil lainnya.

Kapasitas tangki bensin mencapai 5,2 liter dikombinasi mesin 113 cc yang irit bahan bakar membuatnya jadi jarang mampir pom bensin. Tenaga mesin cenderung flat di putaran rendah namun terasa mengisi di putaran tengah hingga atas.

Kelemahannya sama seperti Nex II, belum dilengkapi dengan fitur modern. Jadi kurang cocok untuk para penikmat fitur modern.

Suzuki Nex Crossover

Bagi yang ingin tampil beda, coba bisa tengok varian Nex Crossover. Mengambil basic dari Suzuki Nex II namun dibekali dengan beberapa komponen yang berbeda sesuai dengan konsepnya, yaitu crossover.

Baca juga: Kenalan Sama Suzuki Raider 125, Ayam Jago Senior Satria F150

Mulai Rp 18 Jutaan, Ini 4 Motor Matic Suzuki yang Bisa Dipilih! 03

Dengan tampilan ala crossover

Matic ini dibanderol Rp 19,695 juta on the road DKI Jakarta. Komponen paling berbeda yang ada pada motor ini adalah penggunaan setang pipa model telanjang dan punya posisi cukup tinggi.

Ini memberikan posisi berkendara yang lebih santai dan nyaman. Setang telanjangnya dikombinasi dengan spidometer full digital yang punya lampu latar oranye.

Kemudian ada penggunaan ban dengan pola dual purpose yang siap melewati jalur on road maupun light off road. Pembeda lain ada pada warna kaliper dan per suspensi belakang yang diberi kelir merah menyala.

Selebihnya motor ini punya fitur dan spesifikasi yang sama dengan Nex II.

Suzuki Avenis 125

Kemudian untuk matic terbaru dari Suzuki ini ada Avenis 125 yang dijual dengan harga Rp 29,970 juta. Motor ini memiliki dimensi yang compact namun tetap ingin tampil sporty dengan desain bodi penuh lekukan agresif.

Baca juga: Bikin Iri Bikers Indonesia, Matic Retro Suzuki Sui 125 Rilis di Taiwan

Mulai Rp 18 Jutaan, Ini 4 Motor Matic Suzuki yang Bisa Dipilih! 04

Pakai kombinasi roda 12 inci dan 10 inci

Kemudian ada penggunaan spidometer full LED, lampu LED pada lampu utama, DRL, dan lampu rem, penggunaan engine cut off, Combined Brake System (CBS), dan mesin 125 cc terbaru dengan sebutan Suzuki ECO Performance (SEP).

Yang unik dari motor ini adalah lubang pengisian bahan bakarnya yang ada di atas lampu rem. Dengan begitu proses pengisian bahan bakar tidak perlu membuka jok terlebih dulu, ini juga membuat kapasitas bagasinya menjadi 21,8 liter.

Motor ini didatangkan dari India, di sana tidak jarak matic menggunakan lingkar roda belang dan kecil. Seperti Avenis 125 ini yang menggunakan roda depan 12 inci dengan ban 90/90-12 dan roda belakang 10 inci dengan ban 90/100-10.

Kesimpulan

Suzuki menawarkan empat tipe motor matic yang beragam, mulai dari yang paling terjangkau hingga yang lebih premium dengan harga berkisar antara Rp 18 jutaan hingga hampir Rp 30 juta.

Meskipun Suzuki dikenal dengan kekuatan dan kualitas komponen yang baik, tetapi ada kendala terkait penutupan dealer Suzuki di beberapa daerah, menyebabkan sulitnya aksesibilitas untuk layanan purna jual dan pembelian suku cadang.

Masalah ini semakin diperparah dengan jarangnya ketersediaan komponen kualitas kedua atau KW, yang membuat konsumen kesulitan mencari alternatif saat membutuhkan penggantian suku cadang yang tidak tersedia secara resmi.

Kendati demikian, mesin-mesin Suzuki masih diminati karena kehandalannya, terutama bagi mereka yang menginginkan kendaraan yang kokoh dan awet.

Dari empat pilihan yang tersedia, Suzuki Nex II mungkin menjadi pilihan yang paling cocok bagi mereka yang mencari motor matic ekonomis dengan harga terjangkau.

Dengan desain yang lincah, mesin yang irit bahan bakar, dan bobot yang ringan, Nex II cocok untuk penggunaan sehari-hari, terutama dalam kondisi perkotaan yang padat.

Meskipun belum dilengkapi dengan fitur-fitur modern, Nex II menawarkan nilai yang baik bagi mereka yang membutuhkan kendaraan matic yang handal dan hemat.

Bagi yang mencari kenyamanan dan desain yang lebih elegan, Suzuki Address dapat menjadi pilihan yang lebih baik dengan posisi berkendara yang nyaman dan ruang bagasi yang besar.

Tinggal pilih deh…

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });