window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback RS, Penerus Honda Jazz yang Lebih Baik?

Enda · 12 Jan, 2024 18:03

Kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback RS

Selain Toyota Yaris, masyarakat Indonesia juga penasaran dengan apa saja kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback RS.

Sebagai penerus Honda Jazz GK5 di Tanah Air, City Hatchback RS pertama kali diluncurkan di Indonesia pada Maret 2021.

Saat meluncur, mobil ini sanggup menarik antusias para pecinta otomotif Tanah Air.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bagaimana tidak, sebulan setelah diluncurkan, mobil ini sanggup menduduki posisi pertama sebagai hatchback terlaris menurut data penjualan wholesales GAIKINDO dengan total angka dikumpulkan sebanyak 788 unit.

Bicara mengenai pesaingnya, saat itu Suzuki Baleno terkirim 462 unit serta Toyota Yaris sejumlah 241 unit.

Sebagai informasi, City Hatchback RS per Januari 2024 menurut situs resminya dibandrol Rp352,5 juta untuk varian MT, Rp362,5 juta tipe CVT dan terakhir Rp382,5 juta jenis CVT with Honda SENSING.

Mengetahui lebih dekat dengan City Hatchback RS, simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Baca juga: Honda City Hatchback Facelift 2023 Juga Bersiap untuk Dirilis

Kelebihan Honda City Hatchback RS

1. Lebih Sporty Ketimbang Honda Jazz GK5

Kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback RS

Tampilan belakang City Hatchback RS

Secara tampilan City Hatchback RS terkesan jauh lebih sporty dan juga atraktif dibandingkan Jazz GK5 yang kini sudah tidak lagi dijual di Tanah Air.

Mengusung konsep "Energetic, the H Atchback”, mobil ini mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ciri khas model City sekaligus karakter hatchback Honda.

Pada eksterior, mobil ini memiliki tarikan garis yang terlihat menampilkan kesan sporty, dengan menerapkan cutting edge design.

Dengan garis karakter yang kuat, hatchback kompak ini berhasil dipadukan sistem pencahayaan berteknologi Full LED Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Rear Combi Light with LED light bars.

Hanya memiliki satu varian yang ditawarkan, untuk bumper belakang lengkap dengan diffuser, selanjutnya ada fog garnish, bumper depan add-on, dan lower mesh grill yang menonjolkan kesan sporty.

Bicara lingkar roda, mobil ini diaplikasikan velg 16 inci dengan two tone cutting yang memperlihatkan aura sportynya.

Pada buritan, stoplampnya mobil ini mengusung teknologi LED untuk tail lights dan lampu rem dengan bentuk yang futuristik.

2. Interior Tampil Sporty, City Hatchback RS Punya Banyak Fitur Unggulan

Kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback RS

Interior City Hatchback RS

Nuansa interior City Hatchback RS tampil begitu sporty berkat desain yang ditampilkan serta penggunaan warna hitam  dengan kombinasi merah di beberapa bagian.

Meski membawa kesan aura sporty yang kental, mobil ini memiliki kabin yang akomodatif berkat lantai dasar kabin dibuat merata.

Terlebih mobil ini telah diaplikasikan fitur Ultra Seat seperti yang ada pada Jazz, membuat mobil ini semakin nyaman digunakan ketika berpergian sebagai tempat istirahat.

Sebagai informasi, fitur Ultra Seat nya dapat diatur dengan 4 mode berbeda pada kursi depan dan belakang yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode.

Lainnya, untuk panel instrumen didesain dengan Sporty Meter Cluster with Red Accent 7 inci yang juga terintegrasi dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci.

Smartphone kalian dapat dengan mudah ditautkan pada sistem hiburan melalui fitur Smartphone Connection yang dapat menunjang aktivitas pengguna.

Menariknya, untuk audio yang digunakan mobil ini dipadukan 8 buah speaker yang ada pada bagian depan dan belakang kabin, serta Auto A/C with Red Illumination.

Kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback RS

Meter cluster City Hatchback RS

Fitur canggih lainnya pun telah disematkan pada mobil ini seperti fitur Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, and Top View untuk membantu pengguna saat memarkir mobilnya.

Guna menunjang kemudahan berkendara, mobil ini berhasil disematkan One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition.

Oh iya, mobil ini punya fitur yang tidak dimiliki para pesaingnya, uakni Remote Engine Start ini.

Melalui remote, kalian bisa manfaatkannya untuk menghidupkan mesin mobil dari luar yang sekaligus bisa menyalakan AC untuk memberikan suhu dingin di dalam kabin sebelum kalian memasukinya.

3. Raih 5 Bintang Dalam Uji Keselamatan, City Hathcback RS Dilengkapi ADAS

Kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback RS

Tampilan samping City Hatchback RS

Menurut pengujian tes keselamatan pada ASEAN NCAP, City Hatchback RS berhasil menyabet 5 bintang sekaligus.

Catatan perlindungan yang sempurna tak lepas dari 6 airbags yang disematkan dengan masing-masing kursi telah dibenamkan ELR (Emergency Locking Retractor) sebagai sabuk pengaman pretensioner dan juga ISOFIX.

Selain itu juga mobil ini berhasil dilengkapi ABS, EBD + BA, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder Emergency Stop Signal, Honda Lane Watch serta Walk-Away Auto Lock.

Khusus varian teratas, mobil ini dibekali fitur keselamatan ADAS yang dinamai Honda SENSING.

Fitur Honda SENSING pada mobil ini meliputi; Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System, dan Auto High Beam.

4. Mesin dengan Tenaga Terbesar di Kelasnya

Kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback RS

Mesin L15ZF

Untuk jantung pacunya City Hatchback RS dibenamkan mesin jenis DOHC berkodekan L15ZF 4-silinder segaris 16 valve, i-VTEC + DBW berkapasitas 1.498 cc, yang di atas kertas sanggup meletupkan tenaga hingga 121 PS di 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Di kelasnya mesin yang digunakan punya performa paling buas.

Tenaga yang dihasilkan selanjutnya diteruskan ke transmisi manual 6-percepatan dan CVT 7-percepatan.

Pada transmisi CVT, mobil ini dilengkapi paddle shift yang bisa digunakan untuk menaikan atau menurunkan gigi secara manual sesuai dengan keinginan pengendara.

Baca juga: Konsumsi BBM Honda City Hatchback RS Apakah Lebih Baik dari Jazz Sebagai Suksesornya?

Kekurangan Honda City Hatchback

1. Gunakan Rem Tromol di Belakang

Kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback RS

Rem tromol

Sistem pengereman City Hatchback RS untuk bagian depan menggunakan cakram dan tromol di bagian belakang.

Penggunaan rem tromol di belakang untuk sebuah hatchback perkotaan dengan tampilan sporty sebenarnya terkesan jadul.

Toyota Yaris yang merupakan pesaing utamanya untuk sistem pengereman di semua rodanya sudah menggunakan model cakram.

Untuk kekurangan dari rem tromol sendiri pemilik diharuskan melakukan penyetelan manual secara seimbang antara bagian kanan dan kiri, serta membersihkan abu yang melekat pada tromol dari sisa-sisa pengereman.

2. Head Room Terbatas

Di baris kedua untuk head room City Hatchback RS terasa sempit untuk penumpang dewasa dengan tinggi badan di atas 170 cm.

Head room yang terasa sempit lantaran mobil ini mengusung gaya coupe, dimana atapnya dibuat rendah guna menampilkan kesan sporty serta tingkat aerodinamika berkendara yang baik.

3. Tidak Ada Mode Sport

Kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback RS

Tombol Mode Sport

Kekurangan lain pada City Hatchback RS yakni mobil ini tidak dilengkapi Mode Sport, yang bisa menghasilkan sensasi berkendara lebih tertantang. Padalah pesainya, Yaris telah mendapatkan fitur ini.

Meski tida ada Mode Sport, dari segi berkendara mobil ini terasa begitu sporty lantaran memiliki performa paling besar di kelasnya.

4. Peredam Kabin Tipis

Terakhir kekurangan yang kami rasakan dari City Hatchback yakni peredam kabinnya yang tipis.

Kami masih bisa dengan mudah mendengar suara kendaraan lain dari luar di dalam kabin.

Kesimpulan

Suksesor Jazz GK5 di Tanah Air, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback RS yang perlu diketahui.

Bukan cuma memiliki tampilan sporty dan futuristik, namun fitur unggulan dan keselamatan jempolan yang dapat memberikan kenyamanan serta keamanan selama berkendara.

Memiliki gaya berkendara yang fun to drive, dibandingkan pesaing terdekatnya City Hatchback RS mempunyai performa paling besar di kelasnya.

Hanya saja untuk kekurangannya mobil ini masih mengandalkan rem tromol di belakang, Head Room baris kedua sempit, tidak ada Mode Sport, serta peredam kabin yang tipis.

Untuk peredam kabin, cara mengakalinya kalian bisa menambahkan peredam kabin yang banyak dijual di pasaran.

Kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback RS

Kelebihan:

  • Tampilan sporty
  • Interior mengesankan
  • Punya Honda SENSING
  • Tenaga mesin

Kekurangan:

  • Rem belakang masih tromol
  • Head room terbatas
  • Tidak ada Sport Mode
  • Peredam kabin tipis

Baca juga: Fitur Pintar Ultra Seat Pada Honda City Hatchback RS 2021, Warisan Berharga Honda Jazz

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda City Hatchback RS 1.5 M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil