Tes Lengkap Honda City Sedan: Dibebani Banderol Harga Mahal, Dapat Apa Saja?

Tidak salah jika Anda menyebut Honda City Sedan mahal. Sebab saat dibandingkan langsung dengan kompetitor dekatnya, Toyota Vios, selisih harganya banyak. Pun kalau Vios nantinya tak lagi kena diskon PPnBM, rasanya tetap saja nilainya lebih tinggi. Lantas dengan menanggung beban berat harga tinggi, apa yang bisa ditawarkan?

•    Harga Honda City Sedan Rp355 juta sementara Toyota Vios Rp254 juta - Rp283 juta (Diskon PPnBM).
•    Legroom Honda City Sedan lebih kecil dari City Hatchback, format Ultra Seat hilang.
•    Masih menggunakan drum brake di belakang, sementara Vios sudah disc brake sepenuhnya.

Sedan Nyaman yang Menyenangkan

Lantaran tak ada bedanya dengan racikan versi hatchback, soal nyaman dan tangkas juga dimiliki oleh City Sedan. Bedanya, ada ekstra buntut saja. Tapi pengaruh terhadap pengendalian dan rasa mengemudi hampir tak ada bedanya. 

Sebagaimana mestinya Honda, City Sedan memiliki visibilitas cukup maksimal. Dashboard depan cenderung rendah dan rata. Sehingga jangan heran kalau posisi mata Anda seakan duduk di mobil agak tinggi. Tidak tenggelam seperti di sedan kebanyakan. Dan pengaturannya komplet, dari tilt-telescopic steering hingga setingan jok berbagai arah (Mekanikal). Mudah menyesuaikan postur dengan presisi.

Ketika dikemudikan, bantingan suspensinya pun terbilang pas. Arahnya lebih menuju empuk. Di saat menghajar speed trap atau jalan berlubang, rebound mobil ini cukup terasa premium. Tidak mengeluarkan bebunyian bising ataupun menciptakan guncangan parah. Nyaman.

Di lain sisi, ia cukup tangkas. Tidak ada rasa limbung berlebihan ketika dibawa menikung kencang. Meskipun tidak hebat-hebat amat. Sebab memang orientasi suspensi ini kami rasa untuk memberikan kenyamanan. 

Ada perbedaan kentara antara versi hatchback dan sedan. Nuansa interior di dalam sedan sama sekali tanpa basa-basi sporty. Memang ini perihal selera. Namun menurut kami, rasanya lebih terasa comfy dengan semua balutan fabric. Sayang sekali, soal material dashboard, konsol, door trim, serta lainnya tidak spesial. Cenderung biasa untuk harga segini. Semuanya plastik keras yang tak terasa solid-solid amat.

Baca Juga: Test Drive Toyota Veloz Q CVT TSS: Model Termewah Nan Canggih, Tapi Kenapa Tidak Senyaman Avanza?

Masih Memenangkan Sektor Performa

Kalau bicara performa, kami bisa bilang ia masih menang di kelasnya. Secara data output pun sudah terlihat betapa signifikannya angka perolehan daya kuda. Maupun torsinya. Bahkan paduan transmisi CVT pun tak membuat ia jadi membosankan dikemudikan. 

Format sumber tenaga tidak berbeda dengan hatchback. Memangku mesin 1.5-liter DOHC 4-silinder segaris 16 katup i-VTEC. Hasil outputnya persis, 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Kalau dibandingkan Vios, mesin 1.5-liternya sebatas mengeluarkan tenaga 107 PS dan torsi 140 Nm. Selisih banyak.

Perbandingan Performa
  Honda City Sedan Toyota Vios
Mesin 1.5-liter DOHC i-VTEC 1.5-liter DOHC VVT-i
Tenaga & Torsi 121 PS/ 145 Nm 107 PS/ 140 Nm
Transmisi CVT CVT/ MT
Pengereman Ventilated Disc (Front), Drum (Rear), ABS+EBD+BA Ventilated Disc (Front), Solid Disc (Rear), ABS+EBD+BA

Tidak sekadar angka. Ketika dikemudikan memang terasa cukup bertenaga buat ukuran kelas small sedan. Delivery-nya halus. Khas Honda. Secara linear mengisi terus hingga ke putaran atas. Pedal ditekan secara normal pun speedometer tak lama-lama amat naiknya. Secara bersamaan putaran mesin tak tiba-tiba teriak. Tetap terjaga. 

Memang, data akselerasi yang kami dapatkan tak sebaik ketika rekan redaksi kami mengambil data versi hatchback. Entah karena berbeda kondisi dan cara mengemudi, bobot mobil lebih berat, yang pasti tak sekali kami mencoba menghabiskan kekuatan yang ia punya. 

Tapi masih cukup memuaskan, 0-100 km/jam diraih dalam 12.38 detik. Alias selisih lebih dari 0,5 detik. Dan perolehan saat melakukan pengereman keras dari 100 km/jam – 0, menoreh waktu 3.09 detik dengan jarak 40 meter sampai berhenti. Masih cukup baik. Meski peranti rem belakang masih tromol bukan seperti Vios yang sudah full cakram.

Hasil Tes Akselerasi dan Konsumsi BBM
Akselerasi 0-100 km/jam 12,38 detik
Deselerasi 100-0 km/jam 3.09 detik/ 40 meter
Konsumsi BBM (Kombinasi) 15,7 km/l
Konsumsi BBM (Tol) 21,9 km/l

Terlepas itu, mode pengendaraannya lengkap. Makanya kami bisa bilang ia tetap nyaman dan menyenangkan dikendarai. Paling efisien, Anda bisa seting di model ECON. Dan seketika putaran mesin akan terjaga di bawah 2.000 rpm meski gas ditekan agak dalam. 

Jika perseneling dipindahkan ke D, putarannya berkisar di 2.000 rpm – 3.000 rpm. Lain cerita kalau di kickdown, ia akan mengikuti apa mau Anda dan meneriakkan kemampuan mesin. Masih ada dua mode lagi, yakni S dan manual via paddle shift. Di sinilah kesempatan Anda jika mau berkendara agresif. 

Dan meski proses perpindahan itu sekadar sensasi virtual, tapi cukup terasa natural. Sehinga bermanuver masih bisa menyenangkan. Jarum rpm bakal mental sampai hampir red line dan seakan memberi efek perpindahan gigi.

Di lain sisi, konsumsi bahan bakar juga masih tergolong memuaskan. Dalam jarak pengetesan tidak kurang dari 70 km, kombinasi tol dan kemacetan kota City masih sanggup menghasilkan 15,7 km/l. Sementara di jalan tol, angkanya di sekitar 21,9 km/l. Bensin yang kami gunakan adalah RON 90, di mana menjadi standar minimum dari mobil ini.

Baca Juga: Bodi Lebih Kecil Tapi Interior Honda City Hatchback RS Lebih Lapang dari Versi Sedan, Kok Bisa?

Bagasi Bertambah, Ruang Kabin Mengecil

Ada yang bertambah, ada pula yang berkurang. Berkat tambahan buntut, City Sedan memang memiliki ruang bagasi yang begitu akomodatif. Jauh lebih baik dari City Hatchback. Kami dapat memastikan Anda lebih leluasa ketika hendak menyimpan barang. Dan lebih aman pula karena tertutup sepenuhnya. 

Namun, hal itu bakal terasa optimal kalau mobil memang sedang dipakai berempat atau berlima. Andaikan hanya dipakai berdua, dan ingin memasukkan barang yang agak panjang. Bangku baris kedua tak bisa dilipat sama sekali. 

Ya, fitur ultra seat yang dimiliki hatchback tak ada di sini. Selain sandaran bangku tak bisa dilipat sama sekali, dudukan pun tak bisa diangkat ke atas. Model paten. Agak nihil kalau Anda mau bawa barang dengan panjang ekstra. 

Dan, ada hal lain yang juga berubah. Akibat bagasinya bertambah, ternyata baris kedua pun agak dimajukan dan memiliki ruang kaki lebih pendek. Kami sudah mengukurnya dengan presisi antara sedan dan hatchback. Dan memang berselisih. Hal ini juga dibuktikan dengan fleksibilitas lipat bangku depan. Ia tak dapat direbahkan rata sampai bangku belakang seperti di hatchback. Agak bersisa.

Perbandingan Kabin Belakang City Sedan & Hatchback
  City Sedan City Hatchback
Max. Legroom 45,1 cm 48 cm
Min. Legroom 21,9 cm 23,4 cm

Fitur Mencukupi, Tapi Kurang Satu Hal

Boleh dibilang fiturnya menunjang. Tidak kekurangan untuk sektor fundamental. Baik dari segi keamanan, kenyamanan dan hiburan. Namun kami menyayangkan satu hal, akibat mengacu pada harganya tadi.

Andaikan format nilai jual itu merupakan alokasi untuk memberikan City Sedan teknologi Honda Sensing, rasanya jadi bisa dimaklumi. Malah bisa saja menjadi kemenangan telak di segmen small sedan. Pasalnya BR-V, yang punya harga kurang lebih sepantaran sudah memilikinya. 

Tapi paling tidak, sektor keamanan sudah terpenuhi. Dari adanya ESC, HSA, serta bertambahnya airbag jadi enam buah. Meski sebetulnya Vios punya satu kantong udara lebih lagi. Perihal tambahan fitur kenyamanan seperti ventilasi AC di row belakang, head unit canggih dengan koneksi Android Auto dan Apple CarPlay, berikut 6 speaker dan 2 tweeter juga jadi paket City. 

Meski Bagus, Jauh dari Istilah Value for Money

Secara keseluruhan, kami bisa nilai mobil ini memiliki impresi berkendara serta kenyamanan baik buat ukuran small sedan. Perihal konsumsi bahan bakar juga bukan jadi soal. Dan fitur fundamentalnya cukup. Namun, harga yang diset berbanding kelengkapannya tetap menjauhkan City Sedan dari istilah Value for Money. 

Simak Video Review Honda City Sedan Berikut ini:

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda City

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2018 Honda ACCORD VTI-L 2.4

Rp 365,00 Juta
Rp 7,44 Juta/bln

73.224 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2015 Honda CIVIC 1.8

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

40.865 km

7,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota COROLLA ALTIS V 1.8

Rp 408,00 Juta
Rp 8,31 Juta/bln

12.662 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota VIOS G 1.5

Rp 170,00 Juta
Rp 3,46 Juta/bln

88.383 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2014 Mercedes-Benz E 250 AMG 2.0

Rp 413,00 Juta
Rp 8,41 Juta/bln

53.402 km

9 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Lima Perbedaan Honda City Sedan dan City Hatchback | First Impression

ALL NEW 2020 Honda City

New 2021 Toyota Vios sedan with new exterior and interior design || Design & Interior

New 2021 Toyota Vios GR Sport is one good looking sedan | Design & Interior

2021 Toyota Vios GR-S Review: Drive, Interior & Exterior

ALL NEW 2021 Toyota Vios Affordable Sedan

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda City
Lihat