window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Serba-Serbi Suzuki Let's, Matic Retro Pertama Bermesin Injeksi

Ilham · 21 Jul, 2023 10:00

Suzuki Let's punya tampang retro

Suzuki Let's punya tampang retro
  • Hadir di Indonesia tahun 2012-2014.
  • Mesinnya berbasis Suzuki Nex.

Suzuki Let's jadi produk yang pernah dijual PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), motor tersebut mengisi segmen motor bergenre skuter retro modern.

Saat ini pengisi segmen tersebut di Indonesia cukup beragam, mulai dari Honda Scoopy , Benelli Panarea dan Vespa. Serta ada Yamaha Fino dan keluarga Classy mereka.

Nama Suzuki Let's sendiri muncul sekitar 10 tahun lalu, sayangnya motor berbasis Suzuki Nex itu tak berusia panjang.

Padahal baik dari segi desain hingga fitur yang ditawarkan terbilang mumpuni untuk menantang pesaingnya. Bahkan saat itu, Suzuki Let's jadi satu-satunya matic retro bersistem injeksi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Soal harga pun sebenarnya bersaing. Dimana saat itu harganya dibuka dengan harga Rp 13,95 juta di tipe Sporty dan Rp 14,15 juta pada model Premium dengan status on the road Jakarta.

Harga itu bersaing dengan Honda Scoopy yang di tahun 2012 masih dilepas di harga Rp 13,75 juta dan Yamaha Fino dengan Rp 13,5 juta.

Mesin Berbasis Suzuki Nex Injeksi

Tahun 2012, Suzuki Nex injeksi mengaspal. Dan mesinnya pun turut dicangkok pada Suzuki Let's. Hal ini membuat Let's menjadi matic retro pertama yang bermesin injeksi.

Serba-Serbi Suzuki Let's, Matic Retro Pertama Bermesin Injeksi 01

Hadir juga di Thailand

Pasalnya tahun 2012, baik Yamaha Fino dan Honda Scoopy masih bersistem karburator. Mesin Let's sendiri bertipe 4 tak, SOHC, 113cc dengan pendingin udara.

Ukuran bore x stroke 51,0 x 55,2 mm dengan rasio kompresi 9,4 : 1. Mesin baru ini dirancang emisi gas buang lebih rendah. Serta hemat BBM.

Tenaga mesinnya mencapai 9,4 PS di 8.000 rpm dengan torsi maksimal 8,7 Nm per 6.000 rpm. Sementara transmisinya memakai CVT otomatik.

Baca Juga: Prediksi Line Up Harley-Davidson di GIIAS 2023, Ada yang Paling Murah?

Dimensi Suzuki Let's

Sama seperti kompetitornya yang mengusung dimensi kompak untuk penggunaan dalam kota, serta kemudahan berkendara bagi kaum wanita. Hal ini ditandai dengan tinggi jok 740 mm dan ground clearance 135 mm.

Serba-Serbi Suzuki Let's, Matic Retro Pertama Bermesin Injeksi 02

Pilihan warnanya berani

Sementara ukuran panjangnya 1.845 mm dan lebar 680 mm. Serta 1.040 mm untuk lebarnya. Kombinasi bannya mirip Suzuki Nex berikut pelek palang tiganya. Di depan berukuran 70/90-14 dan belakang 80/90-14.

Fitur Komplet Suzuki Let's

Dari segi fitur pun, Suzuki Let's terbilang komplet saat hadir di 2012 lalu. Seperti hadirnya fitur lampu otomatis atau AHO.

Lalu bagasi bawah jok serba guna bervolume 5,4 liter dengan kemampuan menyimpan barang dan jas hujan.

Serba-Serbi Suzuki Let's, Matic Retro Pertama Bermesin Injeksi 03

Desain ala Suzuki Hayabusa.

Lalu ada dua rak penyimpanan di tebeng belakang yang bisa menyimpan botol minum. Serta adanya hook untuk cantelan barang.

Baca Juga: Moge Murah Kawasaki Z900RS 2024 Tampil Kontras

Sejarah Singkat Suzuki Let's

Suzuki Let's resmi dirilis pada bulan Oktober 2012. Dari segmen skuter matic retro produk dari pabrikan Jepang, Suzuki Let's hadir paling belakangan ketimbang Honda Scoopy dan Yamaha Fino.

Desainnya sedikit berbeda dari para pesaingnya dengan kesan sporty kental yang uniknya, justru terinspirasi dari moge sport fairing, Suzuki Hayabusa 1300R.

Serba-Serbi Suzuki Let's, Matic Retro Pertama Bermesin Injeksi 04

Usianya singkat.

Hal ini bisa dilihat dari bentuk sudut lampu depan dan tepong bodi di belakang. Bahkan lampu-lampu pada bagian buritan pun yang kental dengan tampilan dari Hayabusa.

Pemilihan warnanya pun terbilang berani. Tak tanggung ada 6 pilihan warna dari dua opsi tipe yang ditawarkan di model ini.

Mulai dari Suzuki Let's Sporty yang punya tiga pilihan warna, yakni Sporty Sparkling Green, Sporty Cool Blue, dan Sporty Active Red. 

Sementara Let's Premium punya tiga warna elegan. Seperti Premium Metro White, Premium Spicy Pink dan Premium Prestige Black.

Dengan modal tersebut, Suzuki coba mengincar konsumen muda berusia 20-25 tahun. Sayangnya Let's kurang bisa diterima pasar. 

Akhirnya setelah 15 bulan beredar, maka pada Maret 2014 produk ini resmi discontinue. Sangat disayangkan karena segmen ini justru makin marak saat ini.

Spesifikasi lengkap Suzuki Let's:

  • Tipe mesin: 4-stroke, 1 silinder, air cooled
  • Sistem mesin: SOHC, 2 Valve
  • BorexStroke: 51.0x55.2
  • Displacement (cm3): 112,7
  • Rasio kompresi: 9,4:1
  • Fuel System: Fuel Injection
  • Ignition System: Electronic Ignition (Transistorized)
  • Starter System: Electric and Kick
  • Suspension: Telescopic, Coil spring, oil damped (depan), swingarm type, coil spring, oil damped (belakang)
  • Rem: Disc (depan), tromol (belakang)
  • Roda: 70/90-14 (depan, 80/90-14 (belakang)
  • Pelek: Casting Wheel
  • Fuel tank (L): 3,5
  • Panjang (mm): 1.845
  • Lebar (mm): 680
  • Tinggi (mm): 1.040
  • Wheelbase (mm): 1.235
  • Ground clearance (mm): 135
  • Seat height (mm): 740
  • Bagasi (L): 5,4
  • Berat (kg) 90

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });