window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

BYD Dolphin vs Neta V, Siapa yang Paling Menarik?

Herdi · 19 Jan, 2024 09:02

BYD Dolphin vs Neta V, Siapa yang Paling Menarik? 01

BYD Dolphin vs Neta V bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin membeli sebuah mobil listrik dengan bentuk compact. 

Ya, meski BYD Dolphin dan Neta V berasal dari China, namun keduanya tidak dalam satu rahim yang sama alias beda brand dan lain pabrikan.

Di Indonesia, BYD Dolphin dimiliki BYD Indonesia sedangkan untuk Neta V di bawah naungan PT Neta Auto Indonesia. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bahkan, jika ada yang menyebutkan BYD Dolphin vs Neta V terkesan mirip, sejatinya keduanya jelas sangat berbeda, dimana Dolphin jadi sebuah mobil hatchback, sedangkan Neta V adalah sebuah crossover.

Baca juga: Lihat Keunggulan Spesifikasi BYD Dolphin di Indonesia, Model Hatchback Cocok untuk Anak Muda

Untuk mau tahu apa perbedaanya, bisa lihat perbandingannya seperti di bawah ini:

Perbanding BYD Dolphin vs Neta V

BYD Dolphin dan Neta V

BYD Dolphin dan Neta V

Secara tampilan keseluruhan, BYD Dolphin memiliki ukuran yang lebih melar, baik panjang, lebar dan tinggi dibandingkan Neta V.

Namun bagi Anda yang tidak mempermasalahkan bentuk besar kecil atau panjang pendek, ya monggo saja memilih sesuai selera. 

Baca juga: 5 Hal Menarik Neta V, Mobil Listrik di Bawah Rp400 Juta!

Berikut ini perbandingan dimensi BYD Dolphin dan Neta V.

Dimensi
Keterangan  BYD Dolphin Neta V
Panjang 4.290 mm  4.070 mm
Lebar 1.770 mm 1.690 mm
Tinggi 1.570 mm 1.540 mm
Jarar Sumbu Roda 2.700 mm 2.420 mm

Adu Desain BYD Dolphin dan Neta V

Setelah mengetahui bagaimana dimensinya, maka sebagai permulaan kita bahas terlebih dahulu bagian eksterior.

Eksterior BYD Dolphin

BYD Dolphin

BYD Dolphin 

BYD Dolphin diklaim mengadopsi konsep desain 'ocean aesthetics’, dimana pada bagian body memiliki sayatan atau garis lipatan sehingga terlihat sebuah siluet meruncing pada bagian sisi.

Pada bagian depan, BYD Dolphin memiliki desain lampu depan dan belakang yang diklaim terinspirasi dari gerakan dinamis lumba-lumba. 

Untuk pencahayaannya, mobil listrik ini sudah menggunakan lampu depan LED melintasi kisi-kisi tengah dan lampu belakang memberikan kesan gaya serta teknologi avant garde.

Dengan penerangan berupa lampu LED, maka pada desain lampu belakang akan sangat membantu penglihatan malam hari menjadi lebih jelas

Eksterior Neta V

Neta V

Neta V

Untuk Neta V, mobil ini memberikan desain yang lebih simple dengan mengaplikasikan banyak garis lengkung.

Di bagian depan, Neta V sudah menggunakan lampu LED projector yang mendukung fitur headlamp levelling, demikian juga pada bagian lampu belakang terpasang LED.

Neta V juga sudah dilengkapi Rear Spoiler dan juga Rear Defogger pada kaca belakang. 

Baca juga: Baterai Mobil Listrik NETA V Lolos IP68, Ini Kehebatannya Dibanding IP67

Interior BYD Dolphin

Interior BYD Dolphin

Interior BYD Dolphin  

Secara tampilan interior, BYD Dolphin sudah cukup keren, hal ini terlihat head unit layar sentuh berukuran 12,8 inci, yang bisa terhubung dengan Apple CarPlay maupun Android Auto, dan juga 12 speaker sebagai tambahan.

Layar sentuh dengan ukuran lebar ini juga digunakan untuk mengetahui berbagai informasi serta pengoperasian keperluan pada mobil.

Selain layar yang besar, BYD Dolphin juga memiliki layar kecil berukuran 5 inci tepat di belakang lingkar kemudi sebagai panel instrumen.

Hal unik dari BYD Dolphin ada pada bagian tuas transmisi, yang mengoperasikannya cukup disentuh naik dan turun.  

Selain itu, mobil listrik ini juga sudah ada wireless charging, sabuk pengaman depan dual stages pretensioners, pengaturan jok elektrik enam arah, kaca spion elektrik, hingga panoramic sunroof.

Interior Neta V

Interior Neta V

Interior Neta V

Pada bagian interior Neta V pada bagian  dashboard memiliki bentuk lapang dan lebar dengan aksen kayu di bagian tengah dan terdapat console tengah model floating yang sekaligus sebagai cup holder.

Neta V juga punya sebuah layar cukup lebar berukuran 14,6 inci, dimana fungsinya sebagai head unit sekaligus panel instrumen yang sangat informatif.

Oia, layar sentuh yang cukup lebar ini terkoneksi  dengan Android Auto maupun Apple CarPlay, ditambah speaker berjumlah enam unit sehingga akan lebih menyenangkan saat digunakan untuk sistem hiburan.

Selain itu, layar yang lebar ini juga sebagai sumber informasi seputar kendaraan dan untuk mengatur sejumlah fitur mulai dari AC, menyalakan lampu, mengatur tinggi rendahnya lampu, mematikan sistem kelistrikan, hingga meningkatkan atau menurunkan volume suara, dan lainnya.

Fitur BYD Dolphin

BYD Dolphin dilengkapi dengan panoramic sunroof

BYD Dolphin dilengkapi dengan panoramic sunroof

BYD Dolphin yang masuk Indonesia saat ini bisa disebut jadi model entry level atau paling terjangkau. 

Namun begitu mobil listrik ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan dan keamanan canggih nan lengkap yang tak kalah hebat dari mobil-mobil premium. 

Nah, beberapa fitur keselamatan yang ada pada mobil ini seperti airbags berjumlah enam titik, Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Stability Program (ESP), hingga Regenerative Braking.

BYD Dolphin juga sudah memiliki fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Support (LKS), Lane Departure Prevention (LDP), Lane Change Collision Warning (LCW), dan Emergency Lane Keeping Assist (ELKA).

Tak cuma itu ada juga Automatic Emergency Braking System (AEBS), Predictive Collision Warning (PCW), Rear Collision Warning (RCW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Rear Cross Traffic Brake (RCTB), Blind Spot Detection (BSD) serta High Beam Assist.

Beberapa fitur lainnya juga ada seperti Tire Pressure Monitor System (TPMS), Integrated Power Brake (IPB), Hydraulic Brake Assist (HBA), Brake Disc Wiping system (BDW), Traction Control System (TCS), Controlled Deceleration for Parking Brake (CDP), Hill-start Hold Control (HHC), Comfortable Stop (CST), Brake Override System (BOS), Electronic Anti Theft System, Keyless Access System with Smart Entry dan Speed Sensing Automatic locking.

Nggak heran dengan fitur keselamatan dan keamanan yang diterapkan, BYD Dolphin ini sudah mendapatkan  bintang 5 dari Penilaian Mobil Baru Eropa (Euro NCAP).

Fitur Neta V

Neta V

Neta V

Neta V juga tak kalah hebat untuk urusan fitur yang disematkan, karena bisa disebut cukup lengkap. 

Beberapa fitur yang ada pada mobil ini seperti High Strength Steel Body, Electronic Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Hold (AVH), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Electronic Stability Control System (ESC), Hill-start Assist Control System (HAC), Hill Descent Control System (HDC), Tire Pressure Monitor System (TPMS), hingga Cruise Control System. 

Selain itu masih ada fitur lainnya seperti Speed Sensing Auto Door Lock, Follow Me Home Light, HEPT 3.0 Battery Temperature Management System, Front Seat Belt with Pretensioner and Load Limiter, Seatbelt Reminder, ISOFIX, 3-point Rear Seat Belt, Dual Front Airbags, Rear Parking Radarl, Rear View Camera, Immobilizer System, dan juga Emergency Tire Repair Kit. 

Perbandingan Performa BYD Dolphin vs Neta V

Platform BYD Dolphin

BYD Dolphin ini dilengkapi dengan BYD e-Platform 3.0 yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik murni.

Nah, yang paling ditunggu-tunggu adalah bagian seberapa tangguh performa mesin antara BYD Dolphin dan Neta V. 

Namun yang perlu di garis bawahi, untuk BYD Dolphin memiliki dua varian yaitu Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range.

Alhasil, untuk tipe Premium Extended Range ada bagian nilai lebihnya. Sementara itu, untuk Neta V saat ini masih tersedia satu varian saja. 

Untuk mengetahui seberapa jauh performa mesinnya lihat perbandingannya di bawah ini. 

Performa
Keterangan  BYD Dolphin Neta V
Dynamic Standard  Premium Extended
Beterai  BYD Blade Battery (LFP) Lithium-ion Lithium-Ion IP67
Kapasitas 44,9 kWh 60,48 kWh 40,7 kWh
Motor Permanent Magnet Synchronous
Tenaga  130 kW  150 kW 70 kW
Torsi 180 Nm 290 Nm 150 Nm
Askelerasi 0-100 km per jam 8 detik 7 detik 10 detik
Kecepatan maksimal 160 km per jam 160 km per jam 120 km per jam
Jarak Tempuh 410 km 490 km 401

Harga BYD Dolphin dan Neta V

Menyoal harga sejatinya BYD Dolphin belum diumumkan berapa besaranya. Akan tetapi di negara asalnya sekitar 116.800 sampai 136.800 Yuan atau Rp256 juta sampai Rp300 jutaan.

Namun belum diketahui pasti, karena untuk pasar otomotif nasional biasanya lebih mahal dari perkiraan.  

Sementar Neta V, saat ini dijual dengan banderol Rp379 juta on the Road Jakarta. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Neta V

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia