window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Suzuki Nex Crossover 2021 Dijual Rp 17 Jutaan, Seberapa Menarik Skutik Gaya Petualang Ini Untuk Dimiliki?

Harry · 7 Jan, 2021 17:16

Sepanjang tahun 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) nyaris tak memiliki produk baru untuk pasar Indonesia. Baru menjelang tutup tahun, jenama asal Jepang tersebut menghadirkan motor skutik bergaya petualang, yakni Suzuki Nex Crossover 2021.

Skutik ini hadir untuk mengikuti tren daya hidup berbeda, dengan sejumlah perubahan yang dikembangkan dari model Suzuki Nex II Cross. Gaya petualangnya menjadikan produk ini lebih segar dan menarik.

Sosoknya dibangun dari basis Suzuki Nex II, yang punya desain sporty dengan garis-garis tegas. Hal itu bisa dilihat pada bentuk bodi depan yang tajam dengan lampu utama berlekuk agresif.

Suzuki Nex Crossover 2021 Dijual Rp 17 Jutaan, Seberapa Menarik Skutik Gaya Petualang Ini Untuk Dimiliki? 01

Dua pilihan warna Suzuki Nex Crossover 2021.

Lalu bodi depan bagian samping punya sudut patah, begitu pula bodi belakang dengan garis tegas. Tak bisa dipungkiri desain sporty dan serba tajam ini sangat sesuai dengan selera konsumen Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Maka pembeda utama antara Nex II Crossover 2021 dengan Nex II adalah area setangnya. Tak ada lagi batok setang karena untuk model ini mengusung setang telanjang, untuk menunjang gaya petualangnya.

Kemudian lirik bagian kaki-kakinya, meski spesifikasi yang digunakan masih sama dengan Nex II, nyatanya balutan karet bundar yang dipakai memiliki tapak kasar yang menandakan ini adalah skutik penjelajah sesungguhnya.

Suzuki Nex Crossover 2021 Dijual Rp 17 Jutaan, Seberapa Menarik Skutik Gaya Petualang Ini Untuk Dimiliki? 01

Suzuki Nex Crossover 2021 juga dijual di Filipina.

Lainnya adalah kulit pelapis tempat duduk yang menggunakan paduan warna ganda, serta striping bodi yang dibuat lebih atraktif. Pilihan warna yang ditawarkan pun hanya ada dua, yakni paduan merah-hitam yang disebut Stronger Red-Titan Black serta Titan Black.

Terkait dapur pacu, Suzuki Nex Crossover punya mesin 113 cc, piston tunggal, 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara, yang disokong dengan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance).

Suzuki Nex Crossover dijual dengan harga yang cukup terjangkau, tepatnya Rp 17,99 juta on the road Jakarta. Sekarang mari simak lebih jauh detail lengkap mengenai Suzuki Nex Crossover.

Suzuki Nex Crossover 2021 Dijual Rp 17 Jutaan, Seberapa Menarik Skutik Gaya Petualang Ini Untuk Dimiliki? 02

Suzuki Nex Crossover 2021 pakai basis yang sama dengan Suzuki Nex II.

Detail Lengkap Suzuki Crossover 2021

Tak bisa dipungkiri kalau Suzuki Nex Crossover dan para kompetitor lainnya memang mengambil basis dari skutik entry level, hanya membedakan bagian-bagain tertentu saja. Pengecualian untuk Yamaha X-Ride pastinya.

Dan secara dimensi, skutik ini masih terbilang ringkas dengan panjang 1.890 x 765 x 1.055 mm. Bobotnya pun terbilang ringan, dengan berat kosong hanya 94 kg saja.

Dari fisiknya, bentuk fascia yang agresif dikawal lampu depan tunggal yang masih menggunakan multi reflektor, dengan kawalan positioning lamp dikedua sudut bagian atasnya.

Bagian setang terdapat setang tanpa pembungkus, yang bentuknya menekuk tinggi supaya lebih mudah digenggam pengendara. Sayangnya ukuran panel instrmen digital terlihat terlalu besar.

Suzuki Nex Crossover 2021 Dijual Rp 17 Jutaan, Seberapa Menarik Skutik Gaya Petualang Ini Untuk Dimiliki? 03

Panel instrumen Suzuki Nex Crossover 2021.

Panel instrumen digital tadi memberikan informasi yang cukup lengkap, seperti spidometer, odometer, trip A-B, jam digital, serta fuel meter lewat layar LCD dengan lampu latar berwarna orange. Terdapat dua tombol fisik untuk memilih informasi pada layar.

Jangan lupakan tombol starter dengan teknologi Easy Start System, yang cukup ditekan sekali maka akan terus aktif sampai mesin benar-benar hidup. Fitur ini sudah digunakan pada produk Suzuki Satria F150, Suzuki GSX-R150 bahkan Suzuki GSX-R1000.

Di bawah setang terdapat sepasang konsol penyimpanan terbuka untuk membawa barang-barang kecil. Dan jika kurang, Anda bisa memanfaatkan ruang penyimpanan di balik jok atau memanfaatkan dek yang rata untuk membawa barang bawaan.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, spesifikasi kaki-kaki tak beda jauh dengan Suzuki Nex II. Suspensi depan teleskopik mengawal pelek casting dengan rem cakram kaliper 1 piston, yang sengaja diberi kelir merah menyala.

Lantas bagian belakang mengandalan suspensi tunggal tanpa setelan dengan ulir per yang juga tampil mencolok. Untuk sektor pengereman, Suzuki mempercayakan tipe tromol untuk menghentikan putaran roda belakang.

Mesin yang dipakai Suzuki Crossover 2021 berteknologi SEP, 113 cc, SOHC 2 katup pendingin udara. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 8,9 Hp @ 8.000 rpm serta torsi hingga 8,5 Nm @ 6.000 rpm. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 49 km/liter.

Suzuki Nex Crossover 2021 Dijual Rp 17 Jutaan, Seberapa Menarik Skutik Gaya Petualang Ini Untuk Dimiliki? 04

Suzuki Nex Crossover 2021 versi Filipina dengan warna kuning hitam.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Nex Crossover 2021

Dengan ukuran yang ringkas, bobot yang ringan serta kemampuan menjelajah yang lebih baik, Suzuki Nex Crossover akan cocok digunakan diberbagai wilayah di Indonesia.

Terlebih harga jual yang ditawarkan juga cukup menarik, dan untuk mereka yang ingin tampil berbeda motor ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Lantas apa saja pertimbangan untuk membeli Suzuki Nex Crossover 2021?

Kelebihan Suzuki Nex Crossover 2021 :

1. Penampilan lebih total untuk menjelajah, bukan hanya sekedar mengganti setang dengan model terbuka. Skutik ini juga diberikan ban dual purpose yang akan sangat mumpuni digunakan di jalanan on road atau off road.

2. Konsumsi bahan bakar terbilang irit, mencapai 49 km/liter menurut klaim pabrikan. Untuk digunakan sehari-hari, biaya untuk membeli bahan bakar akan lebih sedikit.

3. Siapa pun bisa mengendarai skutik ini dengan sangat mudah, karena dimensi yang kompak dan bobot yang ringan. Ditambah setang yang lebar dan kokoh, akan membantu mengendalikan motor lebih baik.

4. Kemampuan off road terbaik di kelasnya, meski sejatinya skutik entry level bergaya petualang ini bukan untuk melibas jalan tanah, tapi jika terpaksa maka tidak akan memalukan, ban tapak kasar serta suspensi empuk akan sangat membantu.

Suzuki Nex Crossover 2021 Dijual Rp 17 Jutaan, Seberapa Menarik Skutik Gaya Petualang Ini Untuk Dimiliki? 05

Suzuki Nex Crossover dijual dengan harga Rp 17,99 juta.

Tapi ada beberapa kekurangan pada Suzuki Nex Crossover 2021 ini :

1. Teknologi mesin tertinggal dari kompetitor, khususnya Honda BeAT Street. Suzuki Nex Crossover belum menggunakan starter halus karena masih mengandalkan dinamo starter untuk mengaktifkan mesin.

2. Terkait fitur keselamatan, Suzuki sedikit pelit kalau dibandingkan dengan pabrikan lain. Contoh sederhana, tak ada pemutus listrik otomatis pada standar samping dan tidak ada rem parkir.

3. Saat kompetitornya sudah membesarkan kapasitas tangki untuk skutik entry levelnya, Suzuki belum ada perubahan sama sekali dengan tangki hanya 3,6 liter saja. Sedangkan pesaingnya sudah andalkan tangki berkapasitas 4,2 liter.

4. Terkait layanan purna jual, sejumlah jaringan bengkel resmi Suzuki sudah banyak yangtak beroperasi. Hal ini akan jadi kendala meski produk yang dijualnya terbilang mumpuni.

Harga Suzuki Nex Crossover, Honda BeAT Street, Yamaha X-Ride

Suzuki Nex Crossover

Rp 17,99 juta

Honda BeAT Street

Rp 17,15 juta

Yamaha X-Ride

Rp 18,69 juta

Suzuki Nex Crossover 2021 Menantang Honda BeAT Street dan Yamaha X-Ride 2021

Bermain disegmen skutik low entry bergaya macho, Suzuki Nex Crossover bersaing dengan Honda BeAT Street dan Yamaha X-Ride. Ketiga berada pada segmen yang sama, dengan rentang harga yang tak jauh berbeda.

Suzuki Nex Crossover 2021 dijual Rp 17,99 juta. Honda BeAT Street dilepas Rp 17,15 juta dan Yamaha X-Ride sedikit lebih tinggi dengan nominal Rp 18,69 juta. Harga tertera on the road Jakarta.

Suzuki Nex Crossover 2021 Dijual Rp 17 Jutaan, Seberapa Menarik Skutik Gaya Petualang Ini Untuk Dimiliki? 06

Suzuki Nex Crossover 2021 bersaing dengan Honda BeAT Street dan Yamaha X-Ride.

Dari segi tampilan, andalan Suzuki boleh dibilang lebih total karena selain menerapkan setang tanpa cover, juga memakai ban tapak kasar. Kedua kompetitornya tadi justru pakai karet bundar untukjalan on road saja.

Spesifikasi mesin yang digunakan ketiga identik, tapi dengan kapasitas mesin berbeda-beda. Honda BeAT Street dengan teknologi eSP punya kapasitas 110 cc saja.

Suzuki Nex Crossover berada di tengah-tengah dengan 113 cc dengan sokongan teknologi SEP. Lantas Yamaha X-Ride dengan mesin Bluecore punya kubikasi mesin paling besar, mencapai 125 cc.

Maka begitu pula soal performa di atas kertas. Honda BeAT Street paling rendah, disusul Suzuki Nex Crossover dan terakhir Yamaha X-Ride. Perbandingan tenaga dan torsi bisa dilihat pada tabel di bawah.

Performa Mesin

 

Tenaga

Torsi

Suzuki Nex Crossover

8,9 Hp @ 8.000 rpm

8,5 Nm @ 6.000 rpm

Honda BeAT Street

8,8 Hp @ 7.500 rpm

9,3 Nm @ 5.500 rpm

Yamaha X-Ride

9,4 Hp @ 8.000 rpm

9,6 Nm @ 5.500 rpm

Harga Bekas Suzuki Nex Crossover 2021

Produk skutik penjelajah dari Suzuki ini baru saja dikenalkan akhir tahun 2020 lalu, tepatnya pada pertengahan November. Tentunya unit dipasaran motor bekas belum tersedia karena relatif masih baru dan pemiliknya pun masih ingin merasakannya.

Tapi jika boleh menggambarkan dengan Suzuki Nex II, untuk tahun 2018 dijual dari Rp 6 juta sampai Rp 8,75 juta. Lalu rakitan 2019 direntang Rp 8,2 juta sampai RP 10,45 juta. Harga tersebut dijual oleh pemakai langsung, bukan pedagang motor bekas.

Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Nex Crossover 2021

Mengandalkan teknologi SEP untuk membuat konsumsi bahan bakar hemat, pihak pabrikan mengklaim kalau konsumsi bahan bakar Nex Crossover mencapai 49 km/liter. Artinya dengan kapasitas tangki 3,6 liter, skutik ini bisa menjelajah sejauh 176,4 km.

Kesimpulan Akhir Suzuki Nex Crossover 2021

Punya penampilan paling berani dan total, harga jual yang relatif terjangkau, serta model yang tidak pasaran, menjadikan Suzuki Nex Crossover 2021 cocok untuk Anda yang ingin tampil beda. Dengan konsumsi bahan bakar yang hemat, jelas skutik ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });