window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekas Honda Brio Gen 1 Rp90 Jutaan, Cek Bagian Ini Sebelum Beli

Enda · 19 Mei, 2023 14:30

Harga bekas Honda Brio

Honda Brio gen 1 hingga kini masih menjadi primadona masyarakat Tanah Air. Memiliki bodi kompak, performa besar serta irit dalam hal penggunaan bahan bakar, membuat harga bekasnya terbilang stabil.

Seperti yang bisa dilihat, untuk pasaran harga bekas Honda Brio gen 1 lansiran 2012-2013 saat ini paling murah berada di angka Rp90 jutaan. Sekedar informasi Brio poduksi 2012 hingga 2013 yang dijual di Indonesia berstatus Completely Built Up (CBU) Thailand.

Supaya dapat mengisi segmen low cost green car (LCGC) serta memiliki harga lebih terjangkau, pada September 2013 PT Honda Prospect Motor kembali memperkenalkan Brio yang merupakan produksi dalam negeri.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk spesifikasinya, Brio buatan Tanah Air menggunakan mesin lebih kecil dibandingkan versi CBU, yakni 1.200 cc. Selain itu, Brio lokal tidak mendapatkan deffoger di kaca belakang, tilt steering, pretensioner with load limiter Seatbelt, pedestrian protection, kemudian ABS dan EBD.

Jika kalian saat ini sedang mencari Honda Brio gen 1, ada baiknya ketahui beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli.

Baca juga: Adu Mobkas yang Irit BBM, Ini Perbandingan Honda Brio Gen 1 vs Suzuki Ignis 2017

  • 2019 Honda BRIO SATYA E 1.2

    Rp 154,86 Juta
    Rp 2,89 Juta
    /bulan

    20.297 km

    4,5 tahun

    Banten

  • 2016 Honda BRIO RS 1.2

    Rp 126,88 Juta
    Rp 2,29 Juta
    /bulan

    38.163 km

    2 tahun

    Jakarta

  • 2019 Honda BRIO SATYA E 1.2

    Rp 156,95 Juta
    Rp 2,84 Juta
    /bulan

    52.782 km

    4,5 tahun

    Banten

1. Cek Eksterior Honda Brio Secara Menyeluruh

Harga bekas Honda Brio

Honda Brio gen 1

Ketika ingin membeli Honda Brio bekas, langkah awal yang harus dilakukan yakni mengecek bagian eksterior. Hal ini bertujuan untuk mengetahui adanya bekas tabrak atau pengecatan ulang.  

Mengetahui apakah kondisi Brio yang sedang dicek bekas mengalami tabrakan atau tidaknya, kalian bisa melihat dari lipatan di setiap pintu.

Guna mengetahui cat bekas dilakukan perbaikan atau tidak, kalian bisa melakukan pengecekan di tempat yang terbuka atau cahaya yang cukup.

2. Honda Brio Rentan Timbul Suara Berisik di Kaki-kaki Depan

Harga bekas Honda Brio

Honda Brio lemah di kaki-kaki depan

Seperti kebanyakan mobil Honda, Brio mempunyai kekurangan di kaki-kaki depan yang kerap timbul suara berisik ketika melewati jalan tidak rata. Untuk mengetahui adanya kerusakan atau tidak, sebaiknya saat melakukan tes drive melewati jalan berkontur dengan kecepatan rendah.

Oh iya, saat kondisi diam jangan lupa putar setir secara perlahan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah kondisi rack steer masih bagus atau tidak. Apabila ditemukan gep atau suara hentakan kecil, kemungkinan kondisi rack steer sudah mulai melemah.

Baca juga: Jangan Salah Beli, Ini 4 Perbedaan Honda Brio S dan E gen 1

3. Cek Mesin dan Transmisi

Harga bekas Honda Brio

Transmisi matic Honda Brio

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan saat melakukan pengecekan Honda Brio gen 1 yakni mesin dan transmisi. Apabila suara mesin tidak terlalu berisik dan kondisi tempat pengisian oli tidak ditemukan sludge atau kerak, bisa dipastikan kondisinya dalam keadaan baik. Selain itu juga cek apakah di sekitaran mesin terdepat rembesan atau kebocoran oli.

Untuk transmisi khususnya matic, kalian bisa mengeceknya dengan cara memindahkan tuas ke R atau D. Apabila saat menggeser tuas timbul suara hentakan, kemungkinan besar transmisi mulai bermasalah.

4. Kopling Keras, Pertanda Tipis atau Ada Kebocoran

Harga bekas Honda Brio

Pegecekan kopling

Pada transmisi manualnya, Honda Brio gen 1 menggunakan sistem kopling hidrolik. Untuk menggerakannya dibutuhkan tekanan dari fluida. Apabila mengalami kebocoran, gejala umum yang terjadi adalah keras ketika pedal kopling diinjak.

Untuk kerusakan biasanya ada pada seal di dalam master rem yang sobek atau piston baret. Selain itu, kopling yang keras ketika pedal diinjak juga sebagai pertanda bahwa kampas yang tipis atau dekrup melemah.

5. AC dan Sistem Kelistrikan Tak Luput dari Perhatian

Harga bekas Honda Brio

AC Honda Brio bermasalah

Tak sedikit ditemukan kasus Honda Brio mengalami masalah pada AC yang kurang dingin. Sistem pendingin udara yang tidak maksimal biasanya diakibatkan kompresor, atau ekspansi yang mulai melemah.

Selain itu juga jangan lupa untuk mengecek sistem kelistrikan dengan cara melihat indikator pada panel instrument apakah lampu indikator check engine menyala atau tidak. Karenanya untuk sistem kelistrikan Honda Brio sangat sensitif terhadap kerusakan, terlebih jika pemilik menambahkan aksesoris yang membutuhkan daya listrik cukup besar.

Baca juga: Harga Bekas Rp80 Jutaan, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Gen-1

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil