window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pro and Cons: Vespa Sprint 150 2021, bukan hanya skuter kecil?

Verenicha · 2 Des, 2020 14:00

Pro and Cons: Vespa Sprint 150 2021, bukan hanya skuter kecil? 01

Vespa merupakan salah satu merek sepeda motor dari Italia yang dari dulu sampai sekarang menjadi idaman para konsumen. Vespa Sprint sebagai salah satu model yang cukup legendaris karna skuter ini sudah mendominasi segmennya selama tahun 60-an hingga 70-an dengan didesainnya yang tampak elegan, dinamis dan juga ada sensasi klasik meski lebih gesit di jalanan.

Sejauh ini skuter asal Italia ini memiliki lima pilihan varian warna, yaitu: Grigio Titanio, Rosso Mat, Rosso Dragon, Monte Bianco, dan Arancio Taormina. Vespa memiliki desain khas yang masih kental dengan nuansa Italia, tak heran jika harga Vespa Sprint 2021 cukup mahal jika dibandingkan dengan skuter dari pabrikan Jepang. Meski demikian, Sprint akan mendapatkan material motor yang memiliki durabilitas cukup tinggi.

Pro and Cons: Vespa Sprint 150 2021, bukan hanya skuter kecil? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Berikut ini adalah tipe harga Vespa Sprint 2021 terbaru

Tipe Vespa Harga Vespa Sprint
Vespa Sprint  Rp47.100.000
Vespa Sprint S Rp49.600.000
Vespa Sprint Racing Sixties Rp54.600.000

Vespa Sprint 2021 Desain

Untuk Desain bodi monocoque dari Vespaera 1950-an ini, sejauh ini tetap dipakai oleh Piaggio karena masyarakat lebih mengenal motor Vespa dengan bentuknya yang penuh lekukan gaya khas yang klasik baik itu di bagian depan atau belakang.

Jadi itu tetap memperlihatkan desain klasik yang khas pada rangka luar Vespa Sprint 150. Namun, ada beberapa perubahan yang dilakukan oleh pihak Piaggio untuk di bagian dalamnya, karna perlu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi modern dan juga kebutuhan dari masyarakat saat ini.

Selain itu, ciri khas lainnya dari skuter Vespa Sprint yang masih tidak dihilangkan adalah lampunya yang maish tetap berbentuk persegi enam dan tampilannya pun tampak elegan, dan modern secara keseluruhan karena dipengaruhi oleh garis bodi yang dibuat lembut, dan juga dengan adanya teknologi yang menyematkan penerangan atau lampu jenis LED yang ukurannya kecil, tapi cahayanya sangat terang di bagian depan dan belakang tampak terlihat lebih modern.

Vespa Sprint 2021 Ride dan Handling

Pada bagian jok Vespa Sprint terasa nyaman dan juga empuk saat dikendarai. Pijakan kakinya pun cukup nyaman dengan menyesuaikan dengan postur dari tubuh, tapi stang sedikit menyudut dan berbeda dengan versi Primavera 150. Posisi center of gravity motor ini agak cenderung lebih rendah dari jenis lainnya. Dengan posisi ini, distribusi bobotnya akan lebih baik sehingga handling bisa berjalan dengan lebih baik. Meskipun bobot kendaraan agak berat, tapi saat digunakan di jalanan akan terasa lebih ringan dan juga bisa lebih santai saat berkendara.

Suspensinya pun sudah dilengkapi dengan adanya enhanced sliding suspension (ESS) yang mampu membuat kemampuan roda dalam mencengkram jalan semakin meningkat dan kenyamanan berkendara lebih baik karena getara di setang direduksi.

Karakter handling Vespa Sprint 150 memberikan sensasi kelincahan bermanuver, sedangkan Vespa GTS Super 150 masih unggul soal stabilitas karna  Vespa Sprint 150 yang memiliki bodi ramping yang memberikan kelincahan handling, ringan dan kemudahan bermanuver. Ini jelas lebih enak dan cocok untuk selap-selip di jalanan perkotaan yang padat.

Vespa Sprint 2021 Performa Mesin dan BBM

Pro and Cons: Vespa Sprint 150 2021, bukan hanya skuter kecil? 01

Berbicara mengenai dapur pacu, Vespa Sprint ditopang dengan mesin i-get generasi terbaru. Kubikasinya sendiri adalah 154,8cc. Dari mesin tersebut, skuter ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 11,8 ps dengan torsi yang mencapai 12 Nm lalu dialirkan ke roda melalui system transmisi CVT (Continous Variable Transmission).

Vespa Sprint 150 sudah menggunakan teknologi I-GET terbaru yang dikembangkan oleh pihak Piaggio. Teknologi ini dipakai untuk mesin dengan kapasitas 150cc dan memiliki 3 katup. Dengan memiliki kapasitas mesin yang cukup besar seperti Primavera 150 bahan bakar yang dibutuhkan pun cukup banyak dan cenderung lebih boros. Kemudian tangki bahan bakarnya mempunyai kapasitas hanya mencapai 8,5 liter.

Vespa Sprint 2021 Pengereman dan Keamanan

Vespa Sprint 150 juga dilengkapi dengan pengereman handal yang menyematkan rem depan bertipe Disc Brake berdiameter 200 mm dengan hydraulic control activated by handlebar right-side lever. Sedangkan untuk bagian rem belakangnya mengandalkan tipe Drum Brake yang berdiameter 140 mm dengan sistem mechanical control activated by handlebar left-side lever Untuk memberikan tingkat keselamatan dalam berkendara.

Kedua rem Vespa Sprint 150 tersebut diklaim bakal mampu memberikan kualitas pengereman yang cukup sempurna. Selain itu, fitur keamanan pun harus disematkan untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan seperti terjadi selip dan akhirnya jatuh di jalanan. Dengan adanya fitur ABS (Anti-lock Braking System), melakukan pengereman mendadak sekali pun tidak risiko tergelincir sangat rendah karena sistem ABS juga membuat motor melakukan perlambatan jauh lebih cepat yang akan membuat aman berkendara di jalanan.

Vespa Sprint 2021 Spesifikasi Lengkap

Dimensi
Panjang 1.860 mm
Lebar 695 mm
Tinggi 790 mm
Jarak Sumbu Roda 1,340 mm
Tinggi Tempat Duduk - - -
Berat - - -
Kapasitas Tangki 9 L
Emisi Euro 3
Rangka
Tipe Rangka - - -
Suspensi Depan Single sided trailing link with hydraulic shock absorber
Suspensi Belakang Shock absorber with adjustable preload with 4 settings
Rem Depan 200-mm disc brake with hydraulic control activated by handlebar
Rem Belakang 140-mm drum brake with mechanical control activated by handlebar
Sistem Pengereman - - -
Ban Depan Tubeless 110/70 – 12”
Ban Belakang Tubeless 120/70 – 12”
Mesin
Tipe Mesin Iget, single cylinder, 4 strokes, 3 valves
Kapasitas Mesin 154,8 cc
Silinder 1
Diameter x Langkah - - -
Perbandingan Kompresi - - -
Tenaga Maksimal 8.7 kW/ 7,500 rpm
Torsi Maksimal 12 Nm/ 5,000 rpm
Tipe Transmisi Automatic CVT (Continuous Variable Transmission)
Tipe Starter Elektrik
Sistem Bahan Bakar Electronic injection
Bahan Bakar Bensin
Kelistrikan
Tipe Baterai / Aki - - -
Sistem Pengapian Electronic Ignition
Tipe Busi - - -

Vespa Sprint 2021 Fitur

Kenyamanan ekstra bakal didapatkan pada vespa yang satu ini dari suspensi yang sudah dilengkapi dengan 4 sistem perubahan, yang mana itu bisa dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara. Selain itu, ada juga instrument panel full digital lengkap dengan berbagai indikator mesin dan  memiliki bagasi ekstra luas yang bisa menampung barang bawaan dalam jumlah banyak, bahkan samapi dengan helm full face sekalipun.

Pro and Cons: Vespa Sprint 150 2021, bukan hanya skuter kecil? 02

Sementara pada bagian headlamp, Piaggio merubah bagian ini dengan desain simetris, dan lampu sen tersemat pada bagian body dengan model memanjang, yang semakin menunjukan kesan lebih modern. Pengeremannya pun telah mengusung perangkat rem cakram yang dibekali fitur ABS untuk semakin memberi rasa aman pada pengendaranya ketika dipacu di jalan dengan kondisi basah.

Vespa Sprint 2021 Kelebihan

1. Memiliki jok dan dek yang lapang

2. Panel instrumen yang futuristik dengan konsep yang memadukan antara klasik dan modern.

3. Sektor kaki-kaki dengan traksi maksimal  yang menambah keamanan dan kenyamanan berkendara di dalam kota.

4. Performa mesin handal

5. Rem cakram dibekali fitur ABS untuk keamanan ketika dipacu di jalan dengan kondisi basah

6. Material berdurabilitas tinggi

Vespa Sprint 2021 Kekurangan

1. Konsumsi bahan bakar agak boros

2. Harga sedikit mahal dibandingkan dengan skuter dari pabrikan Jepang

3. Perawatan agak susah, karena sparepart jarang

4. Jaringan bengkel tak sebanyak merek Jepang

Kesimpulan

Meskipun mesin yang digunakan hanya berkapasitas 150cc dan tidak berbeda jauh dengan Yamaha NMAX. Namun, harga Vespa Sprint yang dibanderol cukup menguras kantong Ini dikarenakan desain classic yang dimilikinya, dan Vespa Sprint juga merupakan unit CBU, maka pantas saja jika harga vespa sprint dibanderol lumayan mahal dari sekuter pabrikan lainnya. Secara keseluruhan motor ini cocok untuk dipakai aktifitas sehari-hari dan juga untuk berkendara dengan santai di jalanan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });