window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Menarik Isuzu D-Max 2023, Jadi Andalan Patroli Polisi Sabhara

Yongki Sanjaya · 8 Sep, 2023 13:30

5 Hal Menarik Isuzu D-Max 2023, Jadi Andalan Patroli Polisi Sabhara 01

Dalam menjalankan tugasnya, anggota kepolisian biasanya mendapat mobil dinas. Untuk mendukung aktivitas patroli di segala medan, kali ini Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mempercayakan pada Isuzu D-Max 2023. 

Sebagaimana diketahui, masih banyak wilayah kota kecil di Indonesia yang kondisi medan jalannya tidak mulus. Untuk itu, diperlukan mobil dinas yang tangguh di segala medan seperti double cabin. 

Baca Juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lawan Toyota Fortuner, Isuzu MU-X 2023 Mendapat Penyegaran dan Dipasang ADAS

Mengagumkan, Konsumsi BBM Isuzu MU-X dan D-Max Setara dengan LCGC

First Drive Isuzu D-Max 2022: Andalkan Cc Kecil dan Transmisi Manual Apa Cocok untuk Tambang?

Isuzu D-Max dipilih oleh Korps Sabhara karena seringkali tim menghadapi medan yang berat dan akses jalur yang sulit, khususnya di daerah pedalaman.

5 Hal Menarik Isuzu D-Max 2023, Jadi Andalan Patroli Polisi Sabhara 01

Korps Sabhara memakai D-Max untuk kegiatan Turjawali (Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, Patroli), Dalmas (Pengendalian massa), SAR (Search And Rescue), dan Bantuan Satwa (k-9). Kemudian bak terbuka ini fungsional membawa banyak perlengkapan yang dibutuhkan. 

Itu tadi sekilas tugas dari kendaraan dinas Polri. Lantas apalagi hal menarik dari double cabin ini hingga dipercaya jadi kendaraan dinas pak polisi? Berikut ini ulasannya.

1. Mesin yang Tangguh dan Didukung Tangki Besar 

5 Hal Menarik Isuzu D-Max 2023, Jadi Andalan Patroli Polisi Sabhara 02

D-Max dibekali dengan mesin RZ4E dengan turbo common rail khas Isuzu dimana power telah disesuaikan dengan kebutuhan target market, yaitu 150 PS dan torsi 35,7 Kgm pada 1.800 – 2.600 rpm serta dikombinasikan dengan transmisi automatic 6 speed.

Kapasitas tangka Isuzu D-Max cukup besar, mencapai 76 liter. Mesin Isuzu D-Max 2023 juga dirancang untuk menghasilkan efisiensi maksimal sehingga hemat bahan bakar. Dua hal ini begitu penting untuk mendukung daya jelajah di pelosok saat berkendara dengan Isuzu D-Max.

2. Isuzu D-Max 2023 Memiliki Sistem Penggerak 4x4

5 Hal Menarik Isuzu D-Max 2023, Jadi Andalan Patroli Polisi Sabhara 03

Isuzu D-Max sendiri telah dilengkapi sistem penggerak empat roda yang canggih, yang memungkinkan mobil untuk mengatasi medan off-road dengan mudah. Mobil double cabin ini memiliki 4WD electric switch atau Shift on the Fly yang memudahkan pengoperasian.

Kemudian di sisi traction control, Isuzu D-Max juga dilengkapi dengan Differential Lock. Fitur ini memberikan kemudahan saat melewati kontur jalan off-road yang memerlukan kontrol traksi.

3. Ground Clearance Tinggi Dan Suspensi Khusus Medan Off Road

5 Hal Menarik Isuzu D-Max 2023, Jadi Andalan Patroli Polisi Sabhara 04

Isuzu D-Max juga memiliki water wadding depth di 800 mm, dimana membuat Isuzu D-Max bisa melewati air dengan mudah pada kedalaman 800 mm serta adanya underbody protection semakin melindungi bagian bawah kendaraan di medan off-road.

Keperkasaan Isuzu D-Max juga tidak perlu diragukan lagi, karena Isuzu D-Max memiliki suspensi khas Isuzu yang mendukung di area off-road. Kombinasi performa mesin dan sistem suspensinya memungkinkan mobil untuk menangani tugas-tugas patroli dengan mudah, baik di jalan raya maupun jalur off-road.

4. Isuzu D-Max 2023 Memiliki Fitur Keselamatan yang Proporsional

5 Hal Menarik Isuzu D-Max 2023, Jadi Andalan Patroli Polisi Sabhara 05

Isuzu D-Max juga turut serta mendukung lewat kelengkapan fitur keamanan yang disematkan. Double cabin ini dilengkapi dengan berbagai fitur active safety sebagai berikut: 

ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), BA (Break Assist): merupakan fitur sistem pengereman mobil untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
HSA (Hill Start Assist), HDC (Hill Decent Control): merupakan fitur keselamatan saat berada di tanjakan dan turunan

ESC, Electronic Stability Control: Fitur yang membantu pengemudi agar tidak kehilangan kontrol saat kondisi oversteer/understeer
TCS, Traction Control System: Fitur untuk menjaga stabilitas mobil saat berada di tikungan tajam.

Emergency stop signal, Follow me Home, Headlamp manual Levelling, dan rear camera. Emergency stop lamp untuk memberikan tanda/signal untuk ke pengendara lain di belakang kendaraan. Sedangkan untuk Follow Me Home, adalah fitur bantuan penerangan saat kondisi dibutuhkan dengan kondisi mobil mesin sudah tidak beroperasi dan pintu sudah terkunci.

Sedangkan untuk passive safety, Isuzu D-Max dilengkapi dengan kombinasi pretensioner seatbelt, dual air-bag, serta Crash Door Unlock System. Fitur Crash Door Unlock System bermanfaat memudahkan evakuasi saat membuka pintu pada saat terjadi kecelakaan.

5. Desain Baru yang Maskulin, dengan Kabin yang Modern

5 Hal Menarik Isuzu D-Max 2023, Jadi Andalan Patroli Polisi Sabhara 06

Penampilan luar Isuzu D-Max terbaru tampil lebih berani. Eksteriornya digarap dengan konsep bold dan sporty. Berasal dari paduan grill baru, headlamp, rear combination lamp, serta bedliner. 

Kabin dan fitur interior Isuzu D-Max didesain dengan baik untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan penggunaan. 
Kontrol yang mudah dijangkau dan berbagai kompartemen penyimpanan memudahkan anggota Polri dalam menjalankan tugasnya.

Kesimpulan

Isuzu D-Max dipilih menjadi kendaraan dinas karena seringkali tim menghadapi medan yang berat dan akses jalur yang sulit, khususnya di daerah pedalaman.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, tidak mengherankan jika Isuzu D-Max telah menjadi pilihan kendaraan operasional yang tangguh dan diandalkan oleh Korp Sabhara Kepolisian untuk dapat mengakses baik on-road maupun off-road. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Isuzu D MAX Single Cab 2.5 VGS MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil