window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Mandalika, Sirkuit Baru F1 Bakal Dibangun di Pulau Bintan

Adit · 18 Apr, 2022 09:02

Bukan Cuma Mandalika, Sirkuit Baru F1 Bakal Dibangun di Pulau Bintan 01

  • Bakal ada sirkuit baru bertaraf internasional lagi di Indonesia.
  • Sirkuit baru tersebut targetnya akan digunakan balapan F1 (Formula One).
  • Lokasinya akan berada di Pulau Bintan, bernama Bintan International Circuit.

Setelah Mandalika, ada sirkuit baru bertaraf internasional lagi yang akan dibangun di Indonesia. Nantinya lintasan pacu itu akan digunakan kompetisi balap Formula 1 atau F1

Perihal adanya sirkuit baru ini sudah dipastikan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI). Lokasinya akan berada di Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau dan sudah disepakati oleh IMI, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, dan Executive Director Gallant Venture Pte LTD, Frans Gunara.

Bukan Cuma Mandalika, Sirkuit Baru F1 Bakal Dibangun di Pulau Bintan 02

Lokasi sirkuit baru F1 itu akan berada di Pulau Bintan

Baca Juga: Honda Civic Type R Sudah Tunjukkan Wujudnya di Sirkuit, Ini Bedanya dengan Versi Standar

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengacu keterangan remsmi Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo, sirkuit tersebut akan dinamakan Bintan International Circuit (BIC). Pembangunannya di atas lahan seluas 237 hektar dan menggunakan investasi Rp1 triliun yang didapat dari konsorsium swasta tanpa APBN atau APBD.

"Selain penentuan lokasi, pihak Populous sebagai konsultan internasional dari Inggris yang menangani landscape design kawasan sirkuit juga sudah mematangkan detail engineering design (DED termasuk desain lintasan sirkuit," katanya.

Balapan F1 tercatat telah diselenggarakan di 21 negara yang tersebar di 5 benua. Kehadiran BIC tentu akan menjadikan Indonesia sejajar dengan berbagai negara besar lainnya, dalam menyelenggarakan kejuaraan motorsport dunia. 

Bukan Cuma Mandalika, Sirkuit Baru F1 Bakal Dibangun di Pulau Bintan 01

Bintan International Circuit akan melengkapi sirkuit Mandalika yang sudah menggear MotoGP

Bintan International Circuit akan melengkapi Pertamina Mandalika International Circuit yang telah menjadi tuan rumah MotoGP musim 2022 ini.

Baca Juga: Luhut Ingin Sirkuit Mandalika Juga Gelar F1 Meski Sedari Awal Didesain Cuma untuk MotoGP

Target Mei 2022 Sudah Dibangun

Sirkuit BIC bukan cuma dikhususkan untuk balapan F1 sebenarnya. Namun berbagai macam kompetisi bergengsi lainnya juga bisa dihelat di sana baik balapan mobil maupun motor. Dalam perencanaannya, untuk balap motor akan dibuat 17 tikungan, sedangkan F1 memiliki 18 tikungan. 

Bamsoet, sapaan akrabnya juga menyatakan bahwa targetnya semua perencanaan bisnis sudah rampung pada bulan depan. Sehingga pembangunannya bisa segera dilakukan.

Bukan Cuma Mandalika, Sirkuit Baru F1 Bakal Dibangun di Pulau Bintan 02

Targetnya Mei 2022 sudah bisa dibangun

"Tim konsorsium saat ini sedang mematangkan rencana pengembangan bisnis di kawasan Bintan International Circuit, ditargetkan pada Mei 2022 seluruh perencanaan bisnisnya sudah selesai, sehingga Presiden Joko Widodo sudah bisa melakukan ground breaking pembangunan BIC," jelasnya.

Rencana pembangunan sirkuit F1 di Negeri Segantang Lada itu sudah menjadi pembicaraan sejak Maret lalu. Penetapan lokasinya juga akan serupa Mandalika, yang akan menyuguhkan panorama pemandangan alam laut juga pantai yang memanjakan mata. 

"Kita akan punya nilai jual yang lebih, dan otomatis akan berdampak pada sektor pariwisata dan perekonomian daerah," terang Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad. 

Baca Juga: Sirkuit Ancol Siap Bangkit Dari Kubur, Jadi Sarana Insyaf Pembalap Liar

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil