window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hari Gini Masih Panasin Mobil? Jangan Salah, Simak Dulu Apa Pentingnya!

Dito · 5 Mei, 2022 09:00

Hari Gini Masih Panasin Mobil? Jangan Salah, Simak Dulu Apa Pentingnya! 01

Salah satu cara menjaga mobil tetap prima ialah memanaskannya setiap pagi. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak salah kaprah.

Memanaskan mobil di pagi hari menjadi hal yang cukup penting. Meskipun mesin mobil sudah berteknologi modern namun menyalakan mesin beberapa saat bisa menjaga mesin tetap prima.

Baca juga : Tips: Begini Cara Mengetahui Kekentalan dan Jenis Oli Untuk Mobil Baru

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Aktivitas ini dilakukan karena mesin dalam kondisi dingin setelah semalaman terparkir. Tapi mengapa harus dipanaskan ketika pagi? Cara yang tepat dan waktunya berapa lama?

Menjaga Komponen Mesin Tetap Prima

Hari Gini Masih Panasin Mobil? Jangan Salah, Simak Dulu Apa Pentingnya! 01

Setelah semalaman mesin mobil dalam kondisi dingin, maka menjadi sebuah kewajiban setiap pagi dipanaskan. Ada beberapa alasan yang mendasari memanaskan mobil wajib hukumnya.

Hal pertama ialah menjaga komponen mesin tetap terlumasi oli hingga celah-celah sempit. Ketika mobil diam dalam waktu lama, oli akan turun dan bagian atas mesin bisa mengering.

Baca juga : Mesin 3 Silinder Vs Mesin 4 Silinder, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Agar oli bisa naik kembali, maka mesin harus dinyalakan. Sehingga terjadi pelumasan dan memperkecil gesekan antar logam yang menyebabkan keausan pada komponen mesin.

Hari Gini Masih Panasin Mobil? Jangan Salah, Simak Dulu Apa Pentingnya! 02

Selain itu dengan memanaskan mobil di pagi hari bisa mengurangi kebocoran pada bagian kompresi. Beberapa bagian mesin ada yang sengaja tidak dibuat presisi ketika mobil dalam kondisi dingin.

Namun ketika mesin panas akan presisi dengan sendirinya. Hal ini mencegah mobil bocor di bagian kompresor. 

Adapun potensi terjadinya kebocoran ini karena campuran antara bahan bakar dan udara tidak sempurna. Akibatnya ketika mobil tidak dipanaskan justru menjadi boros bahan bakar.

Cukup Satu Menit, Untuk Jangka Panjang

Hari Gini Masih Panasin Mobil? Jangan Salah, Simak Dulu Apa Pentingnya! 03

Meski mobil wajib dipanaskan, sayangnya masih banyak salah kaprah. Banyak yang beranggapan bahwa semakin lama dipanaskan maka semakin bagus untuk kondisi mesin.

Untuk mobil yang sudah menggunakan mesin injeksi, cukup dinyalakan selama 30 detik hingga 1 menit saja. Bila lebih dari itu maka hanya membuang-buang bahan bakar saja.

Baca juga : 3 Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman Menggunakan Mobil Ala Daihatsu

Tidak hanya menjadi boros bahan bakar, memanaskan mobil terlalu lama di garasi juga berbahaya untuk kesehatan. Kandungan gas karbondioksida yang keluar dari knalpot bisa menyebabkan gangguan pernapasan akut bila terhirup berlebihan.

Hari Gini Masih Panasin Mobil? Jangan Salah, Simak Dulu Apa Pentingnya! 04

Bila ingin mengetahui apakah mobil sudah siap untuk dijalankan saat pagi hari, bisa melalui indikator temperatur mesin. Umumnya ada di bagian instrumen panel dekat speedometer.

Untuk mobil lawas biasanya melalui indikator jarum, saat sudah di tengah maka siap dijalankan. Sementara mobil modern menggunakan indikator lampu dengan lambang temperatur. Bila lampu sudah mati maka siap dijalankan.

Baca juga : 7 Barang Penting yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik Lebaran, Kalau Ketinggalan Bisa Bikin Mumet

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil