Honda Civic Type R Sudah Tunjukkan Wujudnya di Sirkuit, Ini Bedanya dengan Versi Standar

Karim · 26 Des, 2021 09:00

Honda Civic Type R Sudah Tunjukkan Wujudnya di Sirkuit, Ini Bedanya dengan Versi Standar 01

  • Honda Civic Type R Tengah Dipersiapkan Pabrikan
  • Ubahan gaya lebih dari sekadar ganti bumper
  • Dipastikan tetap mengusung komposisi FWD dengan mesin konvensional

Seiring kemunculan Honda Civic generasi ke-11, versi performa tinggi dari nama ini bisa dipastikan akan mengikuti. Siapa lagi kalau bukan Civic Type R. Belum hadir memang, namun pabrikan sudah terang-terangan dengan memamerkan teaser.

Sebagaimana ketika nyawa Type R disuntik ke Civic, sewajarnya akan ada banyak perubahan. Bak masuk zat-zat yang menyebar ke seluruh anggota badan di dalam hingga terlihat juga dampaknya dari luar. Akan punya potensi ekstra dan tentunya tanpil berbeda. Jadi pertanyaan, sejauh mana ubahan di Civic kali ini? 

Baca juga: First Drive Honda Civic RS 2021, Mobil Bapack-Bapack Yang Tetap Sporty

Desain Kalem yang Dibikin Agresif

Honda Civic Type R Sudah Tunjukkan Wujudnya di Sirkuit, Ini Bedanya dengan Versi Standar 01

Tidak salah lagi kalau menilai gaya Honda Civic sekarang lebih kalem dan elegan. Begitu kentara di model sedan. Pun tak terkecuali pada versi hatchback yang merupakan basis dari Type R. Setidaknya dari versi sebelum ia lebih bersahaja.

Honda Civic Type R Sudah Tunjukkan Wujudnya di Sirkuit, Ini Bedanya dengan Versi Standar 02

Namun, Type R tentu tidak akan segan untuk menampilkan kehebatan potensi. Dari sederet foto teaser yang masih terbungkus kamuflase saja sudah jelas kalau ia akan tampil jauh lebih agresif. 

Coba perhatikan apron depan terbuka lebar dengan pembatas jaring honeycomb. Seolah mempertontonkan intercooler dengan penuh rasa bangga. Terlihat lebih besar juga ketimbang pendahulu.

Honda Civic Type R Sudah Tunjukkan Wujudnya di Sirkuit, Ini Bedanya dengan Versi Standar 03

Tak perlu ditanya lagi soal pertimbangan aerodinamika. Ada elemen winglet mengangkat – seperti di ujung sayap pesawat terbang – pada bumper depan dan side skirt. Diffuser belakang tertutup kamuflase tapi lekuknya sudah nampak. 

Paling menarik justru keberadaan sayap ala GT Wing dengan struktur pilar terekspos. Selain diekspektasikan mendukung performa, semua ini turut membuatnya tetap terlihat intimidatif walau basis guratan tubuh cenderung sederhana.

Honda Civic Type R Sudah Tunjukkan Wujudnya di Sirkuit, Ini Bedanya dengan Versi Standar 04

Di samping itu, niscaya tubuh Civic Type R ini akan lebih melar. Bukan sebatas pasang bodikit. Bisa kalian lihat tambahan “daging” pada sudut luar matanya. Belum lagi ventilasi udara persis setelah sepatbor depan. Dengan demikian, bisa disimpulkan kalau pijakan kaki ikut melebar demi peningkatan stabilitas bermanuver. Juga di balik itu bisa dipastikan mejeng sepaket suspensi khusus.

Baca juga: Sosok Honda e:N Concept Debut Di Cina, Bakal Jadi Honda Civic Masa Depan

Akan Jadi Mobil FWD Paling Kencang?

Honda Civic Type R Sudah Tunjukkan Wujudnya di Sirkuit, Ini Bedanya dengan Versi Standar 05

Dari gaya barunya ini mungkin bisa diekspektasikan kalau unit empat silinder 2.000 cc turbo Type R akan disuntik tenaga ekstra. Apron lebih besar boleh jadi menandakan kebutuhan pendinginan yang lebih baik. Mungkin untuk mengimbangi peningkatan gelontoran daya di balik bonnet. 

Belum diketahui seberapa jauh tambahannya. Sebagai gambaran saja, model eksis sanggup menghasilkan tenaga sampai 310 hp dan torsi 400 Nm. Angka yang sebetulnya cukup besar untuk sebuah mobil produksi berpenggerak roda depan. 

Honda Civic Type R Sudah Tunjukkan Wujudnya di Sirkuit, Ini Bedanya dengan Versi Standar 06

Yang jelas, versi paling buas dari Civic ini dibuat kompetitif dalam sirkuit. Pengujian sudah dilakukan di Sirkuit Suzuka, Jepang. Juga tak ketinggalan dibawa ke “Green Hell” alias Sirkuit Nurburgring, Jerman. Akankah mencetak rekor mobil FWD dengan waktu tercepat di Nurburgring? Kita lihat saja sebab saat ini takhta diduduki oleh Renault Megane RS Trophy dengan catatan 7 menit 40,1 detik. Sementara itu, Type R lama mencatatkan 7 menit 43,8 detik. 

Sekarang tinggal menunggu waktu kapan Honda mau menanggalkan jubah kamuflasi Civic Type R teranyar. Kabarnya ia akan dirilis pada musim gugur 2022. Berarti sekitar akhir tahun depan sebagai model 2023.

Sumber: Creative311
 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Civic Type R 6-Speed MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru