Absen di Honda City Hatchback, Apa Hebatnya Rem Cakram Roda Belakang Pada Toyota Yaris 2021?

Rem cakram Toyota Yaris 2021

Seperti diketahui, mobil jenis hatchback kompak besutan pabrikan otomotif Jepang berlogokan tiga oval, Toyota Yaris 2021 telah menggunakan rem cakram di bagian depan dan belakang khusus pada tipe teratasnya. Pada bagian depan, Toyota Yaris TRD Sportivo menggunakan rem cakram jenis ventilated disc rotor berukuran 15 inci serta solid disc rotor pada kedua roda belakangnya.

Pengendali laju model ini mempunyai cara kerja dengan cara menjepit piringan cakram untuk mengehentikan laju kendaraan. Untuk menjepit piringan, digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.

Nah, ternyata peranti rem cakram belakang ini tidak ada pada Honda City Hatchback 2021 yang estimasi harganya lebih mahal. City Hatchback masih mengandalkan rem tromol.

Sedikit informasi, Harga Toyota Yaris 2021 TRD Sportivo kini dibandrol Rp268.800.000 hingga Rp284.000.000. Harga yang ditawarkan saat ini telah mendapatakan relaksasi dari pemerintah atas kebijakan PPnBM nol persen selama Maret sampai dengan Mei 2021 yang tertera dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021.

Ingin tahu seberapa penting rem cakram pada roda belakang Toyota Yaris? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Kelebihan Toyota Yaris

Pengertian Rem Cakram

Disc brake atau biasa disebut rem cakram

Sebelum bicara jauh mengenai rem cakram belakang pada Toyota Yaris, kami ingin sedikit mengulas apa itu rem cakram. Rem ini punya komponen utama yang terdiri dari piringan cakram dan kaliper rem yang berisi piston serta kampas.

Sama seperti namanya, sistem kerja rem ini mengandalkan penjepitan piringan cakram yang dijepit kaliper pada roda mobil. Ketika kalian menginjak pedal rem, master rem akan mendorong minyak rem supaya mengalir ke piston. Kaliper kemudian akan mendorong piston agar bergerak, dan membuat kampas menjepit cakram.

Kecepatan roda mobil lalu akan melambat sampai pada akhirnya berhenti. Sistem kerja rem cakram bertumpu pada penjepitan cakram itu sendiri yang langsung berhubungan dengan roda mobil.

Tentunya, sistem kerja yang efektif ini adalah suatu kelebihan. Selain itu, rem cakram juga punya sistem pendinginan yang baik lewat rongga atau lubang yang ada pada cakram. Panas yang ditimbulkan dari gesekan kampas rem bisa langsung berkurang karena leluasanya pengaliran udara.

Perbedaan Rem Cakram Depan dan Belakang Toyota Yaris 2021

Rem cakram bagian depan dan belakang Toyota Yaris 2021 diketahui memiliki perbedaan. Hal ini dilakukan karena beban pendistribusian pengereman roda depan dan belakang berbeda.

Diketahui roda depan memiliki daya dan beban pengereman yang lebih besar bekisar hingga 70% dibandingkan roda belakang. Hal ini yang menjadikan mengapa Yaris TRD Sportivo lebih baik menggunakan rem cakram model ventilated disc brake rotor pada bagian depan dan solid disc brake rotor di belakang.

ventilated disc rotor

Disisi lain, piringan cakram model ventilated disc rotor digunakan pada roda depan karena akan lebih cepat untuk melepas panas akibat gaya gesek. Dalam hal ini tentunya akan menghasilkan pengereman yang lebih baik.

Baca juga: Biaya Servis Toyota Yaris Vs Honda Jazz

Keunggulan Solid Disc Rotor Pada Roda Belakang Toyota Yaris TRD Sportivo

Solid disc rotor

Rem cakram jenis solid disc rotor yang disematkan pada roda belakang Yaris trim termahalnya ini, memiliki daya cengkram yang dianggap lebih baik dari sistem pengereman model drum brake (rem tromol) yang digunakan Yaris tipe G.

Sistem pengereman model solid disc ini memiliki material lebih sedikit dibandingkan dengan drum brake. Pada piringan cakramnya dibuat berbeda dengan model ventilated disc brake, karena solid disc ini hanya terdiri dari satu lapisan saja yang mana beban kerjanya tak seberat rem cakram depan.

Penyetelan drum brake

Bicara mengenai pengaturannya, sistem pengereman model ini juga lebih mudah. Karena pemilik tidak perlu menyetel kedekatan antara kampas dengan media seperti yang dilakukan pada rem tromol.

Begitu juga perawatannya, kalian tidak diharuskan sesering mungkin membersihkan abu dari sisa-sisa pengereman. Karena secara otomatis abu dari sisa pengereman akan terbuang dengan sendirinya. Bicara mengenai penggantian kampas rem, solid disc rotor juga lebih mudah dibandingkan dengan drum brake, loh.

Honda City Hatchback RS Masih Pakai Rem Tromol di Belakang

Sebagai suksesor Jazz yang telah disuntik mati pada Februari kemarin, Honda City Hatchback RS “Road Sailing” dihadirkan untuk bersaing secara langsung dengan Toyota Yaris TRD Sportivo. City Hatchback RS ini merupakan varian tertinggi dan hanya satu tipe saja yang dijual di Indonesia.

Berbagai macam keunggulan dari fitur, tampilan serta performa, ditawarkan Honda Prospect Motor terhadap lini hatchback kompak terbarunya ini.

Baca juga: 5 Hal Mengenai Honda City Hatchback RS

Bicara mengenai perangkat keras pada sistem pengeremannya, Honda City Hatchback RS dirasa masih tertinggal dibandingkan varian teratas Yaris. Pasalnya, pada roda belakang City Hatchback masih menggunakan drum brake untuk pengendali lajunya.

Kesimpulan

Solid brake rotor pada Toyota Yaris TRD Sportivo, merupakan sistem pengereman yang sangat penting untuk saat ini. Selain memiliki daya cengkram yang baik, perawatan mudah, serta mudahnya dalam penggantian kampas, model pengereman seperti ini juga meningkatkan tampilan mobil menjadi lebih sporty.

Namun sayang, karena solid brake rotor ini hanya menggunakan selembar piringan saja, maka kurang mampu melepaskan energi panas ketika melakukan pengereman yang cukup lama.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Yaris

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5

Rp 272,00 Juta
Rp 5,54 Juta/bln

23.843 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

32.285 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5

Rp 270,00 Juta
Rp 5,50 Juta/bln

41.113 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Honda CIVIC TURBO E 1.5

Rp 359,00 Juta
Rp 7,31 Juta/bln

63.859 km

6 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

2021 Toyota Yaris Hybrid Review: Perfect City Car Desagned for Urban Life

SOSOK TOYOTA GR YARIS 2021 ! DI THAILAND HARGANYA 1M LEBIH , MASUK KE INDONESIA JADI BERAPA NIH ??

Lima Perbedaan Honda City Sedan dan City Hatchback | First Impression

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Yaris
Lihat