window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Chery Siapkan SUV Besar yang Lebih Mewah dari Honda CR-V, Meluncur Tahun Ini

Prasetyo · 6 Nov, 2022 08:07

Chery Siapkan SUV Besar yang Lebih Mewah dari Honda CR-V, Meluncur Tahun Ini 01

  • Exeed Yaoguang merupakan SUV baru Chery.
  • Exeed adalah sub brand premium dari Chery.
  • Exeed Yaoguang pakai mesin 2.0 Turbo dan akan dirilis November 2022.

Sama seperti Geely dan Great Wall Motors (GWM), Chery juga memiliki beberapa sub-brand. Satu merek di bawah payung Geely adalah Exeed yang kabarnya dalam waktu dekat bakal merilis produk barunya, Exeed Yaoguang.

Chery Siapkan SUV Besar yang Lebih Mewah dari Honda CR-V, Meluncur Tahun Ini 02

Exeed Atlantix Concept

Genre mobil ini adalah SUV namun posisinya sebagai brand Chery untuk kelas yang lebih mewah. Asal muasal mobil ini adalah Exeed Atlantix Concept yang pernah diperkenalkan Juli 2022. Saat itu Atlantix mendapat banyak perhatian dan membuat pabrikan berniat untuk memproduksi massal.

Chery Siapkan SUV Besar yang Lebih Mewah dari Honda CR-V, Meluncur Tahun Ini 03

Exceed Yaoguang

Namun tentunya Exceed Yaoguang tidak akan tampil serupa dengan Atlantix Concept. Mengingat mobil ini bakal menggunakan mesin bakar internal sehingga akan terjadi pembaruan pula dari sisi desain.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Chery Indonesia Daftarkan Sedan Pesaing MG 5 GT, Apakah Arrizo 8?

SUV Besar dengan Penampilan Sporty

Exeed Yaoguang bukanlah SUV berukuran compact. Mengingat mobil ini panjangnya 4.781 mm, lebar 1.920, dan tinggi 1.671 mm, serta memiliki jarak sumbu roda 2.815 mm. Kalau dibandingkan dengan Honda CR-V, Yaoguang setidaknya 158 mm lebih panjang dan 65 mm lebih lebar.

Chery Siapkan SUV Besar yang Lebih Mewah dari Honda CR-V, Meluncur Tahun Ini 01

Atapnya ada panoramic roof

Desainnya juga terlihat memadukan unsur premium dan sporty. Lihat saja bagaimana garis bahu yang kuat membentang dari lampu depan yang sipit sampai ke pilar-C. Sementara gagang pintunya mengingatkan kita pada model-model Range Rover.

Chery Siapkan SUV Besar yang Lebih Mewah dari Honda CR-V, Meluncur Tahun Ini 02

Lebih besar dari Honda CR-V

Desain velg bentuknya juga cukup menarik, seperti baling-baling palang lima dan diberi finishing hitam, bukan krom seperti SUV premium lain. Adapun dari belakang, ia berbentuk seperti fastback yang dipadankan lightbar LED untuk menghubungkan rear combination lamp kiri dan kanan.

Baca juga: Ambisi Jadi Merek China Premium di Indonesia, Chery Sulap Interior Tiggo 8 Pro dengan Segudang Fitur Mewah

Interior Polos Tanpa Tombol

Dari dalam Chery menggambarkan Exceed Yaoguang dengan jelas posisinya di segmen SUV. Ruang kabin pakai tema warna monokrom serta sentuhan-sentuhan premium.

Chery Siapkan SUV Besar yang Lebih Mewah dari Honda CR-V, Meluncur Tahun Ini 03

Interiornya bersih dari tombol

Supaya terlihat lebih lapang, di dalam mobil ini cuma disediakan tiga tombol pada konsol tengah. Yaitu untuk pengaturan AC. Sisanya ada pada pengaturan di lingkar kemudi dan menggunbakan layar sentuh.

Bagi pengemudi dan penumpang depan sudah disediakan layar berukuran 24,6 inci. Dilengkapi sistem operasi Android Lion 6.0 OS dan diperkuat prosesor Snapdragon 8155, ada banyak menu pengaturan termasuk sistem entertainment di perangkat tersebut.

Chery Siapkan SUV Besar yang Lebih Mewah dari Honda CR-V, Meluncur Tahun Ini 04

Terpancar sekali aura mewahnya

Biar pengemudi makin nyaman, kabin Yaoguang juga sudah disebar 14 speaker berkualitas premium, pengisi daya baterai ponsel nirkabel, dan kursi pijat dengan pemanas. Untuk pengemudi pun telah ada Head-Up Display dan sistem kemudi otonom Level 2.

Baca juga: Chery Tiggo 8 Pro PHEV Sudah Mendarat di Malaysia, Konsumsi BBM Irit Banget!

Pakai Mesin Turbo, Versi PHEV Juga Disiapkan

Mobil ini akan berbagi mesin 2.0TGDI yang sama dengan saudaranya, Exceed Lanyue. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 261 PS dan torsi puncak 400 Nm. Tenaga sebesar itu tersalur menggunakan transmisi otomatis konvensional 8-percepatan.

Chery Siapkan SUV Besar yang Lebih Mewah dari Honda CR-V, Meluncur Tahun Ini 05

Exeed Lanyue

Yaoguang awalnya dijadwalkan untuk diluncurkan pada September 2022, namun Chery sekarang melihat kemungkinan jadwal peluncurannya di November 2022. Selain meisn 2.0 Turbocharged Gasoline Direct Injection, kabarnya varian PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) juga sedang disiapkan, tetapi baru akan diperkenalkan setelah peluncuran resmi SUV tersebut.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Chery Tiggo 8 Pro Luxury 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil