window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Fitur di Mobil yang Ternyata Paling Dibutuhkan, Walau Kesannya Sederhana

Yongki Sanjaya · 27 Apr, 2022 16:30

5 Fitur di Mobil yang Ternyata Paling Dibutuhkan, Walau Kesannya Sederhana 01

Saat memiliki sebuah mobil, kita akan sangat terbantu apabila fiturnya cukup lengkap. Kehadiran beragam fitur yang ada di mobil biasanya menjadi pendukung dari sisi kenyamanan. Kadang, kita menganggap sepele keberadaan fitur yang sederhana, tapi jadi kelabakan andaikata fitur itu hilang.

Sebut saja cup holder, yang memudahkan kita menaruh botol minum, atau ukuran laci sebelah kiri yang cukup besar rupanya membuat kita bisa menyimpan beragam barang penting selama perjalanan. Itu tadi sekilas contoh fitur sederhana yang penting untuk kenyamanan berkendara. 

Masih banyak fitur sederhana lainnya di mobil yang ternyata memudahkan kita selama berkendara. Apa sajakah itu? Mari kita bahas satu persatu. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Fitur Cup Holder, Memudahkan Penyimpanan Botol Minuman

5 Fitur di Mobil yang Ternyata Paling Dibutuhkan, Walau Kesannya Sederhana 01

Mobil sebagai kendaraan utama sehari-hari tentu harus memiliki fitur yang proper untuk mendukung aktivitas kita. Cup holder contohnya, fitur ini menjadi hal wajib ada di mobil. Bahkan di beberapa model seperti Mitsubishi Xpander misalnya, punya cup holder di setiap baris kursi penumpang. 

Ini artinya, cup holder merupakan suatu fitur yang penting. Sementara itu bagi sebagian orang, keberadaan cup holder pada mobil memang tidak terlalu dibutuhkan. 

Kalian belum pernah membayangkan repotnya menyimpan botol minum bila di mobil tidak ada cup holder. Terlebih, bila mobilnya sering digunakan bepergian bersama keluarga. 

Botol minum bakal berserakan di kursi atau sela-sela sandaran karena tidak ada tempat menyimpannya. Maka dari itu, cup holder menjadi salah satu fitur yang mungkin wajib ada pada mobil keluarga. 

2. Side Back Pocket, Fitur yang Memungkinkan Penyimpanan Perlengkapan Bagi Penumpang

5 Fitur di Mobil yang Ternyata Paling Dibutuhkan, Walau Kesannya Sederhana 02

Fitur berikutnya yang kadang absen dari sebuah mobil ialah side back pocket. Padahal, fitur sederhana ini rupanya cukup penting bagi penumpang di baris kedua atau ketiga. 

Side back pocket berfungsi menambah tingkat akomodasi pada sebuah mobil. Awalnya, fitur ini digunakan untuk menyimpan dokumen. Tapi ukurannya yang cukup besar membuat kita bisa memanfaatkannya untuk menyimpan perlengkapan selama perjalanan. 

Penumpang bisa menyimpan perlengkapan mereka seperti misalnya ponsel, powerbank, atau headset di kantung tersebut. Jadi kita tidak perlu repot merogoh tas bila ingin menggunakan perlengkapan tadi, karena sudah tersimpan di side back pocket. 

3. Asbak atau Konsol Uang Receh

5 Fitur di Mobil yang Ternyata Paling Dibutuhkan, Walau Kesannya Sederhana 03

Pada mobil lawas, asbak menjadi fitur standar yang tersedia bagi pengemudi atau penumpang perokok. Namun bila kamu bukan perokok, asbak ini bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan koin atau uang receh. Sebab, konsol untuk menyimpan koin ini tak semua mobil memilikinya.

Padahal keberadaan konsol tersebut membuat koin jadi tidak berserakan. Kita pun mudah saat akan mengambil uang receh untuk membayar parkir atau pak ogah.

4. Fitur Card Holder, Mudahkan Kita Menyimpan E-Money

5 Fitur di Mobil yang Ternyata Paling Dibutuhkan, Walau Kesannya Sederhana 04

Walau terlihat sangat sederhana, rupanya card holder kini semakin berguna. membayar jalan tol menggunakan transaksi non-tunai, maka mau tidak mau setiap pengendara mobil harus memiliki e-money untuk pembayarannya.

Supaya mudah dicari dan dijangkau, maka beberapa pabrikan mobil menyiapkan fitur card holder ini secara khusus. Sebab, kartu e-money ini akan rusak bila diletakkan di atas dashboard karena paparan panas matahari. Tentu akan repot kalau kita sulit menjangkau e-money saat akan membayar transaksi non tunai. 

5. Konsol Tengah, Memudahkan Pengemudi Menyimpan Perlengkapan

5 Fitur di Mobil yang Ternyata Paling Dibutuhkan, Walau Kesannya Sederhana 05

Pada mobil modern, konsol penyimpan di tengah ini menjadi fitur yang sebaiknya ada. Konsol boks yang berada di dekat tuas transmisi ini memiliki dua fungsi yaitu sebagai akomodasi dan relaksasi. Akomodasi dalam hal penyimpanan, dan relaksasi untuk sandaran tangan. 

Kalau tidak ada konsol boks tengah ini, pengemudi dan penumpang depan akan sulit menyimpan barang bawaan saat berkendara. Kita bakal sembarangan menyimpan ponsel, kacamata, dan beragam barang perlengkapan yang kita butuhkan. 

Kesimpulan

Melihat kelima fitur di atas, akhirnya kita menyadari seberapa penting fitur tersebut hadir di sebuah mobil. Andaikata fitur tadi absen, kita bakal kerepotan saat menyimpan perlengkapan selama berkendara. Kondisi interior mobil pun bakal kumuh karena barang yang berantakan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil