window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Sinyal Kuat Vespa Elettrica Masuk Indonesia, Tahun Depan?

Herdi · 14 Des, 2022 11:00

Sinyal Kuat Vespa Elettrica Masuk Indonesia, Tahun Depan? 01

Vespa Elettrica.
  • PT Piaggio masih mengatur berbagai persiapan untuk menghadirkan Vespa listrik.
  • Vespa Elettrica digadang-gadang akan masuk Indonesia .

Berbagai pabrikan otomotif tengah mempersiapkan kehadiran kendaraan listrik untuk pasar Indonesia. Selain menunggu regulasi dari pemerintah, mereka juga membuat strategi agar pemasaran  nanti berjalan lancar. 

Ya, strategi untuk menghadirkan kendaraan listrik ternyata sedang dilakukan PT Piaggio Indonesia (PDI) selaku agen pemegang merek Vespa di Tanah Air.

Baca juga: Sudah Punya Pabrik, Vespa Bakal Rakit Skuter Listrik di Indonesia?

Menurut Communication and Brand Activation Manager PT Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari, untuk menghadirkan Vespa listrik pada dasarnya bukanlah sebuah masalah berarti. Apalagi skuter jenama Italia tersebut diketahui punya motor listrik yang disebut Vespa Elettrica.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sinyal Kuat Vespa Elettrica Masuk Indonesia, Tahun Depan? 01

Punya desain mirip Vespa Primavera.

Lantas kapan Vespa Elettrica masuk pasar otomotif Indonesia?

“Kalau mau mengeluarkan saja sih sebenarnya sangat bisa, tetapi bukan itu prinsipnya. Jadi kalau ditanya kapan? Pasti ada. Kita kan sudah punya barangnya (Vespa Elettrica) dalam arti Piaggio Group sudah punya produknya, kita tinggal menunggu timing terbaik, dimana kita itu semua sudah siap," ungkap Ayu di Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Vespa Indonesia, kata Ayu, tidak hanya ingin sekedar berniat melakukan penjualan, tapi lebih dari itu. Termasuk mengatur strategi berbagai persiapan mulai dari dealer, servis, perihal pengisian daya, dan yang lainnya.

Sinyal Kuat Vespa Elettrica Masuk Indonesia, Tahun Depan? 02

Pas untuk harian.

“Itu yang membedakan kami dengan brand lain. Maksudnya itu, saat ini kami memperlebar dan memperluas jaringan dealer. Jadi suatu hari nanti kalau ada orang yang beli (Vespa) Elettrica dari kami, dari daerah yang jauh sekalipun itu jadi tidak masalah," ujar Ayu. 

Dibuat di Indonesia

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian terus mendorong agar sejumlah pabrikan otomotif di Indonesia untuk melakukan produksi secara lokal. Hal ini tentu saja dilakukan untuk mewujudkan percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Sinyal Kuat Vespa Elettrica Masuk Indonesia, Tahun Depan? 03

Pabrik Vespa di Cikarang.

Adapun pemerintah sendiri memiliki target, agar kendaraan listrik khususnya roda dua menjadi ramah lingkungan bisa diproduksi secara lokal pada tahun 2025 mencapai 1,76 juta unit, kemudian meningkat jadi 3,2 juta unit pada tahun 2035 mendatang.

Hal ini tentunya menjadi tanda tanya, apakah dengan diresmikannya pabrik Piaggio Group di kawasan Cikarang, Bekasi, juga akan memproduksi Vespa listrik?

“Jadi kalau misalnya pabrik itu kan baru buka adalah yang tahap pertama, kita memproduksi Vespa LX 125. Kemudian Piaggio Group itu kan membawahi empat brand, tapi kita enggak bilang apa tahun depan atau dua tahun lagi, pasti ada pengembangan, enggak cuma elektrik doang tetapi juga model lain, tapi kita perlu waktu agar semuanya itu sudah siap," ucap ayu. 

Sinyal Kuat Vespa Elettrica Masuk Indonesia, Tahun Depan? 04

Pabrik Vespa baru beroperasi bulan lalu.

Namun sayang, Ayu masih malu-malu kapan Vespa listrik dijual atau diproduksi di Indonesia. 

“Insya Allah. Tidak mungkin enggak, karena kan semua brand kan mengeluarkan elektrifikasi, motor listrik atau mobil listrik. Tapi semua orang kan juga lagi wait and see kan ngeliat charge-nya dimana, susah atau enggak, kita semua tahu sebenarnya yang paling PR di Indonesia adalah infrastrukturnya," jelasnya.

“Bukan cuma soal harga, tetapi juga soal kesiapan infrastrukturnya, kita tidak mau orang jadi susah jadinya kan," tutup Ayu. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });