Aksesoris Balap Bikin Isuzu MU-X 2021 Terlihat Lebih Gagah dan Sporty, Apakah Toyota Fortuner Dapat Tersaingi?

Dhoni · 17 Mar, 2021 16:00

Penjualan Isuzu MU-X di Indonesia memang belum dapat menyaingi Toyota Fortuner maupun Mitsubishi Pajero, sebagaimana pencapaian di Negara Thailand. Namun, dengan kehadiran Isuzu MU-X 2021 rasanya kedua pesaingnya wajib bersiap tersaingi. MU-X telah mengalami perubahan tampilan lebih gagah dan sporty,

Isuzu MU-X 2021 Usung DNA mobil Balap Jadi Lebih Gagah dan Sporty

Baca juga: Toyota Fortuner 2021 Bakal Dapat Relaksasi PPnBM, Berikut Prediksi Harga dan Cicilan Kredit Terendahnya

Dari gambar rendering yang dilansir dari autofun.co.th, Isuzu MU-X 2021 terlihat makin sporty dengan mengunakan tambahan aksesoris yang diambil dari mobil balap pada ajang Isuzu One Make Race jenis pick up. Komponen tersebut digunakan untuk mengubah bentuk dari lampu depan dan gril bawaan Isuzu MU-X. Alhasil, tampilan Isuzu MU-X 2021 lebih aerodinamis dengan fascia makin terbuka dan lebih menyudut dibanding versi sebelumnya.

Mobil balap pada Isuzu One Make Race sebagai acuan Isuzu MU-X 2021 tipe Sport

Perubahan lain yang terlihat dari gambar rendering Isuzu MU-X 2021 berada pada wind trap dengan bentuk tumpul. Namun bagian yang paling menarik dari bagian depan adalah rumah lampu kabut, berbentuk trapesium berwarna hitam yang menonjolkan ciri khas mobil balap milik Isuzu.

Isuzu MU-X tipe sport incar pasar Toyota Fortuner Legender di Thailand

Dengan kehadiran Isuzu MU-X 2021 versi sport, tentu tujuannya untuk menandingi Toyota Fortuner. Mungkin di Thailand, Toyota Fortuner Legender yang diincar, namun untuk di Indonesia akan menjadi pesaing Toyota Fortuner VRZ.

Kiprah Isuzu MU-X di Indonesia, Kalah Tenar dari Fortuner 2021

Sesuai informasi yang kami terima, PT Isuzu Astra Motor memang berencana menghadirkan Isuzu MU-X varian terbaru pada akhir 2021. Dapat dikatakan, Isuzu MU-X 2021 akan menjadi flagship produk Isuzu di segmen passenger car setelah dihapuskan Isuzu Panther dari line up mereka.

Dalam media gathering, Rahmat Samulo, Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia mengatakan akan fokus dalam meningkatkan pelayanan dan serius dalam menggarap pasar passenger car dengan Isuzu MU-X. Dan tentu saja, Isuzu MU-X versi teranyar akan menjadi kendaraan yang menjadi andalannya.

Harga Isuzu MU-X 2021 Rp459 juta

Khusus untuk Isuzu MU-X tipe Sport yang seperti gambar rendering, rasanya masih belum dapat dihadirkan untuk menghadapi persaingan melawan Toyota Fortuner VRZ maupun Mitsubishi Pajero Sport.         

Harga Toyota Fortuner PPnBM Lebih Murah Dibanding Isuzu MU-X

Bila membandingkan secara harga, Isuzu MU-X di Indonesia yang dibanderol mulai dari Rp459 juta hingga Rp520,6 juta sebenarnya tidak mengalami kesulitan bersaing dengan Toyota Fortuner. Untuk harga Toyota Fortuner saat ini berada di angka Rp512 juta hingga Rp711,6 juta.

Dengan harga yang lebih murah, semestinya MU-X bisa lebih diminati. Sayangnya, justru Fortuner yang jadi salah satu SUV terlaris di Indonesia. Kondisinya makin pelik kalau Fortuner mendapat keringanan PPNBM dari pemerintah.

Harga Toyota Fortuner akan mendapatkan relaksasi PPnBM

Memang harga Toyota Fortuner lebih tinggi dibanding Isuzu MU-X, namun dengan kemungkinan penerapan relaksasi Pajak Pembelian atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil berkapasitas 2.500cc, dengan TKDN minimal 70%. Tentunya dengan penerapan relaksasi PPnBM, harga Toyota Fortuner akan mengalami penurunan yang diperkirakan Rp431,7 juta hingga Rp487,7 juta.

Isuzu MU-X 2021 Sport, Alternatif SUV 'Badak' Nan Maskulin

Jika memang Isuzu mengincar market share di passenger car pada segmen SUV, rasanya tidak hanya tampilan yang dijadikan andalannya. Namun faktor ekonomi wajib diperhatikan. Di Indonesia nilai pajak untuk kendaraan berkapasitas lebih dari 2.500cc sangat cukup tinggi.

Isuzu MU-X 2021

Mungkin dengan Isuzu MU-X bermesin diesel 1.9 Ddi Blue Power Gen 2 akan lebih menarik perhatian konsumen di Indonesia. Berbeda di Thailand yang konsumennya sangat menggemari mobil dengan kapasitas mesin di atas 2.500 cc.

Jadi Anda akan memilih Isuzu MU-X 2021 atau Toyota Fortuner?

 

Komentar