window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daftar 11 Jalan Tol Fungsional yang Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2023, Masih Gratis!

Herdi · 13 Apr, 2023 15:03

Daftar 11 Jalan Tol Fungsional yang Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2023, Masih Gratis! 01

Jalan tol jadi pilihan banyak masyarakat saat hendak mudik Lebaran di kampung halaman. Tak heran jika Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membuka 11 jalan tol fungsional selama musim mudik dan balik Lebaran 2023.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dibukanya jalan tol baru secara fungsional ini untuk mendukung kelancaran dan kenyaman arus lalu lintas saat mudik Lebaran.

Baca juga: Tarif Lengkap Jalan Tol Trans Jawa 2023, Bisa dari Merak Sampai Banyuwangi

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Firman Santyabudi meninjau Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat, Minggu (9/4/2023).

 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Firman Santyabudi

“Tol Cisumdawu akan mempersingkat waktu tempuh dari Cileunyi sampai Dawuan. Sehingga orang dari Bandung mau ke Semarang tidak perlu ke Cikampek, tapi bisa langsung melalui Dawuan. Pemudik dari Selatan yang mau ke Utara Jawa Barat tidak perlu melalui Cikampek, sehingga sangat membantu untuk mengurai kemacetan,” ungkap Basuki dalam situs resmi Kementerian PUPR. 

11 ruas jalan tol fungsional yang diperbolehkan dilalui para pemudik ini selain dapat memangkas waktu perjalanan, juga tidak dikenai tarif alias gratis. 

Baca juga: Ribuan Kilometer Jalan Tol Disiapkan untuk Mudik Lebaran 2023, Biar Tak Macet Lagi

Daftar 11 Jalan Tol Fungsional yang Bisa Dilalui 

kementerian-pupr-antisipasi-sejumlah-titik-rawan-macet-di-jalan-nasional-pulau-jawa-

Kementerian PUPR antisipasi sejumlah titik rawan macet di jalan nasional pulau Jawa

Nah, mau tahu 11 tol fungsional yang diperbolehkan dilalui pemudik, berikut daftarnya. 

Jalan Tol Trans Jawa 

1. Ciawi-Sukabumi Seksi 2 (Cigombong-Cibadak) 
2. Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi Cimalaka-Dawuan
3. Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar–Sadang)
4. Cibitung-Cilincing Seksi 4 (Tarumajaya - Cilincing) 
5. Cimanggis-Cibitung Seksi 2A (Jatikarya-Cikeas) 
6. Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A (Probolinggo Timur-Interchange Gending) 
7. Solo-Yogyakarta – NYIA Kulonprogo Sebagian Seksi 1.1

Jalan Tol Trans Sumatera 

1. Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi Tebing Tinggi-SS 2. Indrapura dan Seksi Dolok Merawan-Sinaksak 
3. Sigli-Banda Aceh Seksi Blang Bintang-Baitussalam 
4. Binjai-Langsa Stabat-Tanjung Pura (Stabat-Jl. Proklamasi) 
5. Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi Simpang Indralaya-Prabumulih.

Waspada Ketika Melewati Jalan Tol Fungsional

Daftar 11 Jalan Tol Fungsional yang Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2023, Masih Gratis! 03

Biasanya belum dilengkapi rambu dan penerangan jalan

Anda yang ingin melewati jalan tol fungsional, setidaknya perlu mengetahui beberapa fakta menariknya. Jalan tol fungsional pada dasarnya belum 100 persen selesai konstruksinya dan diresmikan pihak terkait termasuk pemerintah.

Akan tetapi, jalan tol ini bisa disebut jalan bebas hambatan darurat yang dibuka secara sementara bisa dibuka demi mendukung kelancaran arus lalu lintas kendaraan saat waktu tertentu, termasuk ketika musim mudik Lebaran. 

Namun kendati darurat, jalan tol fungsional juga harus tetap bisa dilalui pengendara sampai wilayah tertentu dengan waktu tempuh yang memangkas waktu perjalanan. 

tingkatkan-kenyamanan-jalur-jalan-lintas-selatan-jawa-kementerian-pupr-bangun-jembatan-kretek-2-dan-rest-area-girisubo-swanayasa-di-di-yogyakarta

Kementerian PUPR bangun jembatan Kretek 2 dan rest area Girisubo swanayasa di Yogyakarta

Meski disebut tol fungsional belum memenuhi syarat dan sempurna kondisinya, namun diupayakan khususnya pada kesiapan perambuan, dan kondisi jalan yang diperhatikan kenyamanannya sebaik mungkin untuk pengendara melintas.

Oh ya, Anda yang ingin melewati jalan tol ini tidak diperkenankan melintas malam hari untuk menjaga keamanan pengendara. Namun petugas setempat bisa saja membuka pada jam-jam tertentu hingga batas waktu yang ditentukan jika terjadi kepadatan lalulintas. Hal ini karena jalur tersebut belum dilengkapi pembatas jalan dan lampu penerangan yang maksimal. 

Kecepatan yang wajib ditempuh pengemudi biasanya dibatasi hanya maksimal 40 Km/jam. Hal ini dilakukan karena kondisi jalan belum mulus. Ketika kendaraan dipacu lebih dari 50 km/jam, jalanan tersebut akan dipenuhi debu maupun kondisi licin saat musim hujan, sehingga mengganggu jarak pandang hingga dapat membahayakan pengemudi lain di belakang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil