window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Mobil Listrik Terbaik untuk Dipakai Harian

Prasetyo · 21 Apr, 2024 10:01

memilih mobil listrik terbaik untuk harian

Memilih mobil listrik terbaik untuk harian sebagai kendaraan menemani aktivitas kalian memang memiliki banyak kelebihan dibanding ketika pakai mobil bermesin bensin atau solar.

Apalagi saat ini era mobil listrik semakin menunjukkan popularitasnya di kalangan masyarakat Indonesia.

Berbagai merk, model, dengan segudang fitur teknologi pintar yang canggih semakin berkembang dan beredar di pasar, memungkinkan calon konsumen dapat memilih sesuai kebutuhan mereka. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil listrik pun semakin populer sebagai alternatif kendaraan ramah lingkungan untuk transportasi sehari-hari. 

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli mobil listrik, ada beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan agar sesuai dengan kebutuhan harian kalian.

Pentingnya memahami spesifikasi dan fitur pada setiap model mobil listrik akan memudahkan untuk mendapatkan sesuai keinginan dan kebutuhan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib kalian pertimbangkan saat hendak memilih mobil listrik terbaik untuk dipakai harian.

Baca juga: Jual Mobil Listrik Bekas Jauh Lebih Susah Dibanding Mobil Mesin Biasa

1. Jarak Tempuh Baterai yang Optimal

memilih mobil listrik terbaik untuk harian

Jika punya kemampuan jarak tempuh optimal, maka mobil tersebut tidak perlu sering di cas

Satu faktor penting saat mencari mobil listrik terbaik adalah mengetahui jarak tempuh maksimal yang dapat dicapai dalam sekali pengisian daya baterai. 

Hal ini menjadi faktor utama karena kebutuhan berkendara setiap orang berbeda-beda, apalagi jika kalian memerlukan mobil listrik yang bukan hanya untuk dipergunakan di dalam kota namun juga sesekali bisa dipakai untuk bepergian jauh ke luar kota. 

Untuk mempertimbangkan soal jarak tempuh, kalian bisa pilih Neta V yang memiliki jarak tempuh hingga 401 km.

Kemudian mobil listrik lain yang juga bisa menempuh jarak hingga lebih dari 400 km ada Hyundai IONIQ 5 Long Range (451 km), sementara kalau mau yang di bawahnya ada Wuling Air EV dengan jarak tempuh hanya 300 km.

2. Harga yang Terjangkau

memilih mobil listrik terbaik untuk harian

Kalau baru beralih ke EV, sebaiknya pilih yang harga terjangkau dulu

Kalau kalian baru mulai beralih pada kendaraan elektrifikasi, mungkin pertimbangan unit yang memiliki harga masih terjangkau.

Hal ini lantaran kalian harus beradaptasi terlebih dahulu dengan kendaraan yang teknologi serta gaya berkendaranya cukup jauh berbeda dibanding mobil ICE (Internal Combustion Engine).

Saran kami, kalian bisa pilih harga mobil listrik di rentang Rp 300 juta hingga Rp 700 jutaan.

Range banderol tersebut merupakan harga yang masih setara dengan mobil-mobil baru yang saat ini dijual, sehingga kalian bisa mendapatkan benefit dari sebuah BEV (Battery Electric Vehicle) namun banderolnya masih setara mobil bensin atau solar.

Berikut ini beberapa mobil listrik yang masuk kategori rentang harga tersebut.

  • Wuling AirEV
  • Seres E1
  • Wuling Binguo EV
  • Citroen E-C3
  • Neta V
  • BYD Dolphin
  • MG ZS EV
  • MG 4 EV
  • Chery Omoda E5
  • BYD Atto 3
  • Nissan Leaf
  • Hyundai IONIQ 5
  • BYD Seal

Baca juga: 7 Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh Terjauh yang Dijual di Indonesia, Tertarik Pilih yang Mana?

3. Kemudahan Ngecas Baterai

memilih mobil listrik terbaik untuk harian

Pastikan ada jaringan SPKLU di rute yang kalian lalui setiap hari

Mobil listrik tentunya akan sangat bergantung pada kemudahan charging baterai di kendaraan tersebut.

Misalnya aksesibilitas infrastruktur pengisian daya baterai menjadi faktor penting sebelum membeli mobil listrik terbaik. 

Saat ini SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) sudah semakin tersebar di berbagai daerah yang tentunya lebih mudah mencari titik lokasi SPKLU terdekat. 

Namun kalau kalian mau pakai mobil listrik buat sehari-hari, pastikan di rute keberangkatan atau pulang setiap hari, sera di lokasi aktifitas kalian ada charging station yang bisa digunakan.

Sehingga tidak perlu was-was lagi ketika baterai pada kendaraan itu sudah saatnya harus melakukan pengisian ulang daya listrik.

Kemudian pastikan kendaraan listrik yang hendak kalian beli sudah menunjang fitur pengisian daya untuk semua tipe soket yang ada di SPKLU.

"Neta V sudah dilengkapi dengan charger CCS type 2 yang bisa digunakan di seluruh SPKLU terdekat," tulis keterangan resmi NETA Auto Indonesia selaku APM mobil listrik Neta.

4. Fitur Fast Charging yang Efisien

memilih mobil listrik terbaik untuk harian

Keberadaan fitur fast charging akan memberi kemudahan saat pemakaian EV

Lamanya waktu pengisian baterai juga menjadi faktor yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil listrik terbaik untuk harian. 

Pilihlah kendaraan elektrifikasi yang memiliki fitur DC Fast Charging agar lebih efisien waktu saat pengisian.

Contohnya Neta V yang sudah dibekali fitur fast charging yang memungkinkan pengisian daya dari 30% hingga 80% dalam waktu hanya 30 menit, sehingga pengguna dapat melanjutkan perjalanan tanpa menunggu terlalu lama.

Kemampuan ini sangat penting jika kalian hanya memiliki waktu yang terbatas untuk mengisi daya listrik kendaraan di sela-sela aktivitas yang begitu padat.

Misalnya dengan fitur fast charging, kalian bisa parkir EV kalian di sebuah SPKLU yang punya soket DC Fast Charging kemudian kalian tinggal untuk meeting dengan rekan kerja, dan dalam waktu 1-2 jam setelah selesai meeting, baterai sudah terisi lebih dari 90%.

Baca juga: Mobil Listrik Chery Diminta Pemerintah RI Ikut Pakai Baterai Nikel

5. Biaya Perawatan Berkala yang Terjangkau dan Garansi

memilih mobil listrik terbaik untuk harian

Neta memberikan gratis perawatan berkala hingga 50.000 km atau 5 tahun 

Tentunya setelah memiliki mobil listrik, kalian juga harus mempertimbangkan biaya perawatan berkalanya untuk menjaga performa agar mobil listrik tetap optimal dan prima.

Sebelum membeli mobil listrik tertentu, kalian perlu menanyakan secara jelas berapa biaya perawatan berkalanya.

Secara umum, biaya perawatan berkala BEV memang jauh lebih murah dibanding mobil ICE, karena kendaraan jenis ini tidak butuh penggantian oli mesin, filter oli, dan filter bahan bakar secara berkala seperti halnya mesin bensin atau solar.

Kemudian yang tak kalah penting adalah jaminan dan garansi yang diberikan oleh pihak produsen atas mobil listrik yang mereka jual.

"NETA memahami pentingnya efisiensi biaya perawatan untuk jangka panjang, oleh karena itu, NETA memberikan layanan perawatan berkala secara gratis hingga mencapai 50.000 km atau 5 tahun yang meliputi jasa dan spare parts," tulis keterangan resmi Neta.

Selain itu konsumen Neta V juga akan mendapatkan Lifetime Warranty untuk baterai, drive motor, dan motor control unit, sehingga konsumen tidak perlu khawatir akan rasa aman pengalaman berkendara dengan Neta V. 

6. Kabin yang Lapang dan Ukuran Bagasi yang Luas

memilih mobil listrik terbaik untuk harian

Kabin dan bagasi yang lapang juga penting

Punya mobil untuk pemakaian sehari-hari memang wajib nyaman, baik saat dipakai seorang diri, maupun ketika harus mengangkut berbagai barang kebutuhan atau sata ada rekan maupun teman yang ikut menumpang.

Karena itulah sebaiknya pilih kendaraan listrik yang memiliki ruang kabin lapang dan sama nyamannya dengan mobil bermesin bakar internal.

Kemudian kebutuhan akan ruang penyimpanan bagasi untuk membawa barang-barang saat bepergian juga perlu diperhatikan. 

Jangan sampai kalian bingung saat harus membawa barang dengan ukuran cukup besar, tetapi ruang kabin dan kapasitas bagasi mobil tersebut yang sangat terbatas.

Untuk Neta V dilengkapi dengan bagasi luas yang dapat menampung hingga 355 liter dan cocok untuk menampung berbagai barang bawaan para pengguna,dan ideal untuk perjalanan dalam dan ke luar kota.

Baca juga: Pilihan Mobil Listrik Rp 400 Jutaan Mulai dari Chery Omoda E5 Sampai MG ZS EV

7. Kapasitas Daya Listrik Rumah 

mrmilih mobil listrik terbaik untuk harian

Dengan pemasangan Wall Charging maka tidak tergantung lagi dengan SPKLU

Hal terakhir sebelum memutuskan untuk memilih mobil listrik terbaik untuk dipakai harian adalah dengan mempertimbangkan juga instalasi pembangkit daya di rumah kalian.

Kapasitas daya listrik di rumah ini sangat penting untuk pemasangan fasilitas pengisian daya baterai mobil listrik menggunakan Wall Charging atau Home Charging. 

Beberapa kendaraan listrik memang bisa menggunakan soket listrik konvensional di rumah asalkan daya listrik minimal 1.300 watt.

Namun sebaiknya kalian melakukan penambahan daya listrik di rumah jika hendak memakai EV, mengingat beberapa perabot kebutuhan rumah tangga juga ada yang memerlukan listrik seperti TV, AC, kulkas, hingga kompor listrik.

Jangan sampai ketika hendak ngecas mobil listrik, kalian tidak bisa mengaktifkan sederet peralatan rumah tangga tadi karena daya listriknya yang tidak mencukupi.

Namun jika kalian punya Wall Charging atau Home Charging, kalian bisa seperti memiliki SPBU pribadi di rumah lantaran tidak tergantung pada ketersediaan SPKLU untuk melakukan isi ulang daya baterai mobil kalian.

Nah, dengan mempertimbangkan beberapa faktor-faktor tadi, kalian dapat memilih mobil listrik terbaik untuk dipakai harian yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup kalian. 

Selamat memilih mobil listrik yang ramah lingkungan dan hemat energi untuk perjalanan sehari-hari!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Neta V

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia