Kelamaan Nunggu Inden Toyota Raize? Honda HR-V 1.8 Liter Bekas Bisa Jadi Pilihan Alternatif

Kehadiran Toyota Raize ini cukup fenomenal di pasar otomotif Indonesia. Berbekal fitur keselamatannya yang canggih, membuat inden Toyota Raize tipe TSS sangat mengular. Buat kamu yang mencari crossover keren, ada Honda HR-V yang bisa jadi alternatif Raize.

Honda HR-V generasi ketiga memang sudah meluncur dan dipasarkan di Jepang, namun belum masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Saat ini PT Honda Prospect Motor masih memasarkan HR-V generasi kedua baik itu tipe 1,5 atau 1,8 liter. Sebagai tipe tertinggi, HR-V bermesin 1.800 cc ini harga bekasnya sekarang cukup bersahabat.

Dengan rentang harga antara Rp215 sampai 280 juta, kalian bisa membawa pulang Honda HR-V second keluaran 2015-2017. Harga yang ditawarkan tentu tergantung kondisi kendaraan, biasanya akan makin mahal kalau kondisinya bagus.

Baca juga:

Pesanan Honda HR-V 2022 Membludak, Varian Hybrid Paling Banyak Diincar

Terlihat Sepele, 3 Aksesoris Honda HR-V Ini Ternyata Paling Banyak Peminatnya

Gendong Mesin 1.5 L dan 1.8 L, Honda HR-V 2021 Dibanderol Mulai Dari Rp287,2 Jutaan!

HR-V pun sukses menjadi crossover terlaris, dan menuai sambutan positif dari masyarakat. HR-V punya akomodasi cukup baik. Selain itu, performa mesin yang responsif dan irit bahan bakar turut menjadi daya tarik lain dari mobil ini.

Seberapa keren sih HR-V 1,8 liter ini bisa jadi alternatif Raize yang indennya begitu lama? Mari kita ulas sosok HR-V ini.

Mesin Paling Besar, Honda HR-V 1.8 Jadi Crossover Non Turbo Bertenaga Besar

Sektor mesin adalah pembeda utama antara HR-V 1.8L Prestige dengan varian-varian di bawahnya karena punya sumber tenaga lebih gede. Hanya tersedia dalam tipe Prestige ini ditenagai mesin 1.799 cc dengan kode R18, serupa milik Civic generasi ke-8.

Tenaga maksimum 139 PS @ 6.500 rpm dan torsi 169 Nm @ 4.300 rpm. Walau masih berkonfigurasi SOHC, namun kapasitasnya yang besar membuatnya cukup responsif.

Selisihnya jelas lumayan jauh dengan Raize 1.0 Turbo dengan mesin bensin 998 cc 3 silinder. Dapur pacunya mampu menorehkan figur tenaga 97,8 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 149 Nm di 2.400-4.000 rpm.

Penampilan Honda HR-V 1.8 Pre-Facelift, Tetap Modis Walaupun Sudah Berusia di Atas 5 Tahun

Bicara soal penampilan jelas menjadi pertimbangan utama dan hal pertama yang dilihat orang. Untuk HR-V 1.800 cc bekas seharga Raize baru ini kita mendapatkan unit pre facelift keluaran 2015 hingga 2017.

Cukup uzur? Tidak juga karena HR-V Prestige ini punya level paling atas dalam keluarga HR-V sehingga eksteriornya punya pernak pernik ornamen yang menarik. Headlamp memakai LED multi projector dengan grill solid wing yang ramping dan minimalis. Lekukan di bonnet juga cantik sekali dengan grill piano finish berlaburkan chrome tipis.

Aspek yang mendukung tampilan HR-V 1.8 prestige adalah adanya panoramic sunroof yang membuat mobil terlihat lebih keren. Hal inilah yang jadi daya tarik HR-V tipe tertinggi di kalangan konsumen.

Desain lampu belakangnya cukup modis, walau pada awal kemunculannya diledek sebagai lampu model gigi drakula. Garis-garis body di pintu belakang yang cukup menonjol membuat kesan sebagai crossover yang berotot.

Interior Honda HR-V 1.8 yang Stylish Ala Sedan Sport

Masuk ke kabin, layout dashboard tengah yang menganut aliran ala Civic FD dan FB agak sedikit miring ke arah pengemudi, membuat desain mobil ini begitu driver friendly. Di sisi lain, penempatan head unit dan AC panel digital malah menyulitkan penumpang depan untuk mengaturnya.

Jika duduk di bangku pengemudi maka Anda akan disuguhkan tombol engine start stop, paddle shift, audio steering switch, dan tombol parkir elektronik yang juga sudah punya kemampuan auto brake hold.

Interior HR-V 1.8 bergaya dual tone kombinasi antara hitam dan beige. Desainnya sedikit kurang lazim, namun tidak seekstrim Nissan Juke kok. Bila kamu tidak suka hembusan dingin langsung ke badan, maka HR-V mungkin tidak masuk whistlist. Sebab, desain kisi-kisi AC yang horizontal ini melebar sepanjang dashboard sisi penumpang.

Kabin HR-V bisa memuat lima orang penumpang. Semua bangku dilengkapi headrest termasuk untuk penumpang tengah baris belakang. Karena basisnya dari Honda Jazz, akomodasi ruang pada Honda HR-V pun cukup fleksibel. Terdapat tiga pilihan jenis pelipatan bangku untuk memudahkan kamu membawa barang sesuai kebutuhan.

Selebihnya, mobil ini juga sudah dilengkapi fitur keselamatan yang lengkap, walaupun bukan yang tercanggih. Fiturnya meliputi ABS+EBD, brake override system, hill start assist, cruise control, dan vehicle stability assists. Aspek safety turut ditopang enam buah kantung udara (depan dan samping). Sementara semua bangkunya menggunakan sabuk pengaman tiga titik.

Handling Berkendara Minim Feedback, Kelemahan Honda HR-V

Kekurangan dari HR-V adalah setirnya yang keterlaluan ringan nya khas Honda zaman sekarang. Berdasarkan penuturan pengguna HR-V 1.8 dari forum Seraya Motor, mobil ini setirnya ringan dan tanpa feedback sama sekali. Kemudian peredaman di kolong kurang diperhatikan, sehingga berisik sekali suaranya waktu ngebut.

Impresi Toyota Raize TSS, Compact Crossover yang Lincah dan Responsif

Karakter mesin 3-silinder dengan imbuhan turbocharger pada Toyota Raize menjadikan performanya terasa penuh sejak putaran mesin rendah. Injakan ringan di pedal gas dapat membuatnya langsung bergerak maju.

Jika Anda menginjak pedal gas lebih dalam, mobil ini akan dengan responsif menyuguhkan akselerasi yang responsif, khas mobil untuk perkotaan. Begitu memasuki jalan bebas hambatan, kecepatan 100 km/jam dapat dengan mudah dicapai.

Bila melihat karakternya, soal pengendalian di Toyota Raize juga bisa dipuji. Karena mulai dari feedback di kemudi hingga kestabilannya bisa dibilang memuaskan untuk sebuah mobil perkotaan.

Kesimpulan

Dengan harga yang mirip, Honda HR-V menawarkan sesuatu yang lebih premium daripada Toyota Raize. Walaupun bekas, namun kondisi unitnya masih banyak yang cukup baik dan layak.

HR-V memiliki sunroof dan konfigurasi kursi yang fleksibel, karena platform dari Jazz. Dua hal yang tidak dimiliki oleh Raize. Namun dari sisi kenikmatan berkendara, Raize patut diapresiasi karena aspek fun to drive dengan feedback yang baik.

Jadi, masih betah nunggu inden Toyota Raize sampai 9 bulan atau ganti haluan beli Honda HR-V?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Raize

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR 1.0

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

16.422 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Yakin WR-V Lebih Baik dari Raize? | Komparasi

Awas Gagal Ngerem, Gini Ternyata Cara Kerja Fitur TSS Toyota Raize

Toyota Raize Baru Dibuat Untuk Kepribadian Dinamis Anak Muda Indonesia

Melihat lebih dekat ke Toyota Raize terbaru, Eksterior Berani & Aktif, Desain Interior Bergaya

Mesin Serupa, Ternyata Hasil Tes BR-V dan HR-V Banyak Perbedaan!

Gaspol Honda HR-V RS di Sirkuit Mandalika!

Adu Fitur Honda HR-V SE dan Hyundai CRETA Prime

2021 Honda HR-V Refresh: ONE of the world's best-selling small SUVs

ALL NEW Honda HR V 2020 Restyle

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Raize vs XL7
  • Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Raize vs Rush
  • Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Raize vs Almaz
  • Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Raize vs Terios
  • Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    Raize vs Rocky
Toyota Raize
Lihat