Simak Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport 2021 yang Baru Dirilis

Bent Aulia · 20 Feb, 2021 15:00

Mitsubishi Pajero Sport 2021

Mengusung tagline “Live the Adventure”, edisi terbaru dari SUV Mitsubishi Pajero Sport 2021 dirilis secara daring untuk pasar Indonesia. Sedikit berbeda dengan versi yang dipasarkan di Thailand, pesaing Toyota Fortuner ini memiliki berbagai peningkatan fitur. Tertarik membeli mobil ini? Simak dulu apa saja kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Pajero Sport 2021 saat ini.

Kelebihan Mitsubishi Pajero Sport 2021

Sebagai salah satu model di segmen SUV menengah, New Pajero Sport menawarkan berbagai kelengkapan. Inilah yang membuatnya menarik untuk dimiliki. Nah, dengan segala revisi model yang ditawarkan untuk konsumen Tanah Air, ini dia beberapa kelebihan Mitsubishi Pajero Sport.

Kesan maskulin bergaya off-road

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2009, Mitsubishi Pajero Sport selalu dikenal sebagai SUV dengan tampilan yang sangar. Popularitasnya terlihat dengan total penjualan di Indonesia mencapai 164.773 unit. Dan kali ini, pabrikan Tiga Berlian ini memberikan beberapa penyegaran dalam hal tampilan.

bagian depan Mitsubishi Pajero Sport 2021

Penyegaran desain masih mempertahankan bahasa desain “Dynamic Shield” yang sudah digunakan pada berbagai model Mitsubishi sebelumnya. Kesan agresif dipertegas dengan kehadiran desain grille serta lampu depan kombinasi baru.

bagian samping Mitsubishi Pajero Sport 2021

Hanya saja ubahan pada bagian samping tak begitu kentara. Namun New Pajero Sport sudah membawa velg alloy 18 inci berdesain two-tone. Di belakang, terdapat antenna tipe shark fin yang baru dan desain lampu kombinasi bergaya vertikal yang menawarkan kesan gagah.

pintu bagasi Mitsubishi Pajero Sport 2021

Bodinya yang besar memang membuatnya memiliki radius putar 5,6 m. Hanya saja catatan ini merupakan yang terkecil untuk segmen SUV menengah. Tapi Pajero Sport memiliki ground clearance 218 mm, membuatnya menjadi model yang cukup enak dibawa ke semua kondisi jalan.

Mesin bertenaga

Mesin diesel 4N15 2.4T dan 4D56 2.5T yang dibagikan kepada enam varian mobil ini dikenal memberikan performa yang mengesankan. Apalagi dengan daya tariknya sebagai SUV menengah yang bisa dibawa ke berbagai medan.

mesin MIVEC Mitsubishi Pajero Sport 2021

Untuk varian Pajero Sport GLX dan Exceed, Mitsubishi memasang mesin 4D56 2.5T yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 136 ps pada 4.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 324 Nm pada 2.000 rpm. Tenaganya disalurkan mengunakan pilihan transmisi 5 percepatan manual atau 5 percepatan otomatis.

Sedangkan varian yang lebih tinggi sudah mendapatkan mesin 4N15 2.4T dengan keluaran tenaga yang lebih tinggi. Ada 181 ps tenaga maksimal pada putaran 3.500 rpm dan 430 torsi puncak pada 2.500 rpm dengan pilihan transmisi otomatis 8-percepatan.

4WD Mitsubishi Pajero Sport 2021

Pajero Sport juga sudah dilengkapi dengan fitur Adaptive Cruise Control, sedikit meringankan beban ketika berkendara di jalanan bebas hambatan.  Dan untuk memberikan sensasi berkendara yang lebih optimal, varian 4x4 mendapatkan Super Select 4WD-II serta mode off-road yang sangat membantu ketika membawa mobil ini ke luar kota atau jalanan dengan kontur yang cukup buruk.

Mesin Mitsubishi Pajero Sport 2021

Tipe Mesin

4N15 2.4T VGT-Intercooler (diesel)

4D56 2.5T Commonrail Turbocharged (diesel)

Kapasitas Silinder

2.442 cc

2.477 cc

Tenaga Maksimal

181 ps @ 3.500 rpm

136 ps @ 4.000 rpm

Torsi Maksimal

430 Nm @ 2.500 rpm

324 Nm @ 2.000 rpm

Transmisi

8-percepatan otomatis

5-percepatan manual dan otomatis

Sistem Penggerak

4-wheel drive dan rear-wheel drive

Fitur tambah lengkap

Lima tahun setelah generasi ketiga diperkenalkan di Indonesia, MMKSI menambah persenjataan teknologi dan fitur Mitsubishi Pajero Sport dengan facelift kali ini. Fitur baru yang menjadi standar memang lebih banyak dibandingkan pendahulunya.

electric brake Mitsubishi Pajero Sport 2021

Dari segi kepraktisan, ada beberapa tambahan baru. Yang pertama adalah Brake Auto Hold yang menemani Electric Parking Brake. Begitu pula dengan power yang bisa ditemukan bagi penghuni baris kedua. Memudahkan penumpang ketika ingin mengisi daya smartphone mereka.

Pertama dari Mitsubishi, Pajero Sport juga mendapatkan kluster instrument digital berukuran 8.0 inci. Kehadiran layar digital ini akan memudahkan pengemudi untuk mendapatkan berbagai informasi seputar pengendaraan sekaligus memberikan kesan mewah pada kabin depan.

head unit Mitsubishi Pajero Sport 2021

Sedangkan sistem hiburan di dalam mobil terangkum oleh layar infotainment berukuran 8.0 inci, Pajero Sport juga mendapatkan display audio yang sudah terintegrasi dengan smartphone, mempermudah dalam memiliki musik, maupun melakukan panggilan telepon hanya dengan menggunakan perintah suara.

Selain itu ada fitur baru yang membuatnya semakin nyaman berhadapan dengan sang pesaing, yaitu Power Tailgate. Fitur kenyamanan ini memudahkan pengemudi membuka pintu bagasi belakang hanya dengan gerakan kaki. Sangat membantu ketika sedang membawa barang bawaan yang cukup berat.

power tailgate Mitsubishi Pajero Sport

Model Pajero Sport yang dipasarkan di Indonesia juga memiliki beberapa perbedaan dengan yang dijual di Thailand. Diantaranya fitur Sunroof yang sudah diberikan pada model Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 dan Dakar Ultimate 4x4. Kelengkapan ini disebut menjadi daya jual tinggi untuk tampilan yang lebih berkelas.

New Pajero Sport saat ini sudah dilengkapi berbagai fitur keselamatan yang terbilang unggul di kelasnya. Mulai dari Forward Collision Mitigation (FCM), Ultrasonic Mis-acceleration Mitigation System (UMS), sistem Blind Spot Warning dan Lane Change Assist (BSW-LCA), serta Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

keyless entry Mitsubishi Pajero Sport

Dan yang terbaru, sama seperti model Mitsubishi produksi tahun 2021 juga sudah dilengkapi alat pemadam api ringan atau APAR. Tambahan ini adalah salah satu upaya Mitsubishi mendukung peraturan Dirjen Perhubungan Darat yang mewajibkan mobil baru memiliki APAR untuk memastikan faktor keamanan ketika berkendara.

Sayangnya masih ada beberapa fitur yang belum dipasang pada mobil ini. Contohnya saja fitur NFC yang berguna untuk mengecek saldo e-money serta wireless charger yang akan memudahkan pengemudi mengisi daya baterai smartphone. Kedua fitur ini sudah bisa ditemukan pada Toyota Fortuner.

Aksesoris yang lebih sporty

Bagi pelanggan yang ingin menghadirkan model yang lebih sporty, Mitsubishi bahkan mempersiapkan berbagai aksesoris tambahan untuk Pajero Sport. Director After Sales Division PT MMKSI, Eiichiro Hamazaki, mengatakan bahwa ada tiga paket aksesoris yang bisa didapatkan.

front air dam Mitsubishi Pajero Sport

Yang pertama adalah Paket Basic dengan tambahan hood emblem, side window deflector, serta exhaust finisher. Selanjutnya ada Paket Aero dengan front air dam, rear air dam, dan side step. Dan yang terakhir ada paket Aero Plus berupa hood emblem, front air dam, rear air dam, side step, window deflector, dan exhaust finisher.

Tentu saja harga yang perlu dipersiapkan untuk memasang aksesoris tambahan membuat pembeli harus merogoh kocek lebih dalam lagi. Tapi kelengkapan ini mampu membawa tampilan mobil menjadi lebih maksimal dibandingkan edisi standar.

Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport 2021

Tapi tentu saja Pajero Sport memiliki beberapa hal yang bisa diperbaiki di peningkatan generasi selanjutnya. Dibandingkan pesaing lain di segmennya, berikut beberapa kekurangan Mitsubishi Pajero Sport 2021 yang bisa ditemukan pada model baru di Indonesia.

Tak banyak ubahan desain

Kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Pajero Sport terletak pada tampilannya. Dengan posisinya sebagai model facelift, tentu saja ubahan yang diberikan tak begitu banyak. Terlebih dalam hal tampilan eksterior maupun interior. Sama seperti ubahan tengah generasi lainnya, hanya ada sedikit perombakan di luar dan dalam kabin.

Mitsubishi Pajero Sport Exceed

Beda halnya dengan Mitsubishi Outlander yang baru saja mendapatkan ubahan pada generasi ketiga di Amerika. Mengandalkan kerja sama dengan Nissan, kesan pertama melihat generasi baru Outlander terasa sangat berbeda dibandingkan model sebelumnya.

Hanya saja Pajero Sport kemungkinan besar akan mendapatkan ubahan radikal ketika mendapatkan ubahan major di generasi keempat yang kemungkinan besar dirilis 2023 mendatang. Apalagi Mitsubishi memang ingin mengubah bahasa desain perusahaan, seperti yang dilakukannya pada Mitsubishi Outlander terbaru.

Hanya ada opsi mesin diesel

Mesin diesel memang dikenal menawarkan performa sangar dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan model berbahan bakar bensin. Pasalnya konsumen menyukai model bermesin bensin karena memiliki suara yang lebih halus, sedang model bermesin diesel cukup berisik dalam hal suara mesin yang dihasilkan.

Sayangnya Pajero Sport hanya menawarkan model bermesin diesel saja. Bandingkan dengan Toyota Fortuner yang ditawarkan dalam dua varian mesin berbeda, bensin dan diesel. Padahal ketersediaan mesin bensin bisa pilihan tersendiri bagi konsumen Tanah Air.

Padahal Mitsubishi pernah membawa Pajero Sport bermesin bensin beberapa waktu lalu, tepatnya pada generasi kedua dengan mesin bensin V6 3.0L MIVEC berkapasitas 220 PS. Kemungkinan besar masalah pajak yang lebih besar untuk kendaraan dengan mesin diatas 2.5L menjadi salah satu penyebabnya.

Konsumsi bahan bakar tak bisa dibilang hemat

Performa yang tinggi sangat mempengaruhi kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Pajero Sport. Apalagi dengan bodi yang bongsor, tentu saja berdampak pada konsumsi bahan bakar yang tinggi. Meski tak seboros mesin bensin, namun untuk urusan mobil bermesin diesel, Pajero Sport bisa dibilang cukup boros.

konsumsi bbm Mitsubishi Pajero Sport 2021

Dilansir dari berbagai media, konsumsi bahan bakar Mitsubishi Pajero Sport cukup tinggi. Untuk Pajero Sport 4x2 dengan sistem penggerak roda belakang membukukan perjalanan 12,5 km/liter ketika diajak berkendara santai. Pada saat dibawa berkendara di jalanan perkotaan dengan kondisi berkendara stop-and-go, maka konsumsinya menjadi 10,5 km/L.

Apalagi model penggerak roda empat yang dipercaya memakan bahan bakar lebih banyak dibandingkan saudaranya. Dalam perjalanan luar kota, konsumsi bahan bakar Pajero Sport 4x4 tercatat 12,3 km/liter. Bagi untuk pengendaraan perkotaan, konsumsinya membengkak menjadi hanya 9,8 km/liter.

Harga tinggi

Tambahan fitur dan sedikit revisi desain pada mobil ini membuat harganya turut meningkat. Wajah baru New Pajero Sport dibanderol dengan harga mulai dari Rp 502,8 juta untuk varian Mitsubishi Pajero Sport Exceed (4x2) bertransmisi manual. Sedangkan harga Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4x4) AT sebagai varian tertinggi dihargai Rp 733 jutaan.

Mitsubishi Pajero Sport sunroof

Harga yang ditawarkan memang lebih tinggi dibandingkan edisi sebelumnya dengan peningkatan sekitar Rp 20 jutaan. Apalagi jika melihat harga Toyota Fortuner saat ini. Sebagai gambaran, harga Toyota Fortuner VRZ TRD sebagai varian tertinggi dibanderol dengan harga mulai dari Rp 573 jutaan.

Hanya saja MMKSI memberikan beberapa program penjualan menarik bagi mobil ini. Beberapa promo Mitsubishi Pajero Sport terbaru yang ditawarkan saat ini seperti,

  • Garansi kendaraan 100.000 km atau 3 tahun,
  • Gratis kaca film V-KOOL,
  • Kemudahan biaya perawatan dengan SMART Package Silver
  • Hadiah langsung Bose Soundlink Mini II khusus bagi SPK per tanggal 16 Februari hingga 31 Maret 2021.

Kesimpulan

Sebagai andalan Mitsubishi untuk segmen SUV menengah, berbagai kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Pajero Sport terbaru membaik jika dibandingkan dengan edisi sebelumnya. Meski memang tak banyak perubahan yang ditawarkan dalam edisi facelift kali ini. Namun pengendaraan yang lebih baik serta berbagai penambahan teknologi dan fitur yang ditanamkan membuat namanya semakin harum dengan kesan premium dan agresif yang ditawarkan pada mobil ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru