window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Beda Tipis, Suzuki Ignis GX MT Bisa Ungguli Wuling Alvez SE?

Yongki Sanjaya · 1 Mar, 2023 15:00

Harga Beda Tipis, Suzuki Ignis GX MT Bisa Ungguli Wuling Alvez SE? 01

Wuling Alvez sukses menyita perhatian publik saat debutnya di ajang IIMS 2023 lalu. Sebab, crossover ini hadir dengan harga super ekonomis, bahkan tipe terbawahnya yaitu Wuling Alvez SE dibanderol Rp209 juta.

Harga segitu bahkan lebih murah ketimbang Suzuki Ignis GX MT yang kini dijual Rp210.500.000. Sebagai tipe terendah, Wuling Alvez SE ini tentu fiturnya cukup basic, tidak selengkap tipe diatasnya. Bahkan, Alvez SE juga hanya tersedia dalam opsi transmisi manual.

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga Bekas Mirip, Honda Brio Satya Gen 2 Lebih Oke Dari Suzuki Ignis 2019?

Lebih Terjangkau Ketimbang S-Presso Baru, Semenarik Apa Suzuki Ignis Bekas?

Suzuki Ignis Kena Recall, Ada Masalah Pin Rem Belakang yang Cacat Produksi

Lantas bila dibandingkan dengan city car yang harganya mirip, apakah Wuling Alvez SE bisa berbicara banyak soal kelengkapan fitur? Atau mungkin Suzuki Ignis GX MT bisa memberi kenyamanan lebih? Mari kita bandingkan keduanya.

Wuling Alvez SE, Tipe Terbawah yang Fiturnya Tidak Mewah

Harga Beda Tipis, Suzuki Ignis GX MT Bisa Ungguli Wuling Alvez SE? 01

Bicara dimensi kendaraan, Wuling Alvez berukuran panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm, dan jarak sumbu roda 2.550 mm. Pada tipe terendah, Wuling Alvez cukup bersahaja karena tidak dilengkapi rear wiper serta masih mengandalkan velg kaleng.

Harga Beda Tipis, Suzuki Ignis GX MT Bisa Ungguli Wuling Alvez SE? 02

Lebih lanjut, Alvez SE sudah mendapatkan Electronic Power Steering (EPS) dan beberapa fitur standar seperti lampu depan halogen, tanpa DRL dan fog lamp. Tidak tersedia roof rail maupun shark fin antenna.

Harga Beda Tipis, Suzuki Ignis GX MT Bisa Ungguli Wuling Alvez SE? 03

Interiornya juga sederhana dengan MID model analog, USB slot berkapasitas 20w sebagai pengisian daya ponsel, speaker pada dua titik. Untungnya pengaturan AC sudah digital.

Spesifikasi Wuling Alvez SE Tidak Mengecewakan

Harga Beda Tipis, Suzuki Ignis GX MT Bisa Ungguli Wuling Alvez SE? 04

Untuk pasar Tanah Air Wuling Alvez dibenamkan mesin berkapasitas 1.485 cc 4-silinder segaris DOHC, DVVT Euro 4. Di atas kertas, mesin ini memproduksi tenaga hingga 107 PS di 5.800 rpm dengan torsi sebesar 143 Nm pada putaran 4.000 - 4.600 rpm. Pada varian terendah, Alvez SE hanya tersedia pilihan transmisi manual 6-percepatan.

Sistem peredam guncangan sama seperti dua tipe diatasnya yaitu di bagian depan menggunakan MacPherson Strut dan Torsion Beam jadi penyangga roda belakang.

Harga Beda Tipis, Suzuki Ignis GX MT Bisa Ungguli Wuling Alvez SE? 05

Sebagai fitur keselamatan standar, semua varian Wuling Alvez telah dilengkapi dengan ABS, EBD, Emergency Stop Signal (ESS), dual srs airbags, seatbelt reminder, ISOFIX and child-proof door lock, immobilizer, dan anti-theft alarm.

Harga Beda Tipis, Suzuki Ignis GX MT Bisa Ungguli Wuling Alvez SE? 06

Hal penting yang perlu kamu tahu, tipe ini juga belum mendapat tambahan sensor parkir di belakang, apalagi ADAS. Wuling Alvez SE juga tidak memiliki Electronic Stability Control (ESC) Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC), rear parking sensors.

Suzuki Ignis GX MT, Kalah Tenaga Menang Fitur

Harga Beda Tipis, Suzuki Ignis GX MT Bisa Ungguli Wuling Alvez SE? 07

Dengan harga yang cuma lebih mahal Rp1,5 jutaan, Suzuki Ignis GX MT ini menghadirkan fitur yang jauh lebih oke ketimbang Wuling Alvez SE. Bedanya hanya pada kemampuan mesin, karena Suzuki Ignis hanya berbekal mesin 1.200 cc.

Suzuki Ignis GX lebih kaya ornamen, dimana pada grille telah dibingkai krom serta adanya roof rail. Velgnya pun sudah berbahan alloy sehingga lebih stylish.

Lampu utamanya sudah LED proyektor, lengkap dengan DRL dan foglamp dengan desain bezel baru. Beragam aksesoris ini merepresentasikan Ignis dengan julukan mini crossover. 

Harga Beda Tipis, Suzuki Ignis GX MT Bisa Ungguli Wuling Alvez SE? 08

Fitur di interiornya juga lebih oke, karena sudah keyless untuk sistem kunci pintu dan start-stop kendaraan. Untuk menghidupkan mesinnya lewat push start stop button.

Kelengkapan fitur multimedia di Suzuki Ignis GX MT juga lengkap. Layar sentuh model floating bisa membaca berbagai format file, dengan dukungan koneksi Bluetooth ke ponsel. Pengaturan audio switch juga hadir di palang kemudi.

Untuk salah satu fitur unggulannya terdapat pengaturan suhu kabin sudah digital plus dilengkapi auto climate control. Fitur sensor parkir, electric retractable mirror, dual SRS Airbag serta ABS dan EBD juga menjadi perangkat standar.

Spesifikasi Mesin Kalah Perkasa

Harga Beda Tipis, Suzuki Ignis GX MT Bisa Ungguli Wuling Alvez SE? 09

Dapur pacu berkode K12M masih dipertahankan pada Ignis GX MT facelift. Mesin empat silinder 1.197 cc multipoint injection ini memproduksi daya 81,8 Hp/ 6.000 rpm dan torsi 113 Nm/ 4.200 rpm.

Sementara suspensinya mirip seperti Alvez yakni bertipe MacPherson strut dengan coil spring di depan, serta torsion beam juga dengan coil spring di belakang. Sistem pengereman juga belum seluruhnya cakram. Hanya bagian depan yang pakai disc brake, belakangnya masih model tromol.

Kesimpulan

Melihat harga yang ditawarkan, maka kalian bisa langsung menyesuaikan kebutuhan. Bila mencari fitur lengkap namun tidak mempermasalahkan soal performa maka Suzuki Ignis GX MT bisa jadi opsi menarik.

Namun bila mencari crossover murah meriah yang nantinya bakal digunakan sebagai bahan modifikasi, maka Wuling Alvez SE ini jawaban yang tepat. Soal performa di mobil ini juga lebih oke karena kapasitas mesinnya 1.500 cc.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil