window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cara Cek Kondisi Mobil Bekas yang Mudah, Orang Awam Juga Paham

Prasetyo · 10 Des, 2022 15:01

Cara Cek Kondisi Mobil Bekas yang Mudah, Orang Awam Juga Paham 01

Proses mengecek kondisi mobil bekas haruslah dilakukan secara menyeluruh. Dengan begitu Anda dapat mengetahui apa saja kekurangan atau kerusakan yang mungkin ada di mobil tersebut sebelum dibeli.

Sayangnya guna mengetahui kondisi mobil bekas incaran dalam keadaan baik atau tidak bukan pengetahuan semua orang. Harus pihak-pihak yang mengerti benar tentang otomotif dan inspeksi mobil bekas paham tentang hal ini.

Tapi tenang aja, kalau Anda membeli mobil bekas di CARSOME, maka setiap unitnya sudah dilakukan proses inspeksi pada 175 titik. Hal tersebut guna memastikan setiap unit mobil bekas yang dijual oleh pihak CARSOME adalah kendaraan berkualitas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Cara Cek Kondisi Mobil Bekas yang Mudah, Orang Awam Juga Paham 01

Setiap mobil yang dijual sudah lalui inspeksi 175 titik

Belum lagi perusahaan yang menyediakan platform jual beli mobil bekas online di Malaysia, Indonesia, Thailand dan Singapura itu juga menyediakan CARSOME Certified. Yakni jaminan kualitas kalau mobil yang dijual selain telah melalui inspeksi ketat, pun dilakukan rekondisi dengan standar tertinggi.

Tapi bagaimana untuk mengetahui kondisi mobil bekas hasil inspeksi CARSOME yang sudah dilakukan? Apakah perlu cek manual lagi di CARSOME Experience Center dan melihat bagian per bagian dengan detil? Ternyata tidak!

Anda cukup mengecek hasil inspeksi tersebut melalui situs Carsome.id. Mengaksesnya juga gak perlu di laptop atau PC, tapi bisa di ponsel atau melalui aplikasi mobile. Disitu akan diperlihatkan skor dari laporan inspeksi yang sudah dilakukan terhadap kendaraan incaran Anda.

Baca juga: Tips Jual Mobil Bekas di CARSOME, Anti Ribet Cukup Sambil Rebahan di Rumah

Cara Cek Kondisi Mobil Bekas yang Mudah, Orang Awam Juga Paham 02

Inspeksi pada kondisi eksterior, interior, tes jalan, dan bagian kolong

Disitu akan tertulis hasil inspeksi untuk Eksterior, Interior, Tes Jalan, dan Bagian Kolong. Kalau mau lihat lebih deitl tinggal klik "Lihat Laporan Lengkap". Nah apa saja bagian kondisi mobil bekas yang diinspeksi oleh CARSOME? Ini rinciannya:

1. Cek Kondisi Mobil Bekas Bagian Eksterior

Cara Cek Kondisi Mobil Bekas yang Mudah, Orang Awam Juga Paham 03

Diperlihatkan bagian yang terdapat cacat

Pada bagian eksterior, inspeksi dilakukan pada semua sisi. Seperti kemungkinan ada bekas banjir, kesesuaian nomor rangka dan nomor mesin, kondisi kap mesin, kondisi fender, kondisi pintu-pintu, kondisi bemper depan dan belakang, kondisi kaca-kaca, spion, semua lampu luar, hingga kondisi velg dan ban.

Jika ada bagian yang cacat, maka akan ada keterangan dari tim CARSOME. Contohnya di bemper belakang ada bolong dan baret dalam, maka akan diperlihatkan foto dari kerusakan bagian tersebut.

2. Interior Mobil Bekas Juga Wajib Utuh

Cara Cek Kondisi Mobil Bekas yang Mudah, Orang Awam Juga Paham 04

Cek kelengkapan komponen dan aksesoris interior

Sama seperti eksterior, seluruh komponen yang ada di kabin mobil juga turut diperhatikan oleh tim inspeksi CARSOME. Mulai dari AC, lingkar kemudi, kondisi jok, trim pintu, sabuk keselamatan, hingga kelengkapan aksesoris di interior jadi perhatian.

Jika ada komponen yang hilang atau rusak, nantinya juga bakal diberi tanda "Terdeteksi" oleh pihak CARSOME. Termasuk diberikan foto seperti apa kondisi kekurangannya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Mobil Bekas Murah Irit BBM di CARSOME, Cocok Buat Harian

3. Wajib Lakukan Tes Jalan

Cara Cek Kondisi Mobil Bekas yang Mudah, Orang Awam Juga Paham 05

Getaran dan suara mesin juga harus lalui inspeksi

Inspeksi CARSOME juga dilakukan dengan tes jalan. Ini untuk menguji idling mesin, akselerasi, suara mesin, transmisi, dan juga sistem kemudi.

Sebelum membeli mobil bekas, tentunya pastikan semua bagian ini lulus inspeksi dan tidak ada terdeteksi kerusakan.

4. Kolong Mobil Tak Luput dari Inspeksi

Cara Cek Kondisi Mobil Bekas yang Mudah, Orang Awam Juga Paham 06

Bagian yang wajib dalam kondisi baik

Pemeriksaan terakhir dinamai Underbody (kolong mobil). Yaitu untuk memeriksa berbagai cairan seperti oli mesin, oli transmisi, air radiator, minyak rem, minyak power steering, sampai air wiper.

Bagian lain seperti aki, knalpot, shockbreaker dan per, serta rem juga tak luput dari inspeksi. Anda tinggal melihat seperti apa kondisi bagian-bagian itu pada mobil yang akan dibeli.

Kalau semuanya dirasa sudah sesuai dengan ekspektasi Anda, maka Anda tinggal datang langsung ke CARSOME Experience Center untuk mengajukan test drive guna memastikan kondisi mobil bekas tersebut sebelum dilakukan pembayaran.

Selamat berburu mobil bekas di CARSOME!

Baca juga: CARSOME Resmikan Experience Center Terbesar di Indonesia, Layani Jual Beli Mobil Bekas Berkualitas dari A Sampai Z

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil