window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Muncul di India, TVS Ronin Garapan Builder Indonesia Tampil Keren

Ilham · 14 Mar, 2023 12:00

Muncul di India, TVS Ronin Garapan Builder Indonesia Tampil Keren 01

Modifikasi TVS Ronin Musashi
  • TVS Ronin siap dijual di Indonesia tahun ini.
  • Dianggap cocok untuk penggemar modifikasi.

Motor jenis scrambler, TVS Ronin memang rencananya akan dijual di Indonesia tahun ini. Hal tersebut terkuak dari bocoran deretan motor dari dari TVS Indonesia dan paten desainnya pun sudah terdaftar.

Menariknya, meski saat ini belum dijual resmi di Indonesia, namun rumah modifikasi asal Bali, Smoked Garage sudah kebagian unitnya untuk digarap. Motor yang dijuluki TVS Ronin Musashi ini pun langsung dikenalkan di ajang TVS Moto Soul pekan lalu di Goa, India.

Baca Juga: Sosok TVS Ronin yang Makin Dekat ke Indonesia, Patennya Sudah Terdaftar

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Rombakannya Cukup Radikal

Smoked Garage dikenal sebagai modifikator yang menggarap bermacam jenis motor. Mulai dari custom motor bergenre klasik seperti Royal Enfield hingga skuter matic Italjet Dragster sukses dirombaknya.

Muncul di India, TVS Ronin Garapan Builder Indonesia Tampil Keren 01

Ubahan yang dilakukan Smoked Garage membuat sosok motor tersebu tampil keren, mulai dari sekadar penambahan aksesoris dan warna bodi, hingga custom yang terlihat radikal. Nah, di TVS Ronin Musashi ini, Smoked Garage coba menghadirkan modifikasi yang cukup frontal tanpa menghilangkan ciri khasnya.

TVS dalam akun Instagram resminya menyebut jika Smoked Garage dari Indonesia telah menonjolkan sisi khas dari Ronin Musashi. Di mana secara harfiah diterjemahkan menjadi pendekar pedang yang tak terkalahkan.

Smoked Garage mengungkapkan jika filosofi di balik nama tersebut hadir dari nama samurai Jepang yang terkenal, Miyamoto Musashi. Pendekar dengan dua katana ini kerap disebut sebagai samurai yang tak memiliki tuan, atau ronin. 

Muncul di India, TVS Ronin Garapan Builder Indonesia Tampil Keren 02

Bodi dan tangki model one piece yang terintegrasi

Hal ini yang diangkat menjadi tema modifikasi di motor bermesin 225 cc tersebut. Sehingga bisa dilihat jika tema scrambler yang bebas dipacu di jalan raya atau medan berat pun hadir di motor tersebut.

Modifikasi yang dilakukan mulai dari bodi dan tangki yang dibuat terintegrasi secara one piece dengan finishing alumunium. Lalu adanya penambahan panel serat karbon.

Suspensi belakang horizontal untuk mengimbangi up side down bawaan di depan. Peleknya memakai model jari-jari dengan lapisan ban lebar berukuran 120/70-18 bertapak dual purpose. 

Muncul di India, TVS Ronin Garapan Builder Indonesia Tampil Keren 03

Bersanding dengan modifikator internasional.

Kemudian motor ini sudah menggunakan knalpot custom dari Smoked Garage. Ada pula cover headlamp yang desainnya mengikuti tampilan asli lampu TVS Ronin.

Baca Juga: Bocoran Motor Baru, TVS Ronin 2023 Bakal Masuk Indonesia Nih!

Cerita Dibalik Modifikasi TVS Ronin Musashi

Nabila Putri sebagai salah satu perwakilan Smoked Garage turut bercerita mengenai program ini yang ternyata prosesnya sudah sejak tahun lalu. Selain itu, peserta yang terpilih pun hanya ada dari Indonesia, India dan Jerman. Seperti unggahannya di Instagram resminya seperti rangkuman berikut ini:

Tahun lalu Smoked Garage dihubungi oleh TVS Motor Company untuk ikut serta dalam TVS Moto Soul 2023. Di event ini, Smoked Garage diminta membangun TVS Ronin yang belum launching di Indonesia, ini menjadi tantangan tersendiri.

Muncul di India, TVS Ronin Garapan Builder Indonesia Tampil Keren 04

Modifikasi ini melibatkan tiga negara, yakni Indonesia, Jerman dan India. Smoked Garage mendapat ruang menciptakan avatar baru dan kami beri nama Musashi! 

Horizontal rear suspension salah satu tantangan design yang dapat direalisasikan oleh Nicko Eigert dan team Smoked Garage yang luar biasa.

Cerita dibalik keindahan alam Indonesia yang saya jahit dalam video sukses mendapat apresiasi tinggi dan rasa penasaran terhadap kecantikan alam Indonesia. 'As director and story teller' I can't make this happen without amazing team behind me.

Keren!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });