window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal yang Bikin Renault Kwid Bisa Jadi Pilihan

Yusuf · 12 Okt, 2020 16:00

5 Hal yang Bikin Renault Kwid Bisa Jadi Pilihan 01

Perang mobil di segmen city car kian menarik pasca industri otomotif kehadiran Renault yang menjagokan Kwid. Lawan yang dihadapi oleh Kwid tidak tanggung-tanggung, yakni beberapa pemain asal Jepang seperti Suzuki Ignis, Honda Brio dan Toyota Agya. Untuk bisa merebut hati konsumen, tentu Renault harus memiliki selling point yang bisa menarik konsumen di Indonesia.

Terlebih bagi pemain lama yang sudah dibekali dengan beberapa fitur mumpuni. Namun, kehadiran Renault Kwid bukan hanya sekedar pelengkap, tetapi Kwid juga bisa menjadi ancaman bagi pemain lama lantaran ada beberapa hal baru yang dibawa oleh Kwid untuk konsumen otomotif Indonesia.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai apa saja yang unik dari mobil ini, sekiranya ada hal yang akan kami sampaikan bahwa dari segi harga, mobil ini dibanderol dengan rentang harga Rp 149,9 juta untuk varian paling bawah, dan Rp 158,9 juta untuk varian Climber yang menjadi kasta tertingginya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Mesin

Renault Kwid memang memiliki fisik SUV perkotaan yang kental dengan nuansa atletis. Namun di balik itu, untuk jantung pacu yang mengisi ruang mesin, produsen tidak menyematkan unit mesin yang besar. Pasalnya, Renault Kwid masih dibekali dengan mesin tiga silinder berkapasitas 1.0 liter. Tidak ada yang istimewa pada mesin tersebut, untuk tenaga yang dihasilkan pun juga tidaklah besar hanya berkisar 68 PS pada 5.500 rpm dan torsi sebesar 91 Nm pada 4.250 rpm.

Namun, meski mesin tersebut tidak sebesar pesaingnya, Renault mengklaim mesin tersebut memiliki fitur Smart Control Efficiency (SCe) yang mampu mengoptimalkan rasio udara ke bahan bakar sehingga kinerja lebih maksimal dan efisiensi bahan bakar lebih hemat.

5 Hal yang Bikin Renault Kwid Bisa Jadi Pilihan 01

2. Kabin

Untuk bermain di segmen SUV, selain mesin yang menjadi tumpuan untuk menaklukan berbagai medan ada fitur lain yang juga menjadi fokus utama. Kelegaan kabin, juga memengaruhi penilaian konsumen terhadap sebuah SUV. Bicara kelegaan ruang yang ditawarkan oleh Renault Kwid, memang lebih baik ketimbang mobil yang berada di segmen Low Cost Green Car (LCGC). Sebab, jika dikomparasi, kelegaan interior memang lebih baik Renault Kwid yang menawarkan ruang yang lebih besar.

Tentunya, dengan kelegaan yang dimiliki oleh Renault Kwid ini bisa menjadi sebuah fitur yang dibanggakan oleh mereka. Terlebih untuk konsumen Indonesia, mereka sangat fokus pada beberapa hal di dalam interior seperti, leg room, head room, serta busa kursi yang empuk.

Secara daya tampung, mobil ini memang diperuntukan untuk empat orang dewasa dengan satu anak kecil yang ditempatkan di tengah. Akan tetapi, jika ditempati oleh orang dewasa, hal tersebut bukan masalah, penumpang masih bisa duduk dengan nyaman di baris kedua untuk perjalanan pendek.

3. Kenyamanan

Menyambung kembali pada poin kedua mengenai kenyamanan. Pada poin ini, Renault Kwid sepertinya tahu betul bagaimana cara memberikan kepuasan kepada konsumen Indonesia. Selain menawarkan ruang interior yang cukup, Renault juga sukses memberikan kenyamanan yang lebih baik dari kompetitornya.

Jika melihat negara asalnya, memang mobil Perancis dikenal dengan kenyamanan baik untuk pengemudi ataupun penumpang saat melintas di dalam kota. Memang untuk material mobil Renault Kwidyang digunakan masih terbilang murah, tapi hal tersebut sepadan dengan harga jualnya yang memang termasuk mobil murah.

4. Sistem Infotainment

Kenyaman lain yang diberikan oleh Renault bukan hanya dari segi pengendalian, tetapi melalui sistem infotainemt yang siap menemani pemiliknya sepanjang perjalanan. Jika mengambil garis besarnya, Renault Kwid memiliki fitut Android Auto dan Apple Car Play yang merupakan fitur terbatas di beberapa mobil di Indonesia.

Namun, Renault sudah menghadirkan fitur tersebut agar konsumennya mendapat kemudahan dalam mengoperasikan layar informasi yang diletakkan di tengah dashboard.

Mengenai kemampuannya, head unit yang bisa dioperasikan dengan touchscreen, bisa menjalankan berbagai format audio dan video. Sebut saja melalui USB dan Aux, sehingga pengemudi Renault Kwid tidak lagi direportkan ketika ingin mengoperasikan fitur tersebut.

5 Hal yang Bikin Renault Kwid Bisa Jadi Pilihan 02

5. Fitur Keselamatan

Sebagai fitur utama yang harus ditanamkan pada mobil, aspek keselamatan menjadi wajib bagi semua konsumen. Terlebih di masa yang modern, paling tidak, konsumen menginginkan bahwa mobil mereka sudah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System). Dengan adanya ABS, tentu menjadi sebuah nilai lebih yang akan dipikirkan oleh konsumen.

Lantas ada fitur apa lagi yang sudah dibenamkan pada Renault Kwid ini?

Melihat spesifikasi yang dirilis, Renault Kwid sudah dilengkapi dengan beberapa fitur mumpuni. Seperti antara lain airbag pada sisi pengemudi, ABS dan EBD, Overspeed Alert dan Driver and Passenger seat belt reminder.

Dengan harga yang dibanderol di bawah Rp 180 jutaan, tentu beberapa fitur keamanan tersebut sudah menjadi benefit. Bahkan, untuk urusan kemudahan dan keprakrisan, Renault Kwid juga sudah dibekali dengan fitur remote keyless sehingga pemilik hanya mengantongi remote mobil untuk masuk ke dalam.

5 Hal yang Bikin Renault Kwid Bisa Jadi Pilihan 03

Kesimpulan

Setelah menjabarkan beberapa keunggulan Renault Kwid, memang masih ada beberapa hal yang mengganjal. Namun, mengingat kembali harga yang ditawarkan di bawah Rp 200 jutaan, maka fitur standar yang sudah dibenamkan pada Renault Kwid sudah menjadi nilai tambah.

Di samping itu, untuk konsumen yang menginginkan mobil ini dan diperuntukan untuk kebutuhan mobilitas di dalam kota, akomodasi Renault Kwid cukup mumpuni. Hanya persoalan mesin yang kecil tapi irit bahan bakar menjadi sebuah concern bagi saya.

Jika melihat lawan yang dihadapi, Renault Kwid memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh lawannya. Tentu hal ini menjadi sebuah poin plus yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen. Segudang fitur mumpuni, Renault Kwid bisa jadi pilihan Anda!

Yusuf

Suka dengan motorsport dan senang touring untuk bertualang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2020 Renault Kwid MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil