window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Asyik! Kini Suzuki Carry Angkot di Jakarta Pakai AC dan Langsung Terintegrasi Dengan Jak Lingko

Ilham · 2 Feb, 2022 16:30

Asyik! Kini Suzuki Carry Angkot di Jakarta Pakai AC dan Langsung Terintegrasi Dengan Jak Lingko 01

  • Unit angkot Ber-AC masih terbatas.
  • Fasilitasnya sudah komplet.

Sarana transportasi massal di Jakarta terus berbenah. Salah satunya dengan menghadirkan angkot berpendingin udara (AC) yang menambah kenyamanan penggunanya.

Yup, dalam rangka meningkatkan kualitas layanan, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) meluncurkan sebanyak enam unit armada Mikrotrans AC ke dalam sistem terintegrasi Jak Lingko. Kegiatan peluncuran dilaksanakan di Stasiun Gondangdia, Jakarta Pusat pekan lalu.

Asyik! Kini Suzuki Carry Angkot di Jakarta Pakai AC dan Langsung Terintegrasi Dengan Jak Lingko 02

Peluncuran angkot ber-AC

Angelina Betris selaku Plt.Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta menyebutkan jika peluncuran menjadi komitmen implementasi pengadaan Mikrotrans AC (angkot ber-AC) di Jakarta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Komitmen tersebut merupakan hasil kerjasama antara Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Transjakarta dan Mitra Operator. Peluncuran operasional Mikrotrans AC ini sebagai kelanjutan dari sesi uji coba yang sudah dilakukan sejak bulan April 2021 silam.

Asyik! Kini Suzuki Carry Angkot di Jakarta Pakai AC dan Langsung Terintegrasi Dengan Jak Lingko 01

Tampilan angkot ber-AC

“Kami sangat berterimakasih kepada Pemprov DKI Jakarta beserta jajaran yang telah mendukung hadirnya layanan Mikrotrans AC ini,” ujar Betris di Jakarta.

Pihaknya berharap pelanggan bisa merasa lebih nyaman ketika menggunakan layanan Mikrotrans dalam kegiatan sehari-hari. Karena Mikrotran merupakan layanan first miles dan last miles bagi pengguna transportasi umum.

Baca Juga: Mau Salip Toyota Avanza, Suzuki Ertiga Hybrid Meluncur di IIMS 2022?

Konsep angkutan kota mikrolet dengan penyejuk udara sebenarnya bukan hal baru bagi warga DKI Jakarta. Dulu pada medio 2005 sempat hadir juga angkot yang memakai AC tapi tidak bertahan lama karena dianggap kurang praktis mengingat pintunya harus buka tutup terus menerus. Kini dengan tingkat kesadaran penumpang yang makin baik, angkot dengan AC diharapkan bisa bertahan lama. 

Fasilitas Angkot AC Komplet

Betris melanjutkan, armada Mikrotrans AC ini dilengkapi dengan fasilitas komplet yang membuat penumpang lebih nyaman sekaligus aman. Seperti AC double blower (Front & Rear- ceiling) dan running text yang menampilkan informasi rute beroperasi.

Asyik! Kini Suzuki Carry Angkot di Jakarta Pakai AC dan Langsung Terintegrasi Dengan Jak Lingko 02

Fasilitas komplet

Kemudian ada juga pintu sliding otomatis, di mana proses buka dan tutup pintu dari pramudi dan TV widescreen. Angkot ini juga dilengkapi dengan CCTV, DVR, OBU, palu pemecah kaca dan kursi pelanggan yang dibuat lebih nyaman karena tersebut dari busa.

Tak perlu cemas akan daya angkutnya. Karena armada berbasis Suzuki New Carry ini juga memiliki kapasitas yang lebih besar dengan 12 orang termasuk pengemudi.

“Armada ini juga dilengkapi dengan sabuk keselamatan yang sejalan dengan misi dan visi perusahaan di mana kita tidak hanya hanya berfokus pada kualitas layanan saja, tetapi juga pada keselamatan baik pramudi dan pelanggan. Pelanggan diwajibkan melakukan Tap In dan Tap Out pada alat Tap On Bus (TOB) yang tersedia di dalam bus,” urainya.

Baca Juga: Suzuki New Carry Pick Up Punya Fitur Layaknya Mobil Penumpang

Bakal Ada 60 Unit Angkot Ber-AC Di Jakarta

Saat ini memang baru ada sebanyak enam unit armada Mikrotrans AC prototipe yang dihadirkan dalam peluncuran tersebut. Namun ke depannya akan ada sebanyak 60 unit armada ditargetkan bisa melayani masyarakat dalam waktu dekat.

Asyik! Kini Suzuki Carry Angkot di Jakarta Pakai AC dan Langsung Terintegrasi Dengan Jak Lingko 03

Akan disiapkan 60 unit

“Untuk armada sudah diluncurkan, namun untuk rute operasi masih dalam kajian. Kita akan berfokus pada wilayah terintegrasi stasiun dan rute-rute baru yang belum terlayani Mikrotrans,” papar Betris.

Nantinya secara bertahap Mikrotrans AC akan didistribusikan ke beberapa rute trayek yang terintegrasi dengan layanan angkutan umum lain, seperti KRL serta diprioritaskan rute yang belum dilayani oleh Transjakarta.

Dengan terisinya rute yang belum dilayani oleh Transjakarta, diharapkan Mikrotrans AC dapat membantu ketersediaan angkutan umum yang dapat menjangkau 95% penduduk DKI Jakarta.

Ada Sokongan Pabrikan

Di saat terpisah, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut menyatakan dukungannya akan program tersebut. Di mana Suzuki sebagai produsen mobil New Carry yang jadi basis angkot tersebut mencoba menarik pengguna transportasi umum lewat sederet inovasi di produk mereka tersebut.

Asyik! Kini Suzuki Carry Angkot di Jakarta Pakai AC dan Langsung Terintegrasi Dengan Jak Lingko 04

Berbasis Carry pikap

“Program Angkot AC ini adalah lanjutan dan merupakan upgrade dari program angkot regular JakLingko saat ini. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencanangkan program angkot AC agar meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang. Program ini merupakan salah satu bagian dari program integrasi transportasi di Jakarta,” urai Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales beberapa waktu lalu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil