window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Suzuki Hayate Bekas Bisa Jadi Alternatif Honda BeAT Nih, Mesin Lebih Besar dan Murah

Adit · 4 Nov, 2021 09:30

Pilihan motor matic bekas tak melulu Honda BeAT, Honda Vario, atau Yamaha Mio. Coba tengok salah satu skutik seken berkualitas lainnya, misalnya Suzuki Hayate. Produk tersebut lahir pada 2011 kemudian disuntik mati pada 2014. 

Harganya mengacu beberapa platform jual beli motor bekas, mulai dari Rp 6 jutaan saja. Khusus model yang diproduksi terakhir yakni NIK 2014, banderolnya Rp 7,5 juta. Lebih murah dibanding Honda BeAT bekas pada tahun produksi sama, yang harganya masih bertahan di Rp 8 jutaan. 

Suzuki Hayate Bekas Bisa Jadi Alternatif Honda BeAT Nih, Mesin Lebih Besar dan Murah 01

Motor matic Suzuki Hayate 125.

Baca Juga: Suzuki Skywave Bekas Lagi Naik Daun, Jadi Incaran Bapak-Bapak Muda

Bagi yang belum tahu, Suzuki Hayate merupakan produk skutik lanjutan yang dibangun dari platform serupa Suzuki Skywave 125. Walaupun secara bentuk hampir mirip, ada beberapa perbedaan pada panel bodi. Paling ketara ada pada desain lampu depannya, Hayate pakai lampu twin headlamp yang tak terpisah bodi. Kemudian spakbor depan yang tidak mepet roda. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Ya boleh dibilang Hayate hadir lebih simpel dan mengikuti bentuk motor matic kebanyakan. Beda dengan Skywave yang tampil sporty. Namun begitu keduanya sama-sama punya undakan pada pijakan kaki, jadi bukan dek rata seperti Yamaha Mio dan kawan-kawan. 

Suzuki Hayate Bekas Bisa Jadi Alternatif Honda BeAT Nih, Mesin Lebih Besar dan Murah 01

Suzuki Hayate pakai pelek 16 inci.

Dari depan sebenarnya tampak biasa. Namun beda cerita saat meliriknya dari samping. Utamanya dari bagian tengah ke belakang bentuk motor Suzuki Hayate ini lebih sedap dipandang dan berisi, lantaran punya bentuk bodi yang cenderung sporty. 

Panel bodi sampingnya tergolong simpel tanpa lekukan bodi menumpuk seperti skutik kekinian. Kemudian dipasangkan double shockbreaker yang posisinya lebih miring alias tidak terlalu tegak. Membuatnya makin beda dari ragam motor matic di Indonesia saat ini. 

Suzuki Hayate Bekas Bisa Jadi Alternatif Honda BeAT Nih, Mesin Lebih Besar dan Murah 02

Suzuki Hayate 125 di Indonesia hadir pada 2011 dan disetop produksinya pada 2014.

Selanjutnya tampilan belakang Suzuki Hayate yang kami nilai unik. Punya 2 cluster rampu rem terpisah. Lalu di bawahnya ada lampu sein. Jadi baik lampu rem dan seinnya sudah terpisah, sehingga lebih mudah terlihat di kejauhan apabila hendak berbelok.  

Sektor kaki-kakinya mengandalkan suspensi depan teleskopik dan belakang lengan ayun yang dipasangkan suspensi ganda. Adapun profil bannya unik karena menggunakan pelek ukuran 16 inci. Untuk depan diselimuti ban 70/90 dan belakang 80/90. Makanya jangan heran bila melihat diameter rodanya besar. 

Walaupun hadir dengan kasta yang lebih tinggi dari Honda BeAT, sayangnya Suzuki Hayate masih mengandalkan sistem pengereman cakram dan tromol. Kemudian untuk starter tetap ada model tombol atau pun engkol, maklum di zamannya belum ngetren teknologi keyless. 

Suzuki Hayate Bekas Bisa Jadi Alternatif Honda BeAT Nih, Mesin Lebih Besar dan Murah 03

Suzuki Hayate mengandalkan dual shockbreaker.

Baca Juga: Kenalan Sama Mbahnya Satria F-150, Suzuki RK-Cool yang Hampir Dilupakan

Fitur dan Spesifikasi Mesin Suzuki Hayate

Oke lanjut ke fitur, masih menggunakan panel instrumen analog untuk penunjuk kecepatan. Volume bensinnya juga pakai penunjuk jarum. Selain itu ada indikator informasi lainnya seperti sein dan lampu jauh, hingga odometer model konvensional. Desainnya simpel dan minimalis.

Suzuki Hayate Bekas Bisa Jadi Alternatif Honda BeAT Nih, Mesin Lebih Besar dan Murah 04

Panel meter Suzuki Hayate.

Kapasitas bagasi Suzuki Hayate 17,7 liter. Lebih besar bukan dari Honda BeAT? Dalam beberapa pengetesan, ruang penyimpanannya itu cukup untuk menyimpan helm karena bentuknya yang lapang dan membulat, menyesuaikan bentuk helm. Kalau tidak, bisa bawa belanjaan, jas hujan, hingga sepatu. Oh iya tangki bensinnya 5 liter lho. 

Suzuki Hayate Bekas Bisa Jadi Alternatif Honda BeAT Nih, Mesin Lebih Besar dan Murah 05

Kapasitas bagasi Suzuki Hayate 17,7 liter.

Terakhir soal dapur pacunya sama seperti Suzuki Skywave. Mengandalkan mesin 124 cc lebih besar dari Honda BeAT yang cuma 110 cc. Mesin ini berpendingin udara, 4-tak, SOHC, satu silinder, yang menjanjikan tenaga 9,6 PS pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 9,8 Nm di putaran 6.000 rpm. Sistem pengabutnya masih pakai karburator dengan rasio kompresi rendah 9,6:1. 

Bagaimana, Suzuki Hayate lebih memikat ketimbang Honda BeAT bukan? Selamat berburu ya!

Baca Juga: Mengenal Suzuki Satria F115 Young Star, Motor yang Umurnya Cuma Setahun di Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });