window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Alasan Tidak Membeli Kia Picanto Gen 1 Bekas, Umur Mobil Berbicara

Enda · 7 Agu, 2023 11:00

Kekurangan Kia Picanto

Kia Picanto gen 1 (foto: Jeffry Linardi)

Sebelum city car dan LCGC seramai sekarang, Kia Indonesia sudah lebih dulu menghadirkan Kia Picanto (Spesifikasi | Berita) di Tanah Air pada tahun 2004. Generasi pertama Picanto sangat ikonik dengan menggunakan grill mungil berkisi-kisi vertikal.

Pada lampunya mobil ini berbentuk kotak, beda dengan generasi faceliftnya yang memiliki lampu bulat. Kemudian di bagian samping tampil begitu sederhana dengan empat pintu serta garis tegas pada pinggang yang membujur dari depan hingga belakang.

Kekurangan Kia Picanto

Tampilan belakang Kia Picanto gen 1 pre-facelift

Melihat sisi buritan, antara Picanto gen 1 generasi pre-facelift dengan faceliftnya kurang-lebih memiliki bentuk yang sama. Hanya saja pada stoplamp kedua model berbeda.

Jika model pre-facelift memiliki rumah lampu belakang yang terlihat lebih simpel dan sederhana, pada generasi facelift Picanto mempunyai desain lebih sporty berkat adanya bentuk bulatan yang dibuat menumpuk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: 5 Alasan Menarik Beli Kia Picanto Gen 1, City Car Rp50 Jutaan!

Kekurangan Kia Picanto

Mengusung desain minimalis dan ergonomis, untuk interiornya mobil ini terasa cukup luas meski memuat empat orang dewasa sekaligus.

Uniknya mobil ini mampu membawa barang dengan jumlah cukup banyak dan terasa praktis. Dikarenakan jok pada baris keduanya bisa dilipat kedepan guna memperoleh ruang lebih besar.

Menggunakan platform sama seperti yang dipakai oleh Hyundai Getz, dari segi berkendara mobil ini terasa stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi dan bermanuver. Dan menariknya mobil Picanto gen 1 memiliki konsumsi BBM yang terbilang irit.

Disebutkan bahwa pemakaian dalam kota mobil ini sanggup menempuh jarak hingga 14 km/liter, dan 18 km/liter untuk penggunaan luar kota.

Kekurangan Kia Picanto

Mesin G4H6 injeksi

Sekedar informasi, Picanto gen1 menggunakan mesin 1.086 cc berkode G4H6 injeksi dengan konfigurasi 4-silinder segaris SOHC 12 valve yang dapat menghasilkan tenaga 64 Hp di 5.500 rpm dan torsi di angka 94 Nm pada 2.800 rpm. Untuk transmisi mobil ini hadir dengan pilihan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. 

Guna memberikan kenyamanan selama berkendara, didalamnya berhasil disematkan fitur power window, central lock, Electronic Power Steering (EPS), head unit single din yang bisa diupgrade menjadi 2din, kemudian AC dengan pengaturan heater, arah semburan, dan kecepatan kipas blower.

Sekedar informasi, harga Kia Picanto gen 1 untuk sekarang ini ditawarkan mulai dari Rp50 jutaan. Sebelum memutuskan untuk membeli, ketahui 5 kekurangannya di bawah ini.

1. Kaki-kaki Kia Picanto Gen 1 Kerap Bermasalah

Kekurangan Kia Picanto

Hal yang perlu diwaspadai ketika ingin membeli Kia Picanto gen 1 yakni mengecek bagian kaki-kaki. Hal ini dikarenakan pada bagian tersebut terbilang lemah. Komponen kaki-kaki yang mudah rusak biasanya meliputi bushing, arm, link stabil, tie road dan bagian lainnya. 

2. Suspensi Gampang Lemah

Kekurangan Kia Picanto

Kia Picanto gen 1 facelfit

Selain kaki-kaki, kelemahan berikutnya yang ada pada mobil ini yaitu di bagian suspensi. Untuk peredam kejutnya mobil ini mudah rusak apabila kalian sering melewati jalan berkontur tanpa mengurangi kecepatan, serta sering membawa beban berat.

Supaya suspensinya awet, sebaiknya lebih berhati-hati ketika melewati jalan yang berkontur, dan menggantinya dengan produk aftermarket.

Baca juga: Review Pemilik: KIA Picanto type pull option 2005 sudah berumur 15 tahun, saya hanya butuh sedikit uang untuk maintenance

3. Kerusakan Pada Fuel Pump

Kekurangan Kia Picanto

Fuel pump Picanto

Tak sedikit pemilik Kia Picanto gen 1 mengalami masalah pada fuel pump atau pompa bahan bakar. Masalah dikarenakan fuel pump karena tidak mampu mendistribusikan pasokan bahan bakar menuju mesin dengan baik.

Selain tangki bahan bakar yang kotor, gejala lain kerusakan fuel pump karena pemilik menggunakan BBM di bawah standar yang direkomenasikan oleh pabrikan.

4. Sensor CKP Kerap Bermasalah

Kekurangan Kia Picanto

Sensor CKP Picanto

Salah satu komponen di bagian mesin mobil ini yang sangat berperan penting adalah sensor CKP. Alat ini berungsi untuk mendeteksi putaran poros engkol mesin.

Apabila sensor ini rusak, bisa menyebabkan injector tidak bekerja dan tidak menghasilkan lompatan api dari busi. Dengan begitu mesin mobil tidak bisa dihidupkan.

5. Fitur Keselamatan Hanya Mengandalkan Seatbelt

Kekurangan Kia Picanto

Bicara fitur keselamatan, Picanto gen 1 hanya mengandalkan seatbelt. Dengan begitu kalian tidak bisa menjumpai fitur keselamatan lain seperti ABS, EBD dan juga airbags pada mobil ini.

Baca juga: Sempat Jadi Citycar Favorit, Kia Picanto 2021 Kini Tenggelam

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Kia Picanto MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil